7 Game Ice Breaking untuk Pecahkan Kejenuhan Bareng Teman

Selasa, 09 Mei 2023 - 14:56 WIB
loading...
7 Game Ice Breaking untuk Pecahkan Kejenuhan Bareng Teman
Game ice breaking bisa dipraktikkan untuk menambah keseruan pertemuan dan persatuan para peserta. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Game ice breaking memiliki tujuan untuk membuat suasana dalam suatu perkumpulan kembali hangat, dengan menghilangkan segala macam kejenuhan dan rasa lelah.

Biasanya, saat rapat atau perkumpulan ada masa sebagian peserta merasa bosan. Untuk mencairkan suasana, diperlukan permainan yang dapat memulihkan lagi semangat dan menjalin kembali kebersamaan.

Game ice breaking umumnya dilakukan dalam waktu yang singkat dan tidak banyak memiliki aturan atau membutuhkan perlengkapan yang berlimpah di dalamnya.

Berikut ini tujuh game ice breaking untuk memecah kejenuhan ketika berkumpul bersama teman-teman atau disela rapat.

1. Tebak Gambar

Game ice breaking yang dimainkan secara berkelompok ini dilakukan dengan cara berurutan. Pertama bentuklah beberapa kelompok yang minimal terdapat empat orang.

Nantinya seseorang akan menggambar sebuah objek yang kemudian orang di depannya harus menerka gambar tersebut dan menggambarnya. Hingga nanti sampai ke orang paling depan yang harus menebak objek dari gambar yang telah dibuat oleh orang yang di belakangnya.

2. Tebak Kata

Cara mainnya adalah dengan membentuk sebuah kelompok yang terdiri dari dua orang. Satu orang akan menebak dan satunya akan memberi petunjuk.

Sang pemberipetunjuk nantinya akan diberi sebuah kata yang akan ditebak. Pemberi keterangan ini hanya dapat mengatakan "ya", "tidak", dan "bisa jadi" untuk mempersulit orang yang menebak kata.


3. Sambung Kata

Sambung kata dimainkan dengan cara menyambung kata antarpemain. Nantinya salah satu pemain akan menyebutkan sebuah kata yang harus disebutkan oleh pemain kedua ditambah dengan kata baru yang dibuat.

Kata-kata ini akan terus disambung oleh pemain selanjutnya. Semakin panjang kata yang tersambung nantinya akan sulit diingat oleh pemain. Orang yang salah dalam menyebutkan urutan kata, maka dia yang kalah.

7 Game Ice Breaking untuk Pecahkan Kejenuhan Bareng Teman

Foto: Getty Images

4. Sebut Objek

Dalam permainan ini diperlukan seorang pemandu yang nantinya akan menyebutkan kategori objek. Misalnya bila pemandu menyebutkan buah, maka pemain yang lain harus menyebutkan jenis-jenis buah.

Bila pemain pertama menyebutkan semangka, maka pemain kedua harus melanjutkan dengan buah yang berawalan huruf "A" seperti apel, begitu seterusnya.

5. Permainan Siapa Dia

Permainan yang membuat seseorang lebih mengenal satu sama lain ini dimainkan dengan cara seseorang nantinya akan menyebutkan ciri-ciri temannya. Kemudian setiap orang dalam kelompok harus menebak orang yang dimaksud.

6. Berhitung

Dalampermainanini nantinya setiap orang harus berhitung 1,2,3, dan seterusnya. Namun bagi yang mendapat hitungan kelipatan dua harus menggantinya dengan tepuk tangan. Karena itu konsentrasi sangat diperlukan dalam permainan ini.


7. Permainan Perintah Raja

Seorang raja dalam permainan ini ditentukan dengan menggunakan pensil atau sumpit yang telah ditandai dengan lambang mahkota atau tinta merah. Sedangkan untuk yang lain akan mendapat sumpit atau pensil yang berisikan nomor.

Nantinya sang raja harus memberikan sebuah perintah yang harus dipatuhi, misalnya seperti nomor 2 harus mencubit pipi nomor 4.
(ita)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2300 seconds (0.1#10.140)