7 Film Indonesia Hasil Remake, Terbaru Bayi Ajaib

7 Film Indonesia Hasil Remake, Terbaru Bayi Ajaib
Film Indonesia hasil remake terbaru adalah film horor Bayi Ajaib yang kini sedang tayang. Foto/Falcon Pictures
JAKARTA - Sineas Indonesia beberapa kali melakukan remake atau pembuatan ulang film Indonesia legendaris yang dulu pernah sangat sukses.

Remake ini tetap memakai tema cerita yang sama dengan sumber aslinya. Namun detail permasalahannya disesuaikan dengan zamannya, yaitu dengan mengambil isu yang sedang jadi perhatian masyarakat luas.

Tak hanya film ke film, remake juga dilakukan dari serial atau sinetron ke film. Keuntungan dari remake ini tentu saja adalah masyarakat sudah punya ingatan atau familier dengan cerita aslinya, dan penggemarnya tentu cenderung tertarik untuk menyimak versi terbarunya.

Berikut ini tujuh film Indonesia yang merupakan hasil remake film dan sinetron Indonesia.


1. Gita Cita dari SMA (2023)

7 Film Indonesia Hasil Remake, Terbaru Bayi Ajaib

Foto: Starvision

Romansa anak SMA Galih (Rano Karno) dan Ratna (Yessi Gusman) dari tahun 1979 dibuat versi remake-nya dengan bintang Prilly Latuconsina dan Yesaya Abraham. Kisah cinta ini disebut akan dibuat lebih segar oleh sutradara Monti Tiwa.

Gita Cinta dari SMA versi remake akan tayang pada 9 Februari mendatang.

2. Bayi Ajaib (2023)

7 Film Indonesia Hasil Remake, Terbaru Bayi Ajaib

Foto: Falcon Pictures

Film horor dari tahun 1982 ini di-remake dengan atmosfer yang tak kalah seram dengan pendahulunya. Kosim (Vino G. Bastian) bersekutu dengan iblis demi kekayaan.

Hingga akhirnya istri Kosim melahirkan bayi ajaib yang menyeramkan. Film karya sutradara Tindra Rengat ini sudah tayang di bioskop sejak 19 Januari.

3. Losmen Bu Broto (2021)


7 Film Indonesia Hasil Remake, Terbaru Bayi Ajaib

Foto:Ideosource Entertainment

Film ini diadaptasi dari sinetron yang tayang di TVRI pada era 1980-an. Ceritanya masih tentang keluarga Pak Broto dan Bu Broto bersama ketiga anaknya dalam mengurus losmen di Kota Yogyakarta.

Para pemainnya ada Mathias Muchus, Maudy Koesnaedi, Maudy Ayunda, Baskara Mahendra, dan Putri Marino.

Baca Juga: 10 Film yang Dikira bakal Cuan Gede, eh, Malah Boncos!

4. Keluarga Cemara (2019)

7 Film Indonesia Hasil Remake, Terbaru Bayi Ajaib

Foto: Visinema Pictures

Masih dari sinetron, kali ini yang tayang di RCTI pada era 1990-an. Ceritanya tentang keluarga pengusaha di kota yang jatuh miskin, kemudian pindah ke desa.

Dari sinilah kehidupan mereka berubah, dengan ayah dan ibu yang tetap berusaha mendidik anak-anak perempuannya dengan baik. Filmnya dibintangi Ringgo Agus Rahman, Nirina Zubir, Adhisty Zara, dan Widuri Putri. Film ini juga sudah dibuat sekuelnya.

5. Ini Kisah Tiga Dara (2016)

7 Film Indonesia Hasil Remake, Terbaru Bayi Ajaib

Foto: Kalyana Shira Films

Ini Kisah Tiga Dara adalah film drama musikal karya sutradara Nia Dinata, yang merupakan remake dari film legendaris berjudul Tiga Dara yang tayang pada 1956. Versi aslinya diperankan oleh tiga aktris yang sangat populer pada masa itu, yaitu Chitra Dewi, Mieke Wijaya, dan Indriati Iskak.

Adapun versi remake-nya dibintangi Tara Basro, Shanty, dan Tatyana Akman. Tentu saja, versi terbaru ini masih menggunakan tema yang sama, yaitu tentang tiga bersaudara dalam menjalani hidup mereka sebagai perempuan yang kerap terkungkung norma. Meski begitu, latar dan permasalahannya menyesuaikan dengan isu terkini.

6. Pengabdi Setan (2017)

7 Film Indonesia Hasil Remake, Terbaru Bayi Ajaib

Foto: Rapi Films

Film horor ini adalah hasil remake dari film tahun 1980. Ceritanya tentang teror hantu kepada sebuah keluarga setelah ibu mereka yang sakit selama tiga tahun meninggal. Film ini dibintangi Tara Basro dan Bront Palarae.

Baca Juga: 10 Drama Korea yang Lagi Viral pada Januari 2023

7. Noktah Merah Perkawinan (2022)

7 Film Indonesia Hasil Remake, Terbaru Bayi Ajaib

Foto: Rapi Films

Film ini adalah hasil remake dari sinetron berjudul sama yang tayang pada 1996. Film dan serialnya masih mengangkat tema yang sama, yaitu tentang hubungan suami istri yang mengalami badai rumah tangga karena campur tangan orang tua dan adanya orang ketiga.

Meski begitu, tentu saja masalah-masalahnya diperbarui agar tetap sesuai dengan zamannya. Versi sinetron Noktah Merah Perkawinan dibintangi Ayu Azhari dan Cok Simbara. Sedangkan versi film diperankan oleh Marsha Timothy dan Oka Antara.

GenSINDO
Ayu Rachmahwati
UIN Walisongo Semarang


(ita)
Share: