Cari Tiket Coldplay, Ini Tips Aman Beli dari Pihak Ketiga Jalur WTS

Rabu, 17 Mei 2023 - 11:55 WIB
loading...
Cari Tiket Coldplay, Ini Tips Aman Beli dari Pihak Ketiga Jalur WTS
Tiket konser Coldplay di Jakarta nyaris ludes dan kamu yang mau membeli dari pihak ketiga harus teliti agar tak tertipu. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Tiket konser Coldplay di Jakarta pada 15 November 2023 sudah hampir ludes terjual. Namun buat kamu yang belum mendapatkannya dan ingin menonton, jangan panic buying.

Saat tiket konser ludes, biasanya tak lama kemudian akan banyak bermunculan akun media sosial yang menjual tiket mereka dengan kata "WTS" alias want to sell. Alasan penjualannya bermacam-macam, mulai dari salah beli section, ada keperluan mendadak hingga tak bisa menonton, dan lainnya. Yang pasti, hampir semua WTS dijual dengan harga selangit.

Nah, buat kamu yang sedang mencari tiket konser Coldplay di Jakarta, jangan buru-buru langsung membelinya. Berikut tipsnya agar kamu tidak kena tipu atau membayar terlampau mahal untuk selembar tiket yang jauh dari harga aslinya.


1. Jangan Langsung Membeli, Tunggu Beberapa Hari/Bulan

Baru sejam sejak tiket konser Coldplay dijual, sudah ada beberapa akun yang menawarkan WTS, terutama section CAT 5 dan CAT 6 yang banyak dicari. Kalau tiket tersebut dijual dengan nilai berlipat-lipat dari harga aslinya, sebaiknya kamu tunda membelinya.

Pasalnya, biasanya akan selalu ada WTS bahkan hingga H-2 atau bahkan H-1 dengan harga yang lebih 'manusiawi'. Intinya, biasanya orang yang melakukan WTS pada waktu-waktu awal selalu mengincar keuntungan tertinggi. Sementara mereka yang melakukan WTS jelang konser umumnya memang benar-benar berhalangan hadir, dan menjual tiket dengan harga yang tak berbeda jauh dengan harga aslinya.

2. Pantau Akun-Akun Medsos Penggemar

Untuk mencari WTS di medsos, utamakan mencarinya dari akun-akun penggemar grup atau penyanyi tersebut. Umumnya, mereka akan membantu memfasilitasi penjualan untuk meminimalisir terjadinya penipuan.

3. Cek Nomor Telepon dan Rekening Penjual

Untuk mencegah penipuan, kamu bisa mengecek nomor telepon penjual lewat berbagai aplikasi seperti GetGontact. Nantinya, akan terlihat nama apa saja yang dipakai orang lain untuk menyimpan nomor tersebut. Jika mencurigakan, sebaiknya pertimbangkan kembali untuk membeli tiket darinya.

Selain itu, kamu juga bisa mengecek nomor rekening penjual di cekrekening.id yang dibuat oleh Kominfo. Nomor rekening penipu biasanya diadukan di situs web ini.

Meski begitu, kamu tetap harus waspada meskipun hasil pencariannya bersih dari pengaduan. Karena bisa jadi, penipu memakai nomor rekening baru. Jadi kewaspadaan tetap harus dijaga.

4. Minta Bukti Pembelian Tiket dan Identitas Diri

Saat akan bertransaksi, mintalah bukti pembelian tiket sang penjual di lokasi/situs web resmi. Perhatikan detail angka, jenis huruf, dan lainnya, lalu bandingkan dengan tiket asli yang biasanya banyak beredar. Ini perlu dilakukan karena bisa jadi tiket yang dijual padamu sudah dipalsukan.

Selain itu, minta sang penjual untuk berfoto dengan identitas dirinya (KTP atau paspor) serta pesan tertentu yang khusus kamu minta padanya. Misalnya dengan membawa kertas bertuliskan nama kamu atau yang lainnya untuk membuktikan bahwa itu memang foto terbarunya. Perhatikan juga NIK di KTP karena angkanya juga bisa dipalsukan.


5. Minta Bertemu Langsung

Ini adalah cara terakhir untuk memastikan keamanan. Sebaiknya kamu bertemu langsung dengan si penjual untuk meminimalisir penipuan. Jika memungkinkan, kamu juga bisa meminta membayar tiketnya saat hari konser, atau saat penukaran e-ticket-nya.



(ita)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1870 seconds (0.1#10.140)