5 dari 7 Konser Hyuna Dibatalkan di Amerika dan Kanada, Imbas Kontroversi Tunangan?

Kamis, 18 Juli 2024 - 14:28 WIB
loading...
5 dari 7 Konser Hyuna...
Mayoritas konser Hyuna di Amerika Serikat dan Kanada dibatalkan meski hanya diadakan di ruang kapasitas seribuan orang. Foto/AT AREA
A A A
JAKARTA - Tur konser solois Korea Hyuna bertajuk My Attitude yang digelar di Amerika Serikat dan Kanada sepanjang Agustus 2024 mayoritas dibatalkan.

Menilik situs web ticketmaster.com sebagai tempat resmi membeli tiket konser di Amerika Serikat, terlihat ada tujuh tanggal konser Hyuna yang terdaftar untuk dibeli tiketnya. Namun di lima tanggal tur tertulis "cancelled".

Tur yang dibatalkan itu adalah di Houston, Texas (White Oak Music Hall - Downstairs) pada 8 Agustus, New York (Irving Plaza) pada 10 Agustus, Chicago, Ilinois (House of Blues Chicago) pada 14 Agustus, dan Los Angeles, California (The Wiltern) pada 17 Agustus. Adapun konser di Toronto, Kanada (The Danforth Music Hall) pada 13 Agustus juga dibatalkan.



Dengan dibatalkannya konser-konser tersebut, kini hanya tinggal dua tanggal konser yang tersedia sesuai jadwal, yaitu di Dallas, Texas (The Factory in Deep Ellum) pada 7 Agustus dan di Seattle, Washington (Showbox SODO) pada 20 Agustus.

5 dari 7 Konser Hyuna Dibatalkan di Amerika dan Kanada, Imbas Kontroversi Tunangan?

5 dari 7 Konser Hyuna Dibatalkan di Amerika dan Kanada, Imbas Kontroversi Tunangan?


5 dari 7 Konser Hyuna Dibatalkan di Amerika dan Kanada, Imbas Kontroversi Tunangan?

Foto-foto: ticketmaster.com

Dibatalkannya mayoritas konser ini cukup mengejutkan karena lokasi konser yang dipakai pun adalah ruang dengan kapasitas sekelas kategori teater. Misalnya saja White Oak Music Hall - Downstairs dan Irving Plaza yang hanya berkapasitas 1.200 orang.

Yang terbesar adalah di The Wiltern, Los Angeles, dengan kapasitas 2.300 orang. Dibatalkannya konser di Los Angeles juga mengherankan mengingat kota tersebut adalah gudangnya para penggemar K-pop di Amerika Serikat.

Adapun dua tempat konser yang tersisa, yaitu The Factory in Deep Ellum di Dallas berkapasitas 4.300 orang. Sedangkan Showbox SODO di Seattle bisa memuat 1.800 orang. Konser di dua tempat ini belum sold out meski tiket sudah dijual sejak awal Juni 2024.

Spekulasi Alasan Dibatalkannya Mayoritas Konser Hyuna di Amerika Serikat


Sejauh ini belum ada informasi resmi dari pihak Hyuna maupun promotor tur tentang alasan dibatalkannya mayoritas konser tersebut. Namun umumnya, di luar masalah teknis, konser biasanya dibatalkan karena tiket yang terjual hanya sedikit.

Meski alasan pembatalannya belum jelas, penggemar K-pop langsung mengaitkannya dengan kontroversi hubungan mantan member Wonder Girls tersebut dengan Yong Jun-hyung, idol mantan member Highlight. Jun-hyung adalah orang yang dikirimi video asusila oleh Jung Joon-young, tervonis kasus kekerasan seksual dalam kasus molka chat, yang juga dikaitkan dengan kasus Burning Sun.

Meski statusnya hanya sebagai saksi, tapi Yong Jun-hyung mendapat kritikan keras dari masyarakat karena ia tidak melaporkan tindakan bejat Jung Joon-young yang menyebarkan video tanpa seizin perempuan yang bersamanya itu.

Hyuna secara resmi mengumumkan bahwa ia berpacaran dengan Jun-hyung pada Januari 2024. Ia dan Jun-hyung juga mengonfirmasi bahwa mereka akan menikah pada Oktober mendatang.

5 dari 7 Konser Hyuna Dibatalkan di Amerika dan Kanada, Imbas Kontroversi Tunangan?

Foto: via Allkpop

Berita pacaran dan rencana pernikahan ini makin membuat penggemar Hyuna marah, karena selama ini citra Hyuna adalah sebagai artis pembela hak-hak perempuan. Keputusannya menjalin hubungan asmara dengan orang yang dikaitkan dengan kasus kekerasan seksual terhadap perempuan jelas mengkhianati citra tersebut.

Selain itu, publik juga marah karena Jun-hyung adalah mantan pacar Goo Hara, idol yang juga sahabat Hyuna. Goo Hara meninggal karena bunuh diri.

Tak cuma itu, masyarakat dan penggemar Hyuna juga tak habis pikir dengan perilaku Hyuna, karena ia pernah menolak menikah dengan idol K-pop Dawn, kekasih yang dipacarinya selama enam tahun, meski mereka sudah sempat bertunangan.



Padahal, perjalanan cinta Hyuna dan Dawn saat itu sangat berliku, sampai membuat keduanya didepak dari agensi mereka, Cube Entertainment.

Gara-gara hubungan Hyuna dan Yong Jun-hyung pula, sejumlah fanbase Hyuna di media sosial memilih menutup akunnya karena kecewa berat dengan keputusan idola mereka itu.

(ita)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2485 seconds (0.1#10.140)