Penyanyi IU Dilaporkan atas Kasus Plagiarisme 6 Lagu

Rabu, 10 Mei 2023 - 10:59 WIB
loading...
Penyanyi IU Dilaporkan atas Kasus Plagiarisme 6 Lagu
IU dilaporkan atas kasus tuduhan plagiarisme atas enam lagu yang dibuatnya. Foto/EDAM
A A A
JAKARTA - IU dilaporkan oleh orang tak dikenal ke kantor polisi Gangnam di Seoul atas kasus tuduhan plagiarisme terhadap enam lagu yang dibuatnya.

Mengutip dari Allkpop, laporan plagiarisme itu dilakukan penuduh pada 8 Mei. Adapun lagu-lagu yang dimasukkan dalam tuduhan adalah Pitiful (2009), Boo (2009), Good Day (2010), The Red Shoes (2013), BBIBBI (2018), dan Celebrity (2021).



Dalam laporan tersebut terdapat pernyataan bahwa keenam lagu itu memiliki kemiripan dengan enam lagu asli terkait melodi, irama, danchord progression, terutama dalam intronya. "Bahkan dalam lagu The Red Shoeskemiripannya sangat mudah ditemukan oleh pendengar awam sekalipun," tulis pelapor.

Pada 2013, lagu The Red Shoes memang sempat dituduh melakukan plagiat atas lagu Here's Us milik band asal Jerman bernama Nekta. Namun tak ada tuntutan yang berlanjut.

Pelapor mengatakan bahwa ia telah berusaha berkomunikasi dengan pihak IU, tapi mereka menolak menanggapi tuduhan tersebut. Penuduh bahkan mengatakan bahwa pihak IU menghapus semua tuduhan itu di media sosial.



Perlu dicatat bahwa yang mengajukan tuntutan tersebut bukanlah pihak pembuat lagu. Meski begitu penuduh berkilah bahwa pihak ketiga bisa tetap mengajukan laporan berdasarkan dugaan atas "perilaku plagiarisme demi mendatangkan keuntungan".

Pihak IU saat berita ini ditulis belum memberikan pernyataannya.
(ita)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2746 seconds (0.1#10.140)