Profil Muhammad Zayyan, Idol K-Pop dari Indonesia yang Debut di XODIAC

Rabu, 26 April 2023 - 13:07 WIB
loading...
Profil Muhammad Zayyan, Idol K-Pop dari Indonesia yang Debut di XODIAC
Zayyan adalah idol K-pop dari Indonesia yang resmi debut bersama grup XODIAC pada 25 April 2023. Foto/OCJ Entertainment
A A A
JAKARTA - Zayyan jadi idol K-pop kelima asal Indonesia yang berhasil debut secara resmi di Korea Selatan. Ia tergabung dalam boy group XODIAC yang debut pada 25 April 2023.

XODIAC adalah grup di bawah naungan agensi One Cool Jacso (OCJ) Entertainment dengan jumlah sembilan member. Enam member-nya berasal dari Korea Selatan, yaitu Hyunsik, Lex, Beomsoo, Wain, Gyumin, dan Dayin.

Sementara dua dari Hong Kong, yaitu Sing dan Leo. Zayyan jadi satu-satunya member yang berasal dari Indonesia. Ia juga jadi member tertua kedua setelah Hyunsik yang lahir pada 1997 atau beda tiga tahun dengan Zayyan.



XODIAC baru saja menggelar showcase pada 25 April kemarin yang bertajuk Throw The Dice, diambil dari judul single resmi mereka. Sebelumnya pada Maret lalu, mereka juga sudah merilis single berjudul Calling. Dua lagu ini bergenre hip hop khas K-pop.

Profil Muhammad Zayyan, Idol K-Pop dari Indonesia yang Debut di XODIAC

Foto: OCJ Entertainment

Dalam showcase tersebut, Zayyan berbicara dengan bahasa Korea yang cukup fasih. Meski terlihat gugup berbicara dalam bahasa asing, untungnya member lainnya menyemangati sang idol untuk terus bicara memperkenalkan dirinya.

Biodata Zayyan, idol K-pop dari XODIAC

Nama lengkap: Muhammad Rifki Fahri Zayyan
Nama panggung: Zayyan
Tempat/tanggal lahir: Tangerang, 23 Februari 2000
Usia: 23 tahun
Zodiak: Pisces
Agama: Islam

Fakta-Fakta Zayyan XODIAC

1. Pernah Jadi Peserta Indonesian Idol dan Rising Star Indonesia

Profil Muhammad Zayyan, Idol K-Pop dari Indonesia yang Debut di XODIAC

Foto: OCJ Entertainment

Zayyan pernah mengikuti ajang kompetisi menyanyiRising Star Indonesia 3 pada 2018 serta Indonesian Idol 10 pada 2019. Sayangnya, langkahnya terhenti masing-masing pada tahap audisi langsung dan Babak Eliminasi 3.

Ia juga pernah menjadi talent dalam CoppaMagzTV, kanal YouTube yang melaporkan berita-berita seputar Korea.

2. Punya Kanal YouTube Cover Lagu



Sebelum debut jadi idol K-pop, Zayyan pernah punya kanal YouTube ZYYN yang dibuat pada 2020. Di kanal tersebut, ia menyanyikan ulang (cover) lagu-lagu populer dari BTS, Justin Bieber, Adele, Tulus, Coboy Junior, hingga Afgan.

Ada 41 video cover lagu yang diunggahnya. Video yang paling banyak ditonton adalah lagu Backyard Boy milik Claire Rosinkranz (with Jeremy Zucker) yang dinyanyikannya bersama Windyfaj. Video itu sudah ditonton sebanyak lebih dari 51 ribu kali sejak dirilis pada 15 Desember 2020.

Video lainnya yang paling banyak ditonton adalah saat ia menyanyikan lagu dari Secret Number berjudul Love, Maybe. Dengan iringan band, video nyanyian Zayyan ini sudah ditonton lebih dari 38 ribu kali sejak diunggah pada 21 Mei 2022.


3. Jadi Idol K-Pop Kelima dari Indonesia

Profil Muhammad Zayyan, Idol K-Pop dari Indonesia yang Debut di XODIAC

Foto: Via Twitter

Zayyan jadi idol K-pop kelima yang berhasil debut di Korea, setelah Bleu dari boy group 14U (debut pada 2017), Mavin dari boy group Z-Boys (2019), Vanya dari girl group Z-Girls (2019), dan Dita Karang dari girl group Secret Number (2020).

Meski begitu, perlu dicatat bahwa Z-Boys dan Z-Girls adalah grup dengan konsep para member internasional (dari berbagai negara) dan saat ini bisa dibilang sedang hiatus. Sedangkan 14U sudah dibubarkan sejak 2019. Hanya Secret Number saja yang saat ini masih aktif di Korea Selatan.

Untuk Zayyan, patut ditunggu apakah grupnya XODIAC bisa bertahan dalam persaingan industri K-pop yang sangat ketat, terutama dari para agensi besar yang lebih mendominasi pasar.
(ita)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2671 seconds (0.1#10.140)