10 Film Paling Cepat Raih Rp15 Triliun, Terbaru Barbie

Kamis, 10 Agustus 2023 - 22:21 WIB
loading...
10 Film Paling Cepat Raih Rp15 Triliun, Terbaru Barbie
Banyak film yang bisa meraup USD1 miliar di box office. Tapi, sangat jarang yang mampu mencapai angka tersebut hanya dalam waktu di bawah satu bulan penayangan. (Foto: The New York Times)
A A A
Mencapai angka USD1 miliar (Rp15 triliun) di box office adalah kebanggaan bagi sebuah film yang tayang di bioskop. Terlebih sampai saat ini, baru ada 53 film yang mencapai angka tersebut. Butuh usaha dan keberuntungan bagi studio pembuatnya untuk bisa meraup pendapatan sebesar itu di box office.

Tidak hanya langka, meraup USD1 miliar di box office juga butuh waktu. Sejumlah film membutuhkan waktu berbulan-bulan agar bisa mencapai angka itu. Tapi, ada sedikit film yang hanya butuh hitungan hari agar bisa mencapai angka tersebut.

Film-film itu akhirnya memecahkan rekor sebagai film tercepat yang meraup USD1 miliar di box office. Sebagian besar—bahkan hampir semua—film yang mencapai angka itu berasal dari genre action dan fantasi. Rasa penasaran orang dan hype yang besar membuat film itu mampu memecahkan rekor tersebut. Film apa saja yang mampu meraup USD1 miliar dalam waktu cepat? Simak ulasannya berikut!



10. Star Wars: The Last Jedi — 2017

10 Film Paling Cepat Raih Rp15 Triliun, Terbaru Barbie

Foto: HeyUGuys

Star Wars: The Last Jedi adalah satu dari tiga film yang berhasil meraup USD1 miliar di box office hanya dalam waktu 19 hari. Dua film lainnya adalah Avatar (2009) dan The Lion King (2019). Namun, angka yang ditorehkan The Last Jedi lebih besar di antara keduanya. Di hari ke-19 tayang di bioskop, Episode VIII itu meraup USD1,04 miliar. Star Wars: The Last Jedi bisa ditonton di Disney+ Hotstar.

9. The Fate of the Furious — 2017

10 Film Paling Cepat Raih Rp15 Triliun, Terbaru Barbie

Foto: The New York Times

The Fate of the Furious memang cepat, tapi tidak secepat pendahulunya. Film kedelapan Fast and Furious itu mampu meraup USD1 miliar dalam waktu cepat. The Fate of the Furious berhasil mendapatkan USD1,06 miliar hanya dalam waktu 18 hari tayang di bioskop. Pada akhir penayangannya di bioskop, The Fate and the Furious meraup USD1,236 miliar. The Fate of the Furious bisa ditonton di HBO Go.

8. Furious 7 — 2015

10 Film Paling Cepat Raih Rp15 Triliun, Terbaru Barbie

Foto: MUBI

Furious 7 jelas menjadi yang tercepat dalam mencapai USD1 miliar di box office di franchise Fast and Furious. Film ketujuh franchisetersebut mencapai prestasi itu dalam 17 hari setelah dirilis. Pada akhir hari ke-17, Furious 7 meraup USD1,008 miliar. Ini menunjukkan kecepatan dan kesuksesan besar franchise itu di box office. Furious 7 masih menjadi film terlaris di franchise itu dengan pendapatan total mencapai USD1,516 miliar. Furious 7 bisa ditonton di HBO Go.

7. Barbie — 2023

10 Film Paling Cepat Raih Rp15 Triliun, Terbaru Barbie

Foto: The Mary Sue

Barbie adalah entri terbaru dan salah satu yang paling fenomenal di daftar ini. Menurut Box Office Mojo, film besutan Greta Grewig itu mampu meraup USD1,03 miliar (Rp15,6 miliar) dalam waktu 17 hari. Ini membuat Barbie menjadi film produksi Warner Bros. tercepat yang mencapai angka tersebut. Selain itu, Barbie juga menjadi satu-satunya film non-action tercepat yang mencapai USD1 miliar. Film ini bergenre komedi fantasi. Barbie juga mengalahkan pesaing terberatnya, Oppenheimer, yang dirilis di hari yang sama.

6. Avatar: The Way of Water — 2022

10 Film Paling Cepat Raih Rp15 Triliun, Terbaru Barbie

Foto: The New York Times

Avatar: The Way of Water berhasil meraup USD1 miliar di box office dalam waktu 14 hari. Sekuel Avatar ini mengakhiri pekan kedua penayangannya dengan USD1,029 miliar. Avatar: The Way of Water kini duduk sebagai film terlaris ketiga sepanjang masa dengan pendapatan total USD2,320 miliar. Avatar: The Way of Water bisa ditonton di Disney+ Hotstar.

5. Jurassic World — 2015

10 Film Paling Cepat Raih Rp15 Triliun, Terbaru Barbie

Foto: USA Today

Jurassic World adalah film dari franchise itu yang tercepat meraup USD1 miliar. Film itu berhasil mencapai angka itu dalam 13 hari. Selain itu, dengan pendapatan total USD1,67 miliar dan menjadi film terlaris dari seluruh franchise Jurassic World dan Jurassic Park sampai sekarang. Jurassic World bisa ditonton di HBO Go.

4. Spider-Man: No Way Home — 2021

10 Film Paling Cepat Raih Rp15 Triliun, Terbaru Barbie

Foto: The Digital Fix

Spider-Man: No Way Home mendapatkan USD1 miliar di box office dengan luar biasa cepat. Hype yang masif terhadap film ketiga trilogi Spider-Man di Marvel Cinematic (MCU) sangat membantu pendapatan ini. Film itu meraup USD1,054 miliar dalam waktu 12 hari di bioskop. Pencapaian total Spider-Man: No Way Home adalah USD1,922 miliar. Film itu adalah film terlaris ketujuh sepanjang masa. Spider-Man: No Way Home bisa ditonton di Netflix.

3. Star Wars: The Force Awakens — 2015

10 Film Paling Cepat Raih Rp15 Triliun, Terbaru Barbie

Foto: The Hollywood Reporter

Star Wars: The Force Awakens bukan hanya film Star Wars terlaris sepanjang masa, tapi juga film tercepat ketiga yang berhasil mencapai USD1 miliar. The Force Awakens meraup USD1,09 miliar pada akhir hari ke-12. Sampai saat ini, film itu masih duduk sebagai film terlaris kelima sepanjang masa. The Force Awakens total mendapatkan USD2,068 miliar. Star Wars: The Force Awakens bisa ditonton di Disney+ Hotstar.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2869 seconds (0.1#10.140)