10 Drama Korea Pendek Terbaik, Tak Lebih dari 10 Episode

Jum'at, 03 Februari 2023 - 11:14 WIB
loading...
10 Drama Korea Pendek Terbaik, Tak Lebih dari 10 Episode
Drama Korea Birthcare Center jadi salah satu serial pendek yang sangat layak ditonton. Foto/tvN
A A A
JAKARTA - Drama Korea pendek yang tak lebih dari 12 episode kini mulai jadi tren. Umumnya, serial Korea dibuat sepanjang 12-16 episode, bahkan ada yang lebih dari 50 hingga 100-an episode.

Drama Korea dengan episode pendek umumnya dibuat sebagai web series alias serial yang aslinya ditayangkan di platform streaming video (OTT), bukan serial yang tayang di stasiun televisi nasional atau berbayar. Dengan semakin menjamurnya platform streaming, tren drama episode pendek pun makin terlihat.

Berikut ini adalah 10 drama Korea terbaik dengan panjang tak lebih dari 10 episode. Drama-drama ini cocok untuk kamu yang tak punya banyak waktu luang untuk menonton.

1. D.P. (2021)

10 Drama Korea Pendek Terbaik, Tak Lebih dari 10 Episode

Foto: Netflix

Drama dari Netflix ini hanya terdiri dari 6 episode, dan masing-masing berdurasi sekitar 50 menit. Serialnya mendapatkan predikat drama terbaik dari dua penghargaan paling bergengsi di Korea, yaitu Baeksang Arts Awards dan Blue Dragon Series Awards.

D.P. bercerita tentang sebuah tim polisi militer Korea Selatan yang misinya menangkap para tentara yang kabur dari tugasnya. Ceritanya menggambarkan sisi gelap militer negara tersebut, terkait perisakan, 'hukum rimba' militer, dan wajib militer yang tidak diinginkan.

2. Move to Heaven (2021)

10 Drama Korea Pendek Terbaik, Tak Lebih dari 10 Episode

Foto: Netflix

Drama healing dari Netflix ini terdiri dari 10 episode, dengan durasi sekitar 50 menit per episode. Serial ini menjadi satu-satunya drama Korea dengan rating 9,2/10 dari pengguna MyDramaList.

Move to Heaven bercerita tentang pemuda autis yang menjalankan bisnis jasa membersihkan lokasi orang meninggal yang hidupnya jauh dari keluarga. Dengan sensitivitas yang dimilikinya, ia bisa mengetahui pesan terakhir mendiang, dan berusaha menyampaikannya kepada orang-orang yang paling dikasihi sang mendiang.

3. Weak Hero Class 1 (2022)

10 Drama Korea Pendek Terbaik, Tak Lebih dari 10 Episode

Foto: Wavve

Drama ini awalnya tayang terbatas di Wavve, tapi berhasil jadi hype di kalangan pencinta drama Korea, terutama genre laga thriller. Episodenya berjumlah 8 dengan tiap episode berdurasi sekitar 40 menit.

Weak Hero Class 1 adalah kisah murid SMA cerdas yang senang menyendiri dan tak punya teman. Ia kerap jadi obyek perundungan teman sekelasnya, tapi tak pernah melawan.

Sampai pada satu titik, ia memutuskan untuk membalas semua perlakuan tidak adil yang diterimanya dengan jurus berkelahi unik yang mengandalkan otak cerdasnya. Drama ini bisa ditonton di Viki.

Baca Juga: 7 Drama Korea tentang Benci Jadi Cinta Rating Tertinggi pada 2022 hingga Awal 2023

4. Hit The Spot/Fanta G-Spot (2022)

10 Drama Korea Pendek Terbaik, Tak Lebih dari 10 Episode

Foto: Viki

Drama ini juga hanya punya 8 episode dengan durasi per episodenya sekitar 30 menit. Ceritanya tentang dua perempuan yang membuat podcast tentang hubungan percintaan dan seksualitas.

Perempuan pertama adalah orang yang masih bingung tentang dirinya sendiri. Sedangkan yang satunya adalah pemasok buku yang jago soal sentuhan fisik, tapi sering gagal dalam hubungan romantis. Drama ini bisa ditonton di Viki.

