10 Lagu Opening Anime yang Dinyanyikan Idol K-Pop

Minggu, 09 Januari 2022 - 22:06 WIB
Lagu opening anime yang dinyanyikan idol K-Pop belum terlalu banyak. Namun, perpaduan keduanya menjadi sebuah kekuatan tersendiri bagi anime dan idol tersebut. (Foto: Quora)
Lagu opening anime yang dinyanyikan idol K-Pop belum terlalu banyak. Namun, perpaduan keduanya menjadi sebuah kekuatan tersendiri bagi anime dan idol tersebut. Apalagi, anime dan K-Pop dianggap sebagai ekspor entertainment terbesar dari negara asal mereka.

Kombinasi antara kekuatan keduanya bisa menjadi sesuatu yang tidak bisa ditolak penggemarnya. Baik anime dan Hallyu kini telah meluas ke Asia dan hingga ke Barat. Dengan fenomena ini, maka banyak penyanyi Korea yang sudah mulai berkontribusi terhadap soundtrack anime.

Memilih artis populer untuk menyanyikan lagu tema opening anime, terutama yang paling penting dan ikonik, adalah jalan pintar bagi genre K-Pop untuk tetap masuk pasar musik terbesar di dunia. Dari artis legendaris sampai pendatang baru, artis Korea terus meninggalkan jejak mereka di dunia anime dengan irama yang catchy. Jadi opening anime apa saja yang pernah dibawakan idol K-Pop? Mengutip CBR, berikut ulasannya!





10. Breaking Dawn (Kim Jaejoong) — Noblesse



Aslinya adalah webtoon Korea, Noblesse mengisahkan tentang Raizel, bangsawan berumur panjang yang harus beradaptasi dengan dunia modern setelah lama tidur. Setelah sejumlah OVA pada 2015—2016, adaptasi utuh anime yang terdiri atas 13 episode tayang pada akhir 2020. Mantan anggota TVXQ, Kim Jaejoong, didapuk untuk membawakan Breaking Dawn, lagu opening untuk serial tersebut. Jaejoong dikenal atas kontribusinya terhadap soundtrack untuk drama dan film Korea serta Jepang. Dia juga beberapa kali ikut akting. Saat ini, dia adalah solois dan anggota JYJ, grup yang dia bentuk bersama dua mantan anggota lain TVXQ, yaitu Junsu dan Yoochun.

9. Top (Stray Kids) — Tower of God



Tower of God mengisahkan tentang Baam ke-25, yang satu-satunya temannya, Rachel, menghilang setelah masuk Menara misterius, yang ada di tempat mereka tinggal selama bertahun-tahun. Demi menemukannya, Baam masuk Menara itu dan memulai petualangannya sendiri. Adaptasi anime dari webtoon ini sudah mulai tayang pada 2020. Lagu opening serial ini, Top, dibawakan Stray Kids. Dengan 9 EP dan satu album studio, grup dengan 8 anggota ini membuat gelombang sebagai salah satu grup kondang dari generasi keempat K-Pop. Lagu mereka, Back Door, menjadi satu-satunya lagu Korea di daftar 10 Lagu Terbaik 2020 versi majalah Time.

8. Change (J-Min) — Hanasakeru Seishounen



Pada 2009, lagu Change milik solois J-Min dipakai sebagai lagu opening adaptasi anime Hanasakeru Seishounen. Serial itu mengisahkan tentang Kajika Burnsworth, putri seorang pengusaha kaya yang menyuruhnya memilih suami dari tiga calon yang sudah dipilihnya. J-Min debut di Jepang pada 2007 sebelum merilis lagu di Korea beberapa tahun kemudian. Suara J-Min bisa dikenali dari sejumlah soundtrack drama Korea, termasuk Stand Up untuk To the Beautiful You.

7. Hakanaku Tsuyoku (Younha) — Kiba



Younha bukan nama baru bagi pasar musik Jepang. Dia debut di Jepang sebelum mencoba peruntungannya di negara asalnya, Korea. Dia mendapatkan perhatian mainstream ketika single-nya, Houkiboshi, dipakai untuk soundtrack Bleach. Lagunya pada 2008, Hanaku Tsuyoku, dipakai sebagai opening kedua Kiba, yang menandai perilisan terakhirnya di Jepang sebelum dia debut di Korea. Bergenre isekai, Kiba mengisahkan tentang Zed yang masuk dimensi baru bernama Templar, di mana pengguna sihir bernama Shard Casters saling bertempur satu sama lain. Anime ini berisi 51 episode yang dibagi menjadi dua season.

6. Brand New Days (Apink) — Rilu Rilu Fairilu



Dibuat sebagai usaha patungan antara Sanrio dan Sega, Rilu Rilu Fairilu adalah anime fantasi tentang berbagai peri bernama Fairilus dan petualangan mereka di dunia manusia. Anime tiga season ini diciptakan setahun setelah franchise itu dibuat sebagai cara untuk mempromosikan merchandise Rilu Rilu Fairilu. Lagu Brand New Days milik Apink dipakai sebagai opening season pertama serial ini. Grup yang terdiri atas 6 gadis ini dikenal atas musik pop bubblegum dan synth-pop. Billboard menahbiskan lagu mereka, I’m So Sick sebagai salah satu lagu terbaik K-Pop pada 2018.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More