7 Drama Korea yang Diangkat dari Cerita rakyat dan Legenda Korea

Selasa, 21 Maret 2023 - 11:07 WIB
loading...
7 Drama Korea yang Diangkat dari Cerita rakyat dan Legenda Korea
Drama Korea yang diangkat dari cerita rakyat dan legenda Korea salah satunya adalah Oh My Ghost. Foto/tvN
A A A
JAKARTA - Drama Korea yang diangkat dari cerita rakyat dan legenda Korea cukup banyak diproduksi, dengan genre beragam dari thriller misteri hingga komedi romantis.

Selayaknya negara di Asia, Korea Selatan kaya akan cerita legenda atau cerita rakyat yang beredar dari mulut ke mulut, dari generasi ke generasi. Legenda ini umumnya terkait dengan makhluk magis atau gaib, serta terkait dunia supranatural.

Berikut ini tujuh drama Korea yang diangkat dari cerita rakyat dan legenda Korea.

1. Oh My Ghost (2015)

7 Drama Korea yang Diangkat dari Cerita rakyat dan Legenda Korea

Foto: tvN

Oh My Ghost mengambil cerita dari legenda hantu atau gweshin. Dalam budaya Korea, gweshin terdiri dari beberapa kategori, salah satunya adalah hantu perawan atau cheonyeo gwishin.

Para perempuan yang menjadi cheonyeo gwishin diyakini bahwa mereka tak bisa meninggal dengan tenang selama belum memenuhi tugas mereka untuk mengurus suami. Ini pula yang kurang lebih tergambar dalam drama komedi romantis Oh My Ghost.

Drama ini bercerita tentang Bong-sun (Park Bo-young), perempuan yang menjadi asisten koki dan sangat benci dengan bosnya, Sun-woo (Jo Jung-suk). Namun suatu kali, Bong-sun kerasukan hantu perawan yang misinya adalah bisa berhubungan intim dengan Sun-woo agar bisa pulang ke akhirat. Serial ini tayang di Viu dan Vidio.

2. Kingdom (2019-2020)

7 Drama Korea yang Diangkat dari Cerita rakyat dan Legenda Korea

Foto: Netflix

Kingdom mengambil kisah dari legenda vampir Korea alias heup hyul gwi. Drama Korea pertama yang diproduksi Netflix ini bercerita tentang wabah penyakit yang menyerang raja dan rakyatnya, yang berakhir menjadi tersebarnya wabah zombi.

Putra Mahkota Lee Chang (Ju Ji-hoon) dari Dinasti Joseon lantas berusaha menyelidiki dan mencari obat bagi wabah tersebut. Namun penelusurannya malah membawanya pada intrik perebutan kekuasaan.

Selain Kingdom, ada banyak drama dan film Korea tentang heup hyul gwi, di antaranya Train to Busan, The Scholar Who Walks The Night, dan Vampire Prosecutor.


3. Tomorrow (2022)

7 Drama Korea yang Diangkat dari Cerita rakyat dan Legenda Korea

Foto: MBC

Drama Korea lainnya yang diangkat dari cerita rakyat atau legenda Korea adalah Tomorrow. Drama thriller ini mengadopsi kisah malaikat maut alias jeoseung saja, yang diyakini masyarakat Korea sebagai sosok yang diutus untuk membimbing manusia yang sudah meninggal menuju akhirat.

Dalam cerita rakyat, jeoseung saja digambarkan sebagai sosok yang memakai hanbok hitam dan topi ala era Joseon. Namun dalam Tomorrow, tampilannya dibuat modern, dan salah satunya diperankan oleh Lee Soo-hyuk sebagai Park Joong-gil.

Tomorrow menceritakan para malaikat yang diutus ke bumi untuk mencegah manusia melakukan bunuh diri. Drama MBC ini tayang di Netflix dan dibintangi oleh Kim Hee-sun, Rowoon, dan Yoon Ji-on.

Sosok joseung saja banyak muncul dalam drama Korea, misalnya 49 Days, Hi Bye Mama, dan yang terbaru adalah Taxi Driver 2 yang sempat menampilkan sosok tersebut dalam episode 8.

4. The Guest (2018)

7 Drama Korea yang Diangkat dari Cerita rakyat dan Legenda Korea

Foto: OCN

Dunia sihir dan ilmu hitam tentu saja juga ada dalam cerita legenda rakyat Korea. Salah satu yang menampilkannya adalah serial The Guest. Kisahnya tentang Yoon Hwa-pyung (Kim Dong-wook), seorang anak laki-laki dari keluarga dukun yang mampu melihat hantu, dan kerasukan roh Park Il-do.

Sementara itu, ibu Hwa-pyung terbunuh secara misterius, dan neneknya bunuh diri. Seorang pendeta lantas diminta untuk menyembuhkan Hwa-pyoung. Drama OCN ini tayang di Viu dan Netflix.

5. Goblin (2016)

7 Drama Korea yang Diangkat dari Cerita rakyat dan Legenda Korea

Foto: tvN
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1776 seconds (0.1#10.140)