Review Film Meg 2: The Trench: Lebih Banyak Hiu, Formula Sama

Rabu, 02 Agustus 2023 - 21:44 WIB
loading...
Review Film Meg 2: The Trench: Lebih Banyak Hiu, Formula Sama
Meg 2: The Trench mengulang formula plot cerita yang sudah ada. Dengan menambahkan lebih banyak hiu dan monster lain, film ini tidak lagi sehoror yang pertama. (Foto: Fandango)
A A A
Meg 2: The Trench masih punya pola dan formula yang sama seperti film sebelumnya. Monster besar, cowok jagoan yang macho, ilmuwan cerdas, anak nekat yang harus diselamatkan, orang konyol, dan orang serakah. Namun, ada sedikit perbedaan di sekuel ini.

Sejumlah pemeran dari film pertamanya, seperti Jason Statham, Cliff Curtis, Page Kennedy, dan Sophia Cai, kembali di film ini. Tapi, Li Bingbing yang berperan sebagai ilmuwan cantik, Zhang Suyin, tidak turut tampil lagi. Entah apa penyebabnya, pada Februari lalu, dia keluar dari film sekuel ini.

Alih-alih meng-casting ulang pemerannya, Zhang Suyin dimatikan dan digantikan orang lain. Dia adalah Zhang Jiumin yang diperankan Wu Jing. Aktor itu dikenal sebagai aktor dengan bayaran tertinggi di China. Di The Meg 2, dia berperan sebagai ilmuwan dan inventor.

Baca Juga: Review Film The Meg

The Meg 2 kembali membawa Jonas Taylor (Jason Statham) ke dasar laut. Kali ini, dia bersama tim ekspedisi pergi menjelajah palung terdalam. Di kedalaman yang gelap itu, mereka menghadapi serangan tiga ekor hiu purba, Megalodon.
Review Film Meg 2: The Trench: Lebih Banyak Hiu, Formula Sama

Foto: Rotten Tomatoes

Dari tiga ekor Megalodon itu, salah satunya adalah Megalodon yang dirawat Zhang Institute di sebuah penangkaran. Hiu itu terlepas dari penangkaran dan kini menyerang para kru Mana One itu. Jonas dan teman-temannya pun harus berusaha bertahan dari kejaran para hiu itu sekaligus berusaha keluar dari palung tersebut.

Film ini sudah memperlihatkan aksi di lautan sejak awal. Sutradaranya, Ben Whitley, tidak menyia-nyiakan waktu untuk memberikan drama di Meg 2: The Trench. Namun, dia tidak terlalu menampilkan ketegangan dari awal karena Megalodon sudah diperlihatkan sejak awal.
Review Film Meg 2: The Trench: Lebih Banyak Hiu, Formula Sama

Foto: Live Science

Ini membuat atmosfir horor yang dibangun di film pertamanya berkurang banyak. Jump scare masih ada, tapi sudah tidak seintens yang pertama. Bahkan dengan hiu yang lebih banyak dan sudah diperlihatkan sejak awal, ketegangannya sudah tidak lagi terasa. Sebagai gantinya, sisi komedinya jadi lebih banyak.

Sementara, keputusan untuk menambah lebih banyak makhluk pemangsa manusia di film ini terasa mengalihkan perhatian dari Megalodon yang seharusnya menjadi “bintangnya”. Tiga Megalodon seharusnya lebih dari cukup untuk menebar teror. Tapi, Whitley memutuskan menambah Kraken dan sejumlah kadal purba karnivora yang justru membuat ancaman Megalodon jadi berkurang.
Review Film Meg 2: The Trench: Lebih Banyak Hiu, Formula Sama

Foto: We Got This Covered

Mungkin, kehadiran makhluk-makhluk baru itu dibuat untuk membuat film ini jadi lebih seru. Tapi, di sisi lain, kehadiran mereka menjadikan Megalodon tidak lagi menjadi pusat perhatian. Belum lagi, tidak ada penjelasan terkait makhluk-makhluk baru itu. Di film pertama, penjelasan tentang Megalodon membuat film itu jadi lebih menarik.

Sementara, antagonis manusianya juga terasa sangat formulaic. Twist-nya gampang ditebak mereka yang suka drama misteri. Kehadiran mereka juga malah membuat plot hole di film ini yang tidak dijelaskan secara gamblang.



Meg 2: The Trench mengulang formula plot cerita yang sudah ada. Dengan menambahkan lebih banyak hiu dan monster lain, film ini tidak lagi terasa horor seperti yang pertama. Bagi penyuka ketegangan film pertamanya, sekuel ini terasa sangat kurang gregetnya.

Meg 2: The Trench sudah bisa ditonton di bioskop di seluruh Indonesia. Film ini berating Remaja atau 13 tahun ke atas dengan durasi 1 jam 56 menit atau 116 menit. Selamat menyaksikan!

(alv)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1570 seconds (0.1#10.140)