5 Lagu BTS Paling Sering Diputar di Spotify, yang Mana Favoritmu?

Rabu, 14 Juni 2023 - 17:32 WIB
loading...
5 Lagu BTS Paling Sering Diputar di Spotify, yang Mana Favoritmu?
Lima lagu BTS yang paling banyak diputar di Spotify mayoritas dirilis pada masa pandemi. Foto/BigHit Music
A A A
JAKARTA - Ada lima lagu dari BTS yang paling banyak diputar (stream) di Spotify, baik lagu yang sudah lama dirilis maupun yang usianya belum sampai tiga tahun.

BTS jadi salah satu penyanyi dengan jumlah stream terbanyak di Spotify selama dua tahun terakhir. Pada 2021, grup yang baru saja merayakan ulang tahunnya yang ke-10 ini ada di urutan ketiga. Sementara pada 2022, mereka ada di posisi kelima.



Tahun ini, meski tengah hiatus, BTS masih jadi penyanyi/grup K-pop dengan pendengar bulanan (monthly listener) terbanyak. Sejauh ini pada 2023, puncaknya adalah dengan lebih dari 39 juta pendengar. Sebagai perbandingan, grup FIFTY FIFTY yang ada di peringkat kedua dan tahun ini sangat viral dengan lagu Cupid, mencatat rekor pendengar bulanan sebanyak lebih dari 37 juta.

Selain itu, BTS kini juga sudah punya tiga lagu yang angka stream-nya mencapai satu miliar lebih. Sejauh ini, baru BTS saja penyanyi K-pop yang berhasil menembus angka tersebut.

Berikut ini lima lagu BTS yang paling banyak diputar di Spotify, per 14 Juni 2023.

1. Dynamite (2020)



Dynamite sudah diputar sebanyak 1.669.253.252 kali di Spotify. Lagu ini pula yang membawa BTS ke puncak popularitas mainstream, melebihi pendengar dari fandom dan pencinta K-pop.

Dynamite dirilis BTS saat masa pandemi, dengan tujuan untuk memberikan sedikit sinar terang kepada masyarakat dunia dalam masa suram tersebut. Lagu pop discodengan lirik berbahasa Inggris pertama dari BTS ini juga menjadi lagu pertama mereka yang memuncaki tangga lagu Billboard Hot 100, sekaligus yang pertama pula bagi artis Korea.

Tak hanya di luar negeri, Dynamite juga jadi raja di Korea Selatan. Lagu ini menjadi yang terbanyak memenangkan program musik, sekaligus meraih predikat Song of the Year dari tiga penghargaan musik terbesar di negara itu, yaitu MAMA, MMA, dan Grammy-nya Korea, Korean Music Awards.

2. Butter (2021)



Setelah Dynamite, BTS kembali mengentak industri musik dengan Butter, yang kini telah diputar sebanyak 1.126.990.167 kali. Butter menduduki posisi 1 Billboard Hot 100 sebanyak 10 minggu, terbanyak dari semua lagu pada 2021.

Butter juga termasuk lagu yang sukses di Korea Selatan, dengan PAK (perfect all-kill) hingga 239 jam. PAK adalah istilah untuk lagu yang duduk di peringkat 1 beberapa tangga lagu utama di Korea Selatan secara bersamaan dalam periode jam dan hari tertentu.

3. Boy With Luv (2019)



Lagu BTS berikutnya yang paling sering diputar di Spotify sekaligus tembus 1 miliar pendengar adalah Boy With Luv. Lagu ini sudah diputar sebanyak 1.051.623.323 kali. Ini adalah lagu duet BTS dengan penyanyi Amerika, Halsey.

Boy With Luv adalah lagu yang dirilis pada 2019 dan masuk dalam album Map of The Soul: Persona. Lagu yang dalam bahasa Korea-nya berarti "Puisi untuk Hal-Hal Kecil" (Poem for Small Things) ini menunjukkan lirik bahwa jatuh cinta sejati adalah saat seseorang selalu menganggap hal-hal kecil tentang kekasihnya adalah sesuatu yang indah.

Lagu ini juga adalah kelanjutan dari Boy In Luv yang isi liriknya tentang cinta masa muda yang egois dan menggebu-gebu. Boy With Luv mencapai posisi 8 di Billboard Hot 100.

4. Fake Love (2018)



Fake Love yang merupakan lagu andalan untuk album Love Youself: Tear ini sudah didengarkan sebanyak 674.954.437 kali di Spotify. Sesuai judulnya, lagunya menceritakan tentang cinta yang dibangun dengan penuh kepalsuan, saat seseorang harus menjadi 'orang lain' agar bisa dicintai.

Fake Love termasuk lagu yang sukses di Korea Selatan, meraih predikat Song of the Year dari Korean Music Awards dan nominasi dari MAMA dan MMA. Di Billboard Hot 100, lagu ini berhasil mencapai posisi 10.


5. Life Goes On (2020)



Life Goes On kini sudah diputar sebanyak 622.919.472 kali. Lagunya juga merupakan lagu jagoan dalam BE, album yang dibuat BTS khusus untuk menemani para penggemarnya menjalani masa pandemi.

Dalam Life Goes On, BTS menyanyikan lirik tentang kehidupan pada masa pandemi, sekaligus harapan saat dan pasca-pandemi. Lagu ini juga duduk di posisi 1 Billboard Hot 100 selama 1 minggu. Di Korea, lagunya total menang sembilan kali di program musik Show! Music Core dan Inkigayo.
(ita)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3098 seconds (0.1#10.140)