Daftar Proyek Solo 7 Member BTS setelah Hiatus Grup

Kamis, 02 Maret 2023 - 10:58 WIB
loading...
Daftar Proyek Solo 7 Member BTS setelah Hiatus Grup
Tiap member BTS memiliki proyek solonya masing-masing selepas mengumumkan hiatus sebagai grup hingga 2025. Foto/Vogue Korea
A A A
JAKARTA - BTS mengumumkan rehat sebagai grup pada 14 Juni 2022, lewat video Festa 2022 yang dibuat untuk merayakan ulang tahun mereka yang ke-9.

Selain sudah bekerja tanpa henti selama sembilan tahun, termasuk berhasil menembus pasar musik terbesar di dunia, rehat tersebut mesti dilakukan karena BTS tengah bersiap menjalani wajib militer (wamil). Secara bergiliran, tiap member akan menjalani wamil hingga nanti berkumpul lagi sebagai grup pada 2025 seperti yang sudah dijanjikan.



Sambil menunggu giliran wamil, ketujuh member BTS pun disibukkan dengan aktivitas atau proyek solo mereka masing-masing. Alih-alih sepi konten seperti yang awalnya dikhawatirkan banyak ARMY, justru banyak karya yang muncul dari tiap member.

Berikut ini daftar kegiatan dan proyek solo yang dilakukan tiap member BTS sejak pengumuman hiatus grup.

RM

Daftar Proyek Solo 7 Member BTS setelah Hiatus Grup

Foto: BigHit Music

Leader
BTS bernama asli Kim Nam-joon ini memulai proyek solonya dengan berduet bersama grup multinasional Balming Tiger. Mereka merilis lagu hip hop psychedelicberjudul Sexy Nukim pada 1 September 2022.

Lalu pada 1 November, RM tampil dalam program Musician to Musician dari majalah Rolling Stone. Ia mewawancarai idolanya, Pharrel Williams, sebagai musisi dan seorang ayah.

Pada 2 Desember, RM resmi merilis album solo official-nya bertajuk Indigo, setelah sebelumnya merilis dua mixtape pada 2015 dan 2018. Album berisi 10 lagu ini menampilkan Wildflower sebagai lagu andalannya, berduet bersama Youjeen, vokalis perempuan dari grup indie rock Korea, Cherry Filler.

Indigo adalah album yang berisi catatan kehidupan RM sebagai pemuda berusia akhir 20-an tahun. Lirik-lirik lagunya seputar kekhawatiran dan misinya sebagai musisi, serta refleksi sebagai seorang manusia biasa.

Untuk mempromosikan Indigo, RM tampil dalam NPR Tiny Desk pada 2 Desember, menggelar konser terbatas untuk 200 orang di 'panggung suci' Rolling Hall di Seoul pada 5 Desember, juga menayangkan penampilan live-nya di Dia Beacon Museum di New York. Ia juga tampil satu kali dalam program talkshow favoritnya, PSICK SHOW di YouTube.

Yang juga menarik, RM tampil sebagai host dalam acara talkshow The Dictionary of Useless Human Knowledge yang tayang di tvN dan Viu. Ini adalah program bincang-bincang dengan tamu tetap para ahli dari berbagai bidang, mulai dari astronom, fisikawan, dokter forensik, hingga novelis. Mereka membicarakan tentang manusia sesuai dengan keahlian masing-masing.

Terakhir, RM untuk pertama kalinya hadir dalam fashion show Bottega Veneta dalam rangkaian Milan Fashion Week pada 25 Februari 2023. Selain itu, RM juga sempat memberi kode bahwa ia tengah mengerjakan album solo berikutnya sebelum menjalani wamil.

JIN

Daftar Proyek Solo 7 Member BTS setelah Hiatus Grup

Foto: BigHit Music

Kim Seok-jin menjadi member BTS pertama yang menjalani wamil. Ia masuk ke pusat pelatihan pada 13 Desember 2022 dengan diantar seluruh member BTS.

Jin dikenal sebagai idol yang senang bermain game dan menyukai dunia kuliner, jadi aktivitas solonya banyak terkait dua hal tersebut. Ini tentu saja di luar rilisan single-nya, The Astronaut pada 28 Oktober 2022.

The Astronaut adalah lagu pop rock yang diciptakannya bersama Coldplay. Lagu perpisahannya sebelum menjalani wamil ini begitu istimewa, sampai Jin rela terbang nyaris 40 jam pergi-pulang Seoul-Buenos Aires hanya untuk tampil beberapa menit saja membawakan lagu tersebut dalam konser stadium Coldplay di Argentina.

Tentu saja, penggemar kedua fandom menyambut antusias peristiwa ini, apalagi konsernya disiarkan juga di bioskop. ARMY bahkan meramaikan event ini dengan memopulerkan istilah ArJINtina, gabungan dari "Jin" dan "Argentina".

Untuk varietyshow dan talkshow, Jin tampil acara-acara komedi seperti Running Man, juga talkshow Nothing Much Prepared dari rapper Young-ji di YouTube. Ia juga tampil dalam talkshow Hal Myung Soo dari komedian Park Myung-soo.

Untuk kegemarannya bermain game, ia merilis dua episode Jin MapleStory Game Planner di YouTube BangtanTV. Ia muncul sebagai anak magang di perusahaan game favoritnya, Maple Story, dan melakukan presentasi menjadi game planner.

Sedangkan untuk acara kuliner, ia juga membuat acara Jin's Traditional Alcohol Journey sepanjang empat episode. Bersama sahabatnya chef Baek Jong-won, ia membuat miras tradisional Korea.

Menurut sang chef, Jin juga sudah membuat miras khusus yang nantinya akan ia minum selepas wamil bersama teman-temannya. Jin diprediksi akan selesai wamil pada 12 Juni 2024 atau satu hari sebelum BTS merayakan ulang tahun ke-11.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2154 seconds (0.1#10.140)