Ini Total Biaya Bikin Kostum Spider-Man, Seharga Rumah Mewah Lho!

Senin, 27 September 2021 - 01:38 WIB
Mempunyai kostum Spider-Man sendiri yang mirip dengan yang di film tentu menjadi sebuah kebanggaan. Tapi, untuk membuatnya, dibutuhkan biaya yang tidak sedikit. (Foto: SuperHeroHype)
Spider-Man tidak bisa dilepaskan dari kostumnya. Apalagi, sejak dia bergabung di Marvel Cinematic Universe (MCU). Dari total 5 kali penampilannya di franchise ini, dia sudah punya banyak kostum. Bahkan, di satu film, dia bisa punya 2-3 kostum sekaligus.

Namun, pernahkah kalian mengira-ira, berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk membuat satu kostum Spider-Man? Harap dicatat, sebagian besar kostum Spider-Man adalah buatan Tony Stark. Karenanya, mungkin biaya tak jadi soal. Tony pun dikenal suka membuat kostum Iron Man terbaru.

Nah, jika kalian mau bikin kostum dengan bahan dan teknologi yang mirip aslinya, maka rajin-rajinlah menengok uang tabungan kalian. Sebelum membuatnya, ada baiknya kenali dulu bahan-bahannya. Seperti apa bahan dan total biaya untuk membuat satu kostum Spider-Man yang berfungsi dan mirip aslinya? Berikut ulasan dari Fandom!



1. Bahan pembuatnya





Kostum super Spider-Man itu harus sekuat permata, tapi juga harus fleksibel dan ringan. Ini agar kalian bisa dengan enak bergelantungan dari gedung satu ke gedung lain, yang sulit dilakukan kalau mengenakan kostum bersenjata. Material paling cocok untuk kostum ini adalah grafena.

Grafena adalah bahan terkuat yang dikenal manusia sampai saat ini. Grafena adalah susunnan kompresi ketat atom karbon yang kira-kira satu juta kali lebih tipis ketimbang satu lembar kertas. Dua lapisan grafena yang ditumpuk akan membentuk material bernama diamen, bahan ini bisa menghentikan terjangan peluru.



Grafena bukanlah 100% bahan yang bisa dipakai di kulit. Jadi, bahan ini perlu ditempelkan dengan bahan tarik tinggi lain yang lebih fleksibel. Misalnya, Dyneema, campuran serat plastik berperfoma tinggi yang biasa digunakan untuk layar kapal. Bahan ini lebih ringan dari air.

Berita bagusnya, Dyneema hanya akan membuat kalian merogoh kocek sekitar USD20 (Rp285.000) per meter persegi. Tapi, grafena punya harga hingga USD500.000 (Rp7,1 miliar) per 10 kg. Kalian akan butuh sekitar 25 kg grafena untuk membuat kostum itu. Atau, 50 kg kalau kalian ingin kekuatan diamena. Jadi, kalian setidaknya butuh USD2,5 juta (Rp35,7 miliar) untuk membuat kostum ini.

2. Jaring laba-laba



Opsi terbaik untuk benda ini adalah sutra alami laba-laba, yang merupakan zat biologis terkuat di bumi. Sayangnya, dibutuhkan uang yang sangat banyak untuk membeli banyak sutra alami laba-laba. Kecuali, kalian mau membuat pabrik sutra alami laba-laba, yang terdengar seperti mimpi buruk.

Kalau tidak mau repot, bisa menghubungi perusahaan teknologi asal Jerman, AMSilk. Perusahaan ini adalah di antara yang pertama yang memproduksi massal sutra laba-laba untuk kebutuhan komersial. Perusahaan ini sepertinya bisa secara teoritis memproduksi laba-laba radioaktif.

Asumsikan saja, satu ton sutra alami laba-laba ini dibanderol USD5 juta (Rp71,4 miliar). Dengan uang itu, kalian bisa punya jaring laba-laba yang bisa ditembakkan dari pergelangan tangan kalian. Tapi, ingat, setiap tembakan jaring ini berharga USD10.000 (Rp143 juta).

3. AI komputer termutakhir



Kostum Spider-Man ada yang sudah dilengkapi dengan AI canggih yang bisa diajak ngobrol dan membuat komen sarkastik, seperti yang terlihat di Spider-Man: Homecoming. AI di film itu dinamai Karen oleh Peter. Tentu saja, kehadiran AI semacam ini membuat kostum jadi lebih keren.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. SINDOnews.com tidak terlibat dalam materi konten ini.
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More