7 Serial TV Menegangkan Ini Diangkat dari Kisah Nyata

Senin, 13 Maret 2023 - 23:40 WIB
loading...
7 Serial TV Menegangkan Ini Diangkat dari Kisah Nyata
Serial televisi yang diangkat dari kisah nyata memberikan gambaran yang detail dan dramatis kepada penonton atas sebuah peristiwa yang benar-benar terjadi. (Foto: Netflix)
A A A
Serial televisi yang diangkat dari kisah nyata memberikan gambaran yang detail dan dramatis kepada penonton atas sebuah peristiwa yang benar-benar terjadi. Berbeda dengan film, penonton diberi kesempatan untuk lebih mengeksplorasi dan memahami kisah yang diangkat dengan banyaknya episode yang diberikan. Film yang diangkat dari kisah nyata biasanya terbentur durasi atau waktu tayang.

Saat ini, sudah banyak serial yang diangkat dari kisah nyata ini. Mau itu benar-benar sesuai fakta, serial biasanya akan melakukan dramatisasi terhadap cerita itu untuk memberikan efek dramatis dan emosional terhadap penontonnya. Tapi, mereka tidak akan mengurangi atau melebih-lebihkan fakta yang sebenarnya.

Banyak serial seperti ini diangkat dari kisah nyata yang punya kaitan dekat dengan kehidupan sehari-hari penonton. Inilah yang membuat serial seperti ini terasa relatable. Belum lagi, serial ini bisa menjawab sejumlah pertanyaan yang muncul terhadap peristiwa tersebut di dunia nyata. Serial televisi dari kisah nyata apa saja yang asyik ditonton? Simak rekomendasinya berikut!



7. Mindhunter

7 Serial TV Menegangkan Ini Diangkat dari Kisah Nyata

Foto: Time

Season: 2
Pemain: Jonathan Groff, Holt McCallany, Hannah Gross, Cotter Smith, Anna Torv, Stacey Roca, dll
Tayang: Netflix

Mindhunter adalah serial semi biografi terbentuknya unit analisisi perilaku kejahatan di FBI. Serial ini diangkat dari buku true crime berjudul Mindhunter: Inside the FBI’s Elite Serial Crime Unit. Sementara nama-nama agen yang terlibat diubah, sejumlah pembunuh yang divonis dan diwawancarai para agen itu adalah orang dan cerita yang nyata.

Mindhunter berkisah tentang dua agen FBI, Holden Ford, dan Bill Tench, bersama psikolog bernama Wendy Carr. Mereka meluncurkan proyek riset untuk mewawancarai pembunuh berantai di penjara untuk memahami psikologi mereka dengan harapan bisa menerapkan pengetahuan ini untuk menguak kasus yang sedang terjadi. Serial ini menampilkan tokoh pembunuh berantai betulan dari Edmund Kemper, Montie Rissell, Jerry Brudos, Richard Speck, dan Dennis Rader di season 1. Wayne Williams, David Berkowitz alias Son of Sam, William Pierce Jr., Elmer Wayne, dan Charles Manson tampil di season 2.

6. Chernobyl

7 Serial TV Menegangkan Ini Diangkat dari Kisah Nyata

Foto: IndieWire

Season: 1 (Miniseri)
Pemeran: Jared Harris, Stellan Skarsgard, Paul Ritter, dll
Tempat Nonton: HBO Go

Dari judulnya, orang sudah bisa menebak kalau serial ini berkisah tentang kecelakaan reaktor nuklir kondang di Ukraina, Chernobyl. Serial ini memang mengisahkan secara nyata kecelakaan itu dan usaha pembersihan setelahnya. Serial ini dipuji kritikus atas penampilan para pemerannya, sinematografi, akurasi sejarah, atmosfir, penyutradaraan, skenario, dan lain-lain. Sementara serial ini dibuat dengan riset yang cermat, ada beberapa hal yang didramatisasi untuk keperluan menimbulkan dampak emosi terhadap penonton.

Chernobyl mendramatisasi cerita kecelakaan pembangkit tenaga nuklir di Ukraina itu pada April 1986. Serial ini mengisahkan orang-orang yang terlibat dalam bencana itu dan mereka yang meresponsnya. Serial ini menggambarkan sejumlah kisah yang kurang dikenal dari bencana itu, termasuk usaha pemadam kebakaran yang merupakan responder pertama di lokasi, sukarelawan, dan tim penambang yang menggali terowongan penting di bawah Reaktor 4.

5. The Dropout

7 Serial TV Menegangkan Ini Diangkat dari Kisah Nyata

Foto: IndieWire

Season: 1
Pemain: Amanda Bynes, Naveen Andrews, dll
Tayang: Disney+ Hotstar

The Dropout merupakan dramatisasi kisah nyata perusahaan bioteknologi Theranos dan pendirinya, Elizabeth Holmes, yang melakukan penipuan. Sebelum menjadi serial, kisah ini sudah tampil di podcast ABC Audio dengan judul yang sama. Banyak orang yang sering mempertanyakan seberapa nyata cerita di serial ini. Faktanya, serial ini diangkat dari laporan investigasi seorang wartawan Wall Street Journal.

The Dropout berkisah tentang kemunculan dan kejatuhan Elizabeth Holmes bersama perusahaannya, Theranos. Serial ini menyentuh pengalaman yang sepertinya memotivasi penipuan dan kebohongan Holmes, sejak dia masih ABG sampai terkuaknya dia sebagai penipu. Perbedaan terbesar antara serial dan kisah nyatanya adalah di serial, Theranos menolak bekerja sama dengan Walgreens dan Safeway. Sementara, faktanya, Theranos bermitra dengan dua perusahaan itu.

4. Dahmer — Monster: The Jeffrey Dahmer Story

7 Serial TV Menegangkan Ini Diangkat dari Kisah Nyata

Foto: The New York Times

Season: 1
Pemain: Evan Peters, Richard Jenkins, Molly Ringwald, Niecy Nash, dan Michael Learned
Tayang: Netflix

Dahmer — Monster: The Jeffrey Dahmer Story adalah season pertama dari serial antologi true crime Monster. Serial ini mengisahkan tentang pembunuh berantai Jeffrey Dahmer. Ketika dirilis pada 2022, serial ini langsung menjadi hit dengan banyak yang memuji akting Evan Peters sebagai pembunuh berantai tersebut. Tapi, serial ini juga mendapatkan kontroversi atas penggambarannya yang lumayan vulgar.

Serial ini berkisah tentang kehidupan Jeffrey Dahmer dan bagaimana dia menjadi salah satu pembunuh berantai paling terkenal di Amerika. Dahmer beraksi di kawasan Bath Township, Ohio, West Allis, Wisconsin, dan Milwaukee, Wisconsin, antara 1978—1991. Dia menyasar kaum gay dari kulit berwarna. Serial ini mendramatisasi sepak terjang Dahmer dari nyaris tertangkap sampai divonis dan tewas dibunuh. Serial ini juga mengeksplorasi ketidakkompetenan dan sikap apatis polisi yang berkontribusi terhadap kejahatan Dahmer.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3376 seconds (0.1#10.140)