Tertarik Menjajal Olahraga di Udara? Yuk, Ikut Kursus-kursusnya!

Sabtu, 01 Agustus 2020 - 13:00 WIB
loading...
Tertarik Menjajal Olahraga di Udara? Yuk, Ikut Kursus-kursusnya!
Kamu bisa ikut kursus terbang solo paragliding atau paralayang dengan biaya Rp5 juta selama 5 hari. Foto/viator.com
A A A
JAKARTA - Aero sport atau olahraga dirgantara (ordirga) identik dengan olahraga eksklusif dan mahal. Padahal, masyarakat umum yang tertarik ordirga juga bisa ikut beberapa kursusnya.

Di Indonesia, ordirga punya potensi yang lumayan besar, karena didukung iklim tropis dan kondisi alam yang indah.

Namun, belum banyak masyarakat yang berani mencoba olahraga ini, salah satunya karena merasa ordirga cuma bisa dilakukan oleh anggota militer, juga karena pertimbangan biaya.

Padahal, menurut Kepala Keselamatan Terbang dan Kerja (Kalambangja) Lanud Sutan Sjahrir, Mayor Tek Wahyudi Krisdyanto, olahraga dirgantara terbuka untuk umum.

Tertarik Menjajal Olahraga di Udara? Yuk, Ikut Kursus-kursusnya!

Foto: outdoor-interlaken.ch

Soal biaya, Ordirga emang bakal terasa berat kalau ditanggung sendiri, maka itu penting untuk mengetahui organisasi dan komunitas terkait.

Federasi Aero Sport Indonesia (FASI) merupakan organisasi yang mewadahi kegiatan ordirga di Indonesia untuk kepentingan militer maupun masyarakat sipil.

FASI punya perwakilan di setiap daerah yang disebut dengan Federasi Aero Sport Indonesia Daerah (FASIDA). Selain itu, kini bisa dijumpai komunitas atau klub ordirga yang memfasilitasi hobi kedirgantaraan.


Memulai Hobi Ordirga untuk Warga Sipil

Untuk memulai hobi olahraga dirgantara, penting untuk memastikan kebugaran fisik dengan memeriksakan diri langsung ke dokter.

Hal-hal yang dipertimbangkan sebelum menekuni ordirga di antaranya tensi darah, berat badan, tinggi badan, kesehatan mata, dan kesehatan jantung.

Tertarik Menjajal Olahraga di Udara? Yuk, Ikut Kursus-kursusnya!

Foto:Getty Images/iStockphoto

Pasalnya, kesehatan jasmani seseorang dalam dunia dirgantara juga bagian dari keselamatan orang lain.

Kesiapan mental juga tak kalah penting untuk diperhatikan. Olahraga dirgantara erat kaitannya dengan ketinggian. Seseorang yang punya phobia ketinggian akan lebih sulit belajar mengatasi kepanikan saat berada di atas.

Setelah tubuh dinyatakan dalam keadaan sehat dan siap mental, masyarakat yang tertarik dengan ordirga bisa menghubungi perwakilan FASI di tiap daerah.

Kemudian, FASI akan merekomendasikan komunitas atau klub yang sesuai dengan jenis olahraga dirgantara yang diminati. Dalam komunitas itu akan dilatih dari teknis olahraga hingga cara memperoleh peralatannya.


Kelas Pelatihan dan Sertifikasi Pilot Drone

Secara umum, drone dimanfaatkan untuk dunia fotografi, videografi, dan pemetaan. Sebelum mengikuti pelatihan, sebaiknya ketahui dulu kebutuhannya dari beberapa kelas yang disedikan.

Misalnya, kelas pelatihan dengan tema Pemetaan pada umumnya akan membahas materi pengenalan aeromodelling, teori aerodynamika, pengenalan pesawat, fotogrametri dasar, pengolahan foto udara, perakitan, dan pengoperasian pesawat tanpa awak.

Tertarik Menjajal Olahraga di Udara? Yuk, Ikut Kursus-kursusnya!

Foto: suasnews.com
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1637 seconds (0.1#10.140)