Sinopsis dan 5 Fakta Film Gran Turismo yang Harus Kamu Tahu

Rabu, 23 Agustus 2023 - 20:36 WIB
loading...
Sinopsis dan 5 Fakta Film Gran Turismo yang Harus Kamu Tahu
Gran Turismo memanjakan penonton dengan adegan balapnya yang mendebarkan. Film ini berkisah tentang perjuangan seorang pembalap amatir di dunia profesional. (Foto: Spiel Times)
A A A
Gran Turismo bukanlah film yang diangkat dari video game. Tapi, film ini berbasis simulator balap dengan judul yang sama dengan film ini. Simulator ini punya peranan penting dalam perjalanan karakter utamanya.

Film ini menampilkan banyak adegan balap yang menegangkan. Drama di sirkuitnya cukup membuat emosi. Sementara, penampilan karakternya, meski terasa kurang, tapi cukup pas dengan apa yang terjadi di film ini.

Selain itu, ada banyak fakta menarik di balik Gran Turismo. Film itu mengalami penundaan syuting akibat Covid-19 dan perilisan karena mogok yang terjadi di Hollywood. Disutradarai Neil Blomkamp, Gran Turismo kini sudah tayang di bioskop. Seperti apa sinopsis dan fakta di balik Gran Turismo? Simak ulasannya berikut!



1. Sinopsis Film Gran Turismo

Sinopsis dan 5 Fakta Film Gran Turismo yang Harus Kamu Tahu

Foto: Deadline

Gran Turismo diangkat dari kisah nyata Jann Mardenborough. Dia adalah seorang remaja yang sangat suka memainkan simulator balap Gran Turismo. Dia memang bercita-cita ingin menjadi pembalap, tapi belum mendapatkan kesempatan. Terlebih, ayahnya meragukan kemampuan anaknya itu.

Kesempatan datang ketika dia diundang ke GT Academy. Di sana, dia harus bersaing dengan peserta lainnya untuk menduduki kursi pembalap utama tim Nissan. Di akademi itu, Jann akhirnya merasakan track balap asli dan dia harus mengerahkan seluruh kemampuannya untuk benar-benar bisa menjadi pembalap yang nyata.

2. Adegan Balapnya di Simulator Tanpa Visual Effect

Sinopsis dan 5 Fakta Film Gran Turismo yang Harus Kamu Tahu

Foto: Xfire

Sebelum menjajal track asli, Jann terlebih dahulu menghabiskan waktu di balik kemudi konsol simulator Gran Turismo. Pemeran utamanya, Archie Madekwe, benar-benar memainkan simulator itu tanpa bantuan visual effect. Itu artinya, adegan yang terpampang di film tersebut memang nyata dan tidak dibuat-buat.

Karenanya, banyak adegan yang diambil hanya dalam satu take. “Semua adegan yang kalian lihat ketika saya mengemudikan simulator itu, tidak ada yang VFX. Saya benar-benar balapan. Saya melawan AI yang sulit—kami tidak bisa membuatnya mudah krena penggemar Gran Turismo akan tahu, jadi saya harus benar-benar mahir di game itu,” kata Archie.

3. Sudah Bikin Kontroversi

Sinopsis dan 5 Fakta Film Gran Turismo yang Harus Kamu Tahu

Foto: Carscoops

Baru dirilis, tapi Gran Turismo sudah mendapatkan kontroversi akibat adegan tabrakan di Nurburgring Nordschleife. Kritikus mengkritik penggunaan cerita tabrakan itu menjadi motivasi bagi Jann untuk terus membalap. Belum lagi, karena kecelakaan itu, Jann termotivasi untuk merebut podium di Le Mans.

Kritikus menyebut motivasi itu “hambar” dan “tercela”. Mereka mengecam bagaimana penulis film itu memanfaatkan kecelakaan yang menewaskan seorang penonton itu menjadi memotivasi seseorang. Kecelakaan itu memang terjadi dan kejadiannya persis seperti yang digambarkan di film tersebut.

4. Melibatkan Banyak Mobil Balap

Sinopsis dan 5 Fakta Film Gran Turismo yang Harus Kamu Tahu

Foto: Traxion

Sebagai sebuah film balapan, Gran Turismo melibatkan banyak mobil balap. Mobil utama di film ini adalah dari pabrikan Nissan. Tapi, di dalamnya, ada Porsche, Ferrari, dan lain sebagainya.

Belum diketahui total mobil yang digunakan di film ini. Tapi, menurut Archie, ada 30 mobil yang dilibatkan di adegan balapan Le Mans. Angka ini tentu lebih karena selain di Le Mans, Archie juga balapan di GT Academy dan balapan lainnya.

5. Tokoh Aslinya Ikut Melakukan Balap di Film

Sinopsis dan 5 Fakta Film Gran Turismo yang Harus Kamu Tahu

Foto: Lifestyle Asia Hong Kong

Tidak banyak yang menyangka kalau ternyata Jann Mardenborough asli juga terlibat langsung di film ini. Dia tampil sebagai stunt double atau pemeran pengganti Archie di balik kemudi mobil balap. Fakta ini juga diungkap di film tersebut.

Sepanjang kariernya, Jann telah mengikuti lebih dari 200 balapan. Penampilannya di Le Mans adalah salah satu yang terbaik sehingga balapan itu menjadi klimaks di film ini. Jann juga terus menjadi anggota tim Nissan sampai tim itu dibubarkan karena mobil yang tidak kompetitif.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.9040 seconds (0.1#10.140)