5 Anime Ini Menginspirasi Creed III, Ada yang Kamu Suka?

Rabu, 01 Maret 2023 - 21:21 WIB
loading...
5 Anime Ini Menginspirasi Creed III, Ada yang Kamu Suka?
Ada 5 anime yang diklaim Michael B Jordan menginspirasi Creed III. Anime-anime ini punya pesan yang sesuai tema film itu tentang perjuangan seorang underdog. (Foto: Vulture)
A A A
Creed III menjadi seri terbaru film seri Creed yang dibintangi Michael B Jordan. Hanya di film ini, Michael tidak hanya menjadi bintang utama, tapi juga menyutradarainya. Ini adalah debut Michael sebagai sutradara. Tak heran jika dia merasa tertantang.

Creed III berkisah tentang Aldonis Creed (Michael B Jordan) yang harus menghadapi masa lalunya ketika dia sudah pensiun dari ring tinju. Masa lalu itu adalah Damien “Dame” Anderson (Jonathan Majors), teman masa kecilnya. Namun, reuni itu tidak berjalan baik karena keduanya harus berhadapan satu sama lain di ring tinju.

Tema seperti ini memang menarik, meski bukan sesuatu yang istimewa. Banyak film atau serial yang juga mengangkat tema seperti ini. Hanya, Creed III menyelesaikan masalahnya di ring tinju dalam duel yang dramatis dan juga emosional. Michael melakukan yang terbaik untuk debut sutradaranya itu.

Michael menemukan cara untuk mengarahkan filmnya ini agar menjadi lebih menarik dan seru, yaitu dengan memasukkan pengaruh anime. Michael dikenal sebagai penyuka anime dan punya sejumlah serial favoritnya. Dalam wawancaranya dengan IGN, Michael mengungkapkan bagaimana anime favoritnya telah mempengaruhi hidup dan juga pekerjaannya.

“Anime adalah sesuatu yang merupakan kepingan besar masa kecil saya, kehidupan dewasa saya, dan kreativitas saya,” ujar Michael.

Michael dikenal sangat suka anime shounen pertarungan yang memang berorientasi pada pertarungan. Michael bahkan mengangkat karakternya sebagai Erik Killmonger di Black Panther dari Bezita. Sampai saat ini, karakter itu masih menjadi salah satu karakter penjahat terbaik di Marvel Cinematic Universe (MCU).

Saat berkolaborasi dengan Coach, dia membuat satu lini apparel yang diangkat dari kostum ikonik Naruto. Inspirasinya dari anime juga terlihat di banyak karyanya. Tak hanya dari shounen, dia juga terpengaruh genre mecha dan sejumlah anime mainstream. Jadi, anime apa yang dia klaim menginspirasinya dalam mengarahkan dan membintangi Creed 3? Simak ulasannya berikut!



1. Hajime no Ippo

5 Anime Ini Menginspirasi Creed III, Ada yang Kamu Suka?

Foto: Otaquest

Membahas dunia tinju di anime tentu tidak akan bisa tanpa menyebut serial yang satu ini. Hajime no Ippo adalah serial tinju yang sangat populer. Serial ini berfokus pada Ippo Makunouchi yang selalu menghadapi perundungan sampai dia diselamatkan seorang petinju bernama Mamoru Takamura. Setelah itu, Ippo dibawa ke Sasana Tinju Kamogawa.

Ternyata, Ippo punya pukulan yang sangat kuat. Mamoru kemudian melatih Ippo sehingga dia menjadi seorang petinju yang mahir. Perjuangan Ippo dalam membangun dirinya hingga meraih kemenangan punya tema yang sama seperti Creed. Tak heran kalau anime ini bepengaruh pada film tersebut.

Michael mengatakan, dia terinspirasi anime itu dalam membuat Creed III. Anime itu punya pesan yang sangat mendalam. “Dengan anime tinju seperti Hajime no Ippo, saya benar-benar suka dialog dalam diri atas apa yang terjadi di ring dari para karakter itu,” ujar Michael kepada Total Film. Hajime no Ippo bisa ditonton di Netflix.

2. Megalo Box

5 Anime Ini Menginspirasi Creed III, Ada yang Kamu Suka?

Foto: Anime Corner

Selain Hajime no Ippo, Megalo Box juga diklaim Michael mempengaruhi Creed 3. Anime ini punya tema yang mirip dengan film itu, yaitu tentang underdog yang mencapai kesuksesan benar-benar dari bawah. Serial ini bisa menginspirasi siapa saja yang menontonnya.

Megalo Box berlatar masa depan dystopian di mana olahraga megalo-boxing—tinju dengan peningkatan sibernetik, mendominasi budaya. Di tengah-tengah olahraga itu, seorang pahlawan yang disebut Gearless Joe muncul. Dia berusaha keluar dari masyarakat kelas bawah dengan menggunakan keterampilannya bertinju tanpa bantuan sibernetik. Megalo Box bisa ditonton di Netflix.

3. Naruto

5 Anime Ini Menginspirasi Creed III, Ada yang Kamu Suka?

Foto: Netflix

Naruto adalah anime favorit Michael. Tak heran kalau anime ini punya pengaruh besar dalam hidup dan juga karya-karyanya. Naruto berkisah tentang seorang bocah yang berjuang untuk mewujudkan cita-citanya menjadi Hokage atau kepala desa di Konoha. Dia diperkenalkan sebagai anak yang tidak berbakat dan bandel.

Namun, perundungan dan pengucilan yang diterimanya tidak membuat Naruto patah arang. Yang ada, dia terus berjuang untuk mewujudkan impiannya. Dia terus berlatih dan berlatih. Semangat Naruto untuk terus menggali potensi dan menjadi sosok yang lebih baik menginspirasi banyak penonton anime. Naruto bisa ditonton di Netflix, Bstation, dan iQIYI.

4. My Hero Academia

5 Anime Ini Menginspirasi Creed III, Ada yang Kamu Suka?

Foto: YouTube

Creed berfokus pada warisan dan orang-orang underdog yang mampu muncul sebagai pemenang. My Hero Academia punya tema yang sama. Jadi, kalau Michael mengklaim Creed 3 terinpirasi dari serial ini, itu masuk akal. Serial ini berfokus pada protagonis bernama Izuku Midoriya alias Deku.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3363 seconds (0.1#10.140)