7 Momen BTS Paling Menyedihkan Sepanjang 10 Tahun Berkarier

Selasa, 13 Juni 2023 - 11:48 WIB
loading...
7 Momen BTS Paling Menyedihkan Sepanjang 10 Tahun Berkarier
BTS merayakan ulang tahunnya yang ke-10 pada 13 Juni 2023. Foto/BigHit Music
A A A
JAKARTA - BTS merayakan ulang tahunnya yang ke-10 pada 13 Juni 2023. Sepanjang satu dekade berkarier, grup ini mengalami banyak peristiwa pahit, juga mengharukan.

BTS debut pada 2013 di bawah agensi kecil bernama BigHit Entertainment (kini bernama Hybe). Grup K-pop yang lahir dari agensi kecil umumnya tak akan bertahan lama, bahkan biasanya tak sanggup melewati 'kutukan' tujuh tahun berkarier. Umumnya bubar sebelum waktunya karena tak mendapat dukungan finansial dan penggemar yang cukup.

Minimnya bujet untuk mempromosikan BTS justru membuat grup itu dan BigHit menempuh cara yang berbeda. Mereka jadi grup K-pop pertama yang sangat aktif menggunakan media sosial (saat itu Twitter dan YouTube) untuk berkomunikasi dengan para pendengar musik mereka.



Bermodalkan musik bagus, lirik yang relevan dengan kehidupan anak muda, dan interaksi intens dengan penggemar, BTS pun kini punya pengaruh yang sangat besar dalam budaya pop. Mereka masih menjadi artis dengan piala utama (daesang) terbanyak di Korea. Juga grup K-pop satu-satunya yang berhasil meraih piala Billboard Music Awards dan American Music Awards, serta lima kali sebagai nomine Grammy Awards.

Mereka juga punya kontribusi besar mengangkat citra Korea Selatan ke dunia internasional, salah satunya dengan berpidato di PBB dan Gedung Putih di Amerika Serikat. Mereka pun menjadi satu-satunya idol K-pop dan warga Korea termuda yang meraih The Order of Cultural Merit dari Presiden Korea Selatan, termasuk juga mendapat paspor diplomat.

Namun sebelumnya, ada banyak peristiwa pahit yang harus mereka jalani untuk sampai pada kejayaan tersebut. Berikut ini beberapa peristiwa paling menyedihkan yang pernah BTS alami.

1. Dituduh Curang hingga Dibawa ke Pengadilan

7 Momen BTS Paling Menyedihkan Sepanjang 10 Tahun Berkarier

Foto: BigHit Entertainment

Pada Mei 2015 atau dua tahun setelah debut, BTS baru mulai menunjukkan popularitasnya. Namun saat itu juga mereka dituduh melakukan sajaegi, yaitu saat perusahaan membeli album fisik artis mereka sendiri secara masif untuk menaikkan angka penjualannya.

Tuduhan ini muncul saat mini-album ketiga BTS yang bertajuk The Most Beautiful Moment in Life Pt. 1 berhasil mengalahkan angka penjualan album BIGBANG bertajuk Made Series-m berdasarkan data Hanteo. Seperti diketahui, popularitas BIGBANG saat itu sangatlah besar.

Gara-gara ini, BigHit sampai harus membuktikan ke pengadilan bahwa mereka tidak melakukan kecurangan tersebut. Pengadilan lantas mengukuhkan bahwa perusahaan itu tidak melakukan sajaegi, salah satunya karena finansial perusahaan yang tidak memungkinkan untuk melakukan hal tersebut.

2. Dituduh Curang karena Memenangkan Piala Utama

7 Momen BTS Paling Menyedihkan Sepanjang 10 Tahun Berkarier

Foto: BigHit Music

Masih soal penjualan album, pada 2016 BTS berhasil memenangkan piala Best Album of the Year dalam Melon Music Awards (MMA). Ini juga membuat BTS menjadi grup pertama di luar tiga agensi besar (SM, YG, JYP) yang berhasil memenangkan daesang, bahkan hingga saat ini.

Namun gara-gara itu pula, Melon dan BTS dituduh telah melakukan kecurangan. Para penggemar dari grup K-pop lain melakukan protes keras kepada Melon, yang lantas dibalas oleh layanan streaming musik tersebut dengan merilis percakapan audio mereka dengan pemerotes untuk menjelaskan perhitungan mereka.

3. Dituduh Plagiat Berkali-kali

7 Momen BTS Paling Menyedihkan Sepanjang 10 Tahun Berkarier

Foto: BigHit Music

Pada awal-awal kariernya terutama pada 2013-2015, BTS juga kerap dituduh melakukan plagiat konsep hingga aksi panggung. Tuduhan tersebut bahkan sempat diungkit seorang wartawan saat konferensi pers BTS pada 2019. Namun tuduhan tersebut pada akhirnya terbukti tidak benar.

Dalam satu kasus, aksi panggung BTS dalam Gaon Awards 2017 juga dituduh plagiat karena sama dengan konsep dari grup lain. Produser dari grup tersebut bahkan juga menyampaikan ketidaksenangannya atas hal tersebut, yang menambah kebencian terhadap BTS makin kuat.

Namun nyatanya, aksi 'plagiat' tersebut adalah kesalahan dari Gaon sebagai penyelenggara acara yang menampilkan video yang sama dengan grup lain saat BTS tampil. Sejak saat itu, BTS pun tak pernah tampil langsung dalam acara penghargaan tersebut.

BTS juga merekam berbagai tuduhan plagiat dan sajaegi itu, dan menampilkannya dalam video saat konser Wings Tour pada 2017.

4. Dianggap Bukan Rapper oleh Para Rapper Underground Korea

7 Momen BTS Paling Menyedihkan Sepanjang 10 Tahun Berkarier

Foto: via Koreaboo
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1430 seconds (0.1#10.140)