6 Film yang Meraih USD2 Miliar di Box Office, Terbaru Avatar 2

6 Film yang Meraih USD2 Miliar di Box Office, Terbaru Avatar 2
Tidak mudah bagi film untuk meraup USD2 miliar di box office. Hingga saat ini baru 6 film yang masuk klub ini dengan salah satunya hampir meraup USD3 miliar. (Foto: CNN)
Avatar: The Way of Water baru saja menembus angka pendapatan USD2 juta (Rp29,9 triliun) di box office. Angka ini membuat sekuel Avatar itu menjadi penghuni baru daftar film yang mencapai pendapatan tersebut. Avatar 2 juga terbukti menjadi film paling laris setelah pandemi dengan menggulingkan rekor Spider-Man: No Way Home.

Avatar 2 mencapai angka tersebut tak kurang dari sebulan setelah dirilis di bioskop. Pendapatan itu mungkin akan kian bertambah karena film itu masih tayang di bioskop. Yang jelas, Avatar: The Way of Water kini menjadi salah satu anggota klub USD2 miliar baru di box office.

Hingga saat ini, baru 6 film yang mampu meraup USD2 miliar di box office. Menariknya, 3 dari 6 film tersebut disutradarai orang yang sama, yaitu James Cameron. Selain itu, 4 dari 6 film itu sama-sama dibintangi Zoe Saldana (Gamora di MCU dan Neytiri di Avatar). Fakta lainnya, keenam film itu adalah properti Disney. Apakah studio lain belum mampu menandingi kepiawaian Disney?

Entahlah, karena dari 10 besar penghuni film terlaris di dunia, hanya satu yang murni berasal dari luar Disney, yaitu Jurassic World dari Universal Studios. Sementara, Spider-Man: No Way Home dikerjakan Disney/Marvel dan Sony. Jadi film apa saja yang berhasil meraup USD2 miliar di box office sampai sekarang? Simak ulasannya berikut ini!

Baca Juga: 12 Film Ini Diprediksi Tidak Laku, tapi Malah Cuan Gede!

6. Avatar: The Way of Water — USD2,04 miliar

6 Film yang Meraih USD2 Miliar di Box Office, Terbaru Avatar 2

Foto: The Hollywood Reporter

Mengutip Reuters (23/1), Disney memperkirakan Avatar: The Way of Water telah mencapai USD2,04 miliar (Rp30,5 triliun). Namun, di BoxOfficeMojo, angkanya masih berada di USD2,02 miliar (Rp30,3 triliun). Angka itu sekaligus mengukuhkan Avatar: The Way of Water sebagai film terlaris 2022.

Avatar: The Way of Water adalah film yang paling diantisipasi pada 2022. Tapi, ketika dirilis, banyak yang memandang pesimistis karena review film ini tidak seperti yang diharapkan. Walau begitu, pelan tapi pasti, pendapatan Avatar 2 terus merangkak naik. Film itu pun melampaui pendapatan Top Gun: Maverick yang sempat bertahan sebagai film paling laris di 2022 sampai Avatar: The Way of Water dirilis.

5. Avengers: Infinity War — USD2,05 miliar

6 Film yang Meraih USD2 Miliar di Box Office, Terbaru Avatar 2

Foto: Wired

Avengers: Infinity War menjadi bagian pertama dari klimaks Infinity Saga di Marvel Cinematic Universe (MCU). Film ini menampilkan banyak karakter superhero yang telah diperkenalkan sejak Fase 1 pada 2008 hingga Fase 3. Film ini menjadi pembuka perang antara Avengers dan pasukan Thanos.

Cerita Infinity War mendalam dan emosional. Duo Russo memberikan satu tontonan yang tidak hanya memperlihatkan aksi tapi juga kedalaman hubungan antara para karakter mereka. Yang menarik, film ini berakhir dengan kemenangan penjahatnya.

