7 Fakta Slipknot yang Bakal Tampil di Hammersonic Malam Ini

Minggu, 19 Maret 2023 - 17:50 WIB
loading...
A A A
“Sejauh melabeli Slipknot sebagai band nu metal, saya rasa itu sebenarnya muncul karena A. waktu, ketika kami keluar, dan B. fakta kalau kami menggunakan banyak elemen hip hop dan semacamnya. Tapi, saya rasa, kami lebih seperti pendahulu atas apa yang mereka sebut sebagai New Wave of American Heavy Metal. Saya rasa kami seperti mengisi gap itu,” ujar Corey di wawancara yang sama.

3. Arti Logo Slipknot

7 Fakta Slipknot yang Bakal Tampil di Hammersonic Malam Ini

Foto: Music Festival Explorer/Planet Minecraft

Salah satu yang membuat sebuah band dikenal penggemar dan kebanyakan orang adalah logo. Slipknot juga punya logo. Nonagram itu dibuat anggota band itu ketika mereka didirikan. Nonagram itu adalah sigil terkenal Slipknot dan merepresentasikan bintang titik lima—simbol persatuan, loyalitas, persahabatan, dan kenangan. Setiap titik bintang itu ditujukan untuk setiap anggota asli band itu. Nonagram itu bukanlah simbol Setan dan alih-alih mewakili pertarungan Slipknot melawan dunia palsu.

Logo dan strategi branding band itu berubah sebelum perilisan album .5: The Gray Chapter pada 2014. Nonagram baru berbentuk huruf S itu menarik perhatian publik, dengan diumumkan sebagai awal era baru. Warna merah hitam dan desain minimalis elegannya mendapatkan apresiasi publik dan masih digunakan sampai sekarang.

2. Aksi Panggung Slipknot

7 Fakta Slipknot yang Bakal Tampil di Hammersonic Malam Ini

Foto: The Pit

Slipknot dikenal atas penampilan live-nya yang kacau dan energik yang berkontribusi terhadap kesuksesan band itu. Selama tampil, sebagian besar anggota band itu selalu ber-headbang. Di awal-awal tahun mereka berdiri, aksi panggung mereka sangat ekstrem dari terjun dari atas panggung dan menyalakan api.

Clown bahkan dikenal suka masuk ke jajaran penonton dan mengikat orang dengan kabel. Paul Gray pernah digugat karena aksi ekstremnya dianggap membahayakan orang. Sejak saat itu, band itu tidak lagi melakukan aksi ekstrem tersebut demi usia panjang band tersebut.

Meski begitu, aksi panggung Slipknot tetap energik dan tidak bisa diduga. Mereka sering menggunakan setup panggung besar dengan menggunakan pyrotechnic, area panggung yang bisa naik turun, tempat drum yang bisa naik turun, dan layar komputer. Aksi panggung ini tentu menghibur dan sangat memuaskan para penontonnya.



1. Mengapa Slipknot Memakai Topeng?

7 Fakta Slipknot yang Bakal Tampil di Hammersonic Malam Ini

Foto: Kerrang!

Salah satu daya tarik terbesar dan yang membuat unik Slipknot adalah topeng. Sejak debut, band ini selalu menyembunyikan wajah mereka di balik topeng. Bahkan, di atas panggung pun, mereka tetap memakai topeng itu selain kostum jumpsuit yang pas.

Ide memakai topeng ini sebenarnya tidak sengaja. Semuanya berasal dari topeng yang dipakai pemain perkusi mereka, Shawn Crahan yang akrab disapa Clown, saat gladi resik ketika band itu kali pertama dimulai. Konsep itu kemudian dikembangkan dan pada akhir 1997, band itu memutuskan kalau setiap anggota band harus memakai topeng unik dan jumpsuit yang matching.

Selama bertahun-tahun, band itu tidak pernah mengungkapkan wajah mereka sampai pada 2010. Setelah basis mereka, Paul Gray, tewas overdosis, anggota band itu tampil di sebuah konferensi pers dengan wajah tanpa topeng untuk kali pertama. Hingga saat ini, mereka masih memakai topeng saat tampil. Meski begitu, anggota band itu sekarang sering difoto tanpa topeng, kecuali Craig Jones yang lebih suka tetap berada dalam bayang-bayang.

“Itu adalah cara kami menjadi lebih intim dengan musik. Itulah cara kami menjadi tidak menyadari siapa kami dan apa yang kami lakukan di luar musik. Itu cara kami untuk merangkak di dalamnya dan bisa menggunakannya,” kata Corey pada 2002.

Setiap anggota Slipknot punya topeng berbeda, semuanya berubah dengan setiap album yang dirilis. Shawn selalu menjadi badut, meski kadang lebih mengerikan ketika terlihat dengan topeng Iowa-nya. Sid selalu tampil dengan masker gas yang berubah dari penampilan tengkorak di album ketiga. Chris selalu memakai topeng dengan hidung panjang dan Craig adalah pemakai topeng dengan spike panjang.

Topeng Mick selalu mirip dengan topeng hoki metalik dan Jim terus memakai topeng dengan nuansa joker. Topeng Joey bergaya Kabuki dan Paul awalnya punya topeng babi yang kemudian berubah menjadi nuansa Hannibal Lecter. Topeng Corey selalu berubah seiring berjalannya waktu.
(alv)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5052 seconds (0.1#10.140)