5. Birthcare Center (2020)

10 Drama Korea Pendek Terbaik, Tak Lebih dari 10 Episode

Foto: tvN

Drama Korea ini juga hanya terdiri dari 8 episode, tapi durasi per episodenya sama dengan drama Korea konvensional yaitu sekitar 1 jam 5 menit. Serial yang hangat ini termasuk drama Korea underrated.

Birthcare Center bercerita tentang seorang perempuan yang mendapatkan perawatan pascapersalinan, baik secara fisik maupun mental. Dalam perawatan itu, ia malu karena dirinya jadi ibu yang paling tua, tapi merasa tidak mampu merawat bayinya. Drama ini bisa ditonton di Viu.

6. Live On (2020)

10 Drama Korea Pendek Terbaik, Tak Lebih dari 10 Episode

Foto: JTBC

Drama remaja komedi romantis ini berjumlah 8 episode dengan durasi rata-rata per episodenya selama 60 menit. Ceritanya berlatar di sekolahan tentang dua murid yang sifatnya bertolak belakang.

Seorang murid perempuan yang populer di media sosial merasa takut karena seseorang yang misterius mengetahui rahasia masa lalunya. Ia lantas meminta bantuan ketua klub penyiaran di sekolah, yang membuat keduanya terlibat hubungan rumit. Drama ini bisa ditonton di Vidio.

7. Extracurricular (2020)

10 Drama Korea Pendek Terbaik, Tak Lebih dari 10 Episode

Foto: Netflix

Masih dari drama Korea berlatar sekolahan, Extracurricular memiliki 10 episode dengan durasi masing-masing sekitar 50 menit. Ceritanya mengulik sisi kelam anak-anak sekolah.

Extracurricular menyorot seorang murid teladan yang menjalankan bisnis prostitusi demi mendapatkan uang untuk biaya kuliahnya. Ia dibantu tiga murid lainnya yang membuat mereka akhirnya terkena masalah. Serial laga thriller ini tayang di Netflix.

8. Strangers from Hell (2019)

10 Drama Korea Pendek Terbaik, Tak Lebih dari 10 Episode

Foto: OCN

Drama Korea thriller psikologi ini terdiri dari 10 episode dengan durasi masing-masing sekitar 60 menit. Ceritanya adalah hasil adaptasi webtoon berjudul sama.

Kisahnya adalah tentang seorang pemuda dari desa yang pindah ke Seoul usai mendapatkan tawaran pekerjaan. Namun karena kekurangan uang, akhirnya ia memilih untuk tinggal di asrama yang berisi para penghuni aneh dengan hal-hal menyeramkan sepanjang waktu. Drama ini bisa disaksikan di Netflix dan Viu.

9. Argon (2020)

10 Drama Korea Pendek Terbaik, Tak Lebih dari 10 Episode

Foto: tvN

Argon terdiri dari 8 episode dengan durasi masing-masing sekitar 60 menit. Kamu yang menyukai kisah berlatar dunia jurnalistik, bisa menontonnya di Viu.

Ceritanya tentang seorang pembawa berita yang terkenal ketat dalam menjalankan kerja jurnalistiknya. Namun ia tersandung masalah dan acaranya dipindah ke waktu tengah malam. Tak cuma itu, reporter senior mereka pun diganti dengan reporter baru.

Sang reporter baru lantas berusaha menunjukkan kemampuannya, dan tim program ini berusaha keras memberitakan kebenaran meski kerap dijegal perusahaan mereka sendiri.

Baca Juga: 5 Drama Korea dengan Karakter Emak-Emak Paling Menyebalkan

10. Juvenile Justice (2022)

10 Drama Korea Pendek Terbaik, Tak Lebih dari 10 Episode

Foto: Netflix

Drama 10 episode ini tidak diperpanjang ke season 2, tapi kamu tetap bisa menontonnya karena tiap episodenya menceritakan kasus yang berbeda-beda. Drama ini berdurasi sekitar 60 menit per episode.

Ceritanya tentang dua hakim peradilan anak yang menjalankan pekerjaan mereka seadil mungkin, tapi dengan cara yang berbeda. Hakim perempuan sangat ketat dan kadang terlihat keras, sementara hakim pria berusaha selalu lembut dan penuh empati pada para pelaku kriminal yang masih di bawah umur. Kamu bisa menonton drama hukum ini di Netflix.
(ita)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0895 seconds (0.1#10.140)