4. Star Wars: The Force Awakens — USD2,07 miliar

6 Film yang Meraih USD2 Miliar di Box Office, Terbaru Avatar 2

Foto: Slant Magazine

Star Wars: The Force Awakens adalah film pertama yang diumumkan untuk dibuat setelah Disney mengakuisisi Lucas Film pada 2012. Meski awalnya disambut skeptis, film ini malah laris di pasaran dan mendapatkan sambutan positif dari para pengulas film serta audiens. Saat ini, The Force Awakens meraup USD2,07 miliar di box office.

Star Wars: The Force Awakens mencatatkan sejarah sebagai salah satu film yang meraup USD1 miliar tercepat dengan mendapatkannya dalam waktu 12 hari. The Force Awakens juga menjadi film pertama dari trilogi Star Wars yang dibuat di Disney. Dari ketiga film ini, semuanya telah meraup lebih dari USD1 miliar di box office.

3. Titanic — USD2,1 miliar

6 Film yang Meraih USD2 Miliar di Box Office, Terbaru Avatar 2

Foto: Deadline

Ketika direncanakan, Titanic disambut pesimistis oleh banyak pihak. Dengan dana yang terus membengkak, orang pun kian skeptis dengan hasilnya nanti. Terlebih, orang sudah tahu cerita Titanic. Kapal itu akan tenggelam pada akhirnya. Tapi, semua pandangan itu luntur ketika film buatan James Cameron akhirnya dirilis.

Titanic akhirnya menjadi film terlaris di sepanjang sejarah. Film ini bahkan tidak lengser dari puncak daftar itu sejak 1997—2009 ketika Avatar dirilis. Ironisnya, rekor Titanic ditumbangkan oleh film lain yang juga dibesut James Cameron. Saat ini, Titanic mengukuhkan angka USD2,1 miliar di box office. Angka ini bisa bertambah ketika Titanic dirilis lagi pada Februari mendatang.

2. Avengers: Endgame — USD2,79 miliar

6 Film yang Meraih USD2 Miliar di Box Office, Terbaru Avatar 2

Foto: The Indian Express

Avengers: Endgame dianggap sebagai puncak dari perjalanan 10 tahun Marvel Cinematic Universe (MCU). Klimaks dari Infinity Saga yang membentang sepanjang tiga fase dari 2008—2019 itu benar-benar dinantikan penggemar dan membuat penasaran. Pertarungan antara pasukan Thanos melawan hampir semua karakter jagoan di MCU sangatlah spektakuler.

Endgame meraup USD2,79 miliar. Film ini menjadi film terlaris kedua sepanjang masa. Sebelumnya, film itu sempat menjungkalkan Avatar dari posisinya sebagai film terlaris sepanjang masa. Tapi, pemutaran ulang Avatar di bioskop membuat film itu kembali berjaya. Meski begitu, Endgame adalah film superhero terlaris sepanjang masa.

Baca Juga: 10 Film yang Dikira bakal Cuan Gede, eh, Malah Boncos!

1. Avatar — USD2,9 miliar

6 Film yang Meraih USD2 Miliar di Box Office, Terbaru Avatar 2

Foto: Vulture

Setelah hampir 14 tahun, belum ada film lain di dunia ini yang berhasil melengserkan takhta Avatar (2009) sebagai film paling laris di dunia. Saat ini, film itu sudah meraup sekitar USD2,9 miliar. Avatar sepertinya dalam perjalanan menuju USD3 miliar dan akan menjadi film pertama yang mencapainya.

Avatar memperkenalkan dunia pada keindahan planet Pandora dan suku Na’Vi beserta budayanya. Banyak yang awalnya skeptis dengan film besutan James Cameron ini. Selain karena biayanya yang sangat tinggi, aktor utamanya juga tidak terkenal. Tapi, James menjawab keraguan itu dengan menjadikan Avatar sebagai film paling laris sepanjang masa.


(alv)
Share: