7 Fakta Slipknot yang Bakal Tampil di Hammersonic Malam Ini

Minggu, 19 Maret 2023 - 17:50 WIB
loading...
7 Fakta Slipknot yang Bakal Tampil di Hammersonic Malam Ini
Kehadiran Slipknot di panggung Hammersonic malam ini sudah ditunggu para Maggots yang tidak sabar menyaksikan penampilan gila mereka dan ber-headbanging ria. (Foto: Instagram/Slipknot)
A A A
Malam ini, Minggu (19/3), band heavy metal Slipknot akan menjadi headliner Hammersonic 2023. Kehadiran band asal Iowa, Amerika Serikat, ini sudah sangat dinantikan para Maggots—julukan penggemar Slipknot—di Tanah Air. Slipknot sebenarnya dijadwalkan tampil di Hammersonic pada 2020. Sayang, pandemi Covid-19 membatalkan acara itu dan juga penampilan Slipknot.

Tertunda selama 3 tahun, kerinduan para Maggots untuk menyaksikan langsung penampilan Corey Taylor dkk di depan mata akan terobati dalam beberapa jam ke depan. Panggung Hammersonic di Ancol akan jadi saksi aksi gila Slipknot dan bahagianya para Maggots berjumpa idolanya. Rasanya, sayang sekali kalau melewatkan kesempatan ini.

Slipknot adalah salah satu band paling berpengaruh di dunia musik. Lirik-lirik mereka kerap menyuarakan kondisi sosial dan juga emosi terdalam manusia. Tak heran kalau banyak orang yang merasa bisa relate dengan lagu-lagu band ini. Ada banyak fakta menarik dari Slipknot yang bisa diketahui penggemar barunya, terutama yang baru saja mendengar nama band ini. Apa saja? Berikut ulasannya!



7. Sejarah Slipknot

7 Fakta Slipknot yang Bakal Tampil di Hammersonic Malam Ini

Foto: The Des Moines Register

Slipknot punya sejarah panjang sebelum akhirnya punya nama. Band ini diawali sebagai band yang terdiri atas sejumlah musisi metal terkenal di kawasan Des Moines, Iowa, pada 1995. Pada awal berdirinya, namanya bukan Slipknot, tapi Meld. Mereka terdiri atas Andres Colsefni (vokal), Donnie Steel (gitar), Josh Brainard (gitar), Joey Jordison (drum), Shawn “Clown” Crahan (perkusi), dan Paul Gray (bass).

Mereka kemudian memutuskan mengganti nama band itu menjadi Slipknot, yang diambil dari judul lagu yang pernah mereka buat. Setelah itu, band ini menjalani sejumlah penambahan dan pergantian personel. Craig Jones (gitar, keyboard) dan Mick Thomson (gitar) bergabung dengan band itu pada 1996 setelah Donnie Steele hengkang. Sementara, Corey Taylor masuk pada 1997 menggantikan Andres sebagai voakalis. Sid Wilson (DJ) dan Chris Fehn (perkusi) bergabung pada 1998. Sementara, Jim Root melengkapi line up klasik ini pada 1999.

6. Album Slipknot

7 Fakta Slipknot yang Bakal Tampil di Hammersonic Malam Ini

Foto: Louder Sound

Sejauh ini, Slipknot telah menelurkan 7 album studio. Album debut mereka dirilis pada 1999, yaitu Slipknot. Sementara, album kedua mereka, Iowa, dirilis pada 2001. Album ketiga mereka, Vol. 3: (The Subliminal Verses), dirilis pada 2004. Ketiga album itu dianggap sebagai album terbaik yang pernah mereka buat.

Pada 2008, Slipknot merilis album keempat mereka, All Hope Is Gone. Sementara, album kelima mereka, .5: The Gray Chapter, yang dirilis pada 2014 terasa sangat emosional. Album itu dirilis setelah kematian Paul Gray pada 2010. Kematian basis itu sangat berpengaruh pada band tersebut sampai mereka tidak tahu lagi dengan masa depan Slipknot sampai album kelima itu dirilis.

Setelah vakum selama lima tahun, Slipknot kembali dengan album baru, We Are Not Your Kind pada 2019. Perpecahan mewarnai band itu dengan Chris Fehn menggugat band itu karena masalah bayaran. Sejak saat itu, status Chris tidak jelas dan dia telah digantikan pemain perkusi lain yang disebut fans sebagai Tortilla Man. Slipknot merilis album ketujuh mereka, The End, So Far, pada tahun lalu.

5. Lineup Terkini Slipknot

7 Fakta Slipknot yang Bakal Tampil di Hammersonic Malam Ini

Foto: Metal Shout

Pada awal-awal terbentuk, Slipknot memang sering gonta ganti personel. Tapi, setelah 1999, band itu berjalan dengan lineup solid sampai pada 2013. Saat itu, band itu mengatakan, kalau drummer mereka, Joey Jordison telah hengkang. Tapi, kabar itu dibantah Joey dan dia kaget dengan pernyataan Slipknot itu.

Pada Juni 2016, Joey mengatakan kalau dia menderita Transverse myelitis, penyakit saraf yang membuatnya tidak bisa lagi menggebuk drum di Slipknot. Joey kemudian digantikan seorang drummer yang diyakini penggemar sebagai Jay Weinberg. Pada 2021, Joey meninggal dalam usia 46 tahun.

Sebelumnya, band itu telah kehilangan basis mereka, Paul Gray, yang ditemukan tidak bernyawa di kamar hotelnya di Urbandale, Iowa, pada 24 Maret 2010. Kematiannya memberikan pengaruh besar terhadap Slipknot. Paul tewas akibat overdosis narkoba. Dia kemudian digantikan Alessandro Venturella.

Sementara, setelah ribut dengan Chris Fehn, Slipknot pun kehilangan satu anggotanya lagi. Saat ini, Slipknot masih berjalan dengan sembilan personel. Mereka adalah Shawn “Clown” Crahan (perkusi), Craig Jones (gitar, keyboard), Mick Thomson (gitar), Corey Taylor (vokal), Sid Wilson (DJ), Jim Root (gitar), Alessandro Venturella (basis), Jay Weinberg (drum), dan Michael Pfaff (perkusi).

4. Ogah Disebut Band Nu Metal

7 Fakta Slipknot yang Bakal Tampil di Hammersonic Malam Ini

Foto: Louder Sound

Album debut Slipknot diakui teripengaruh album Korn, Korn (1994), dan album Limp Bizkit, Three Dollar Bill, Y’all$ (1997). Tapi, band itu ogah disebut sebagai band nu metal, meski dua band yang mempengaruhi mereka itu adalah band genre tersebut dengan Korn disebut sebagai “embahnya” nu metal. Mereka memilih untuk menyebut diri mereka sebagai band dengan genre tersendiri.

“Saya rasa kami ini genre kami sendiri, jujur saja. Maksud saya, ada banyak genre berbeda, dan lalu ada Slipknot, karena ketika kalian mendengarkan kami, kalian segera tahu kalau itu kami,” ujar Corey Taylor, dalam sebuah wawancara dengan Exclaim.

Menurut Corey, wajar kalau orang melabeli mereka sebagai band nu metal. Ini karena mereka debut ketika Korn, Deftones, dan White Zombies sedang naik daun. Band-band ini memperkenalkan genre tersebut sebelum akhirnya bermunculan band-band serupa seperti Limp Bizkit dan Linkin Park.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2210 seconds (0.1#10.140)