10 Leader Idol Group K-Pop Terbaik 2021, Bias Kamu Masuk?

Minggu, 26 September 2021 - 16:58 WIB
5. Jay B — GOT7



Lim Jae Beom alias Jay B dari GOT7 sudah terbukti menjadi leader inspiratif sepanjang masa. Dia seorang pemimpin sejati bahkan setelah grupnya tidak lagi aktif. Pada Januari 2021, GOT7 bersama-sama meninggalkan perusahaan yang selama ini menaungi mereka. Tapi, mereka masih bersama sebagai sebuah grup. Alasan di balik itu adalah tidak lain selain leader mereka, Jay B. setelah meninggalkan agensi mereka, semua personel bekerja dengan jadwal individu, sementara Jay B punya rencana lain. Terungkap kalau sementara para personel lainnya mempersiapkan karya solonya, Jay B bekerja untuk GOT7. Jay B telah mempelajari aspek bisnis yang dibutuhkan GOT7 untuk merilis karya baru, termasuk distribusi, formalitas hukum, transfer hak cipta, dan lain-lain. Dia melakukannya sebagai leader GOT7 jadi mereka bisa merilis musik. Ahgase dan para personel GOT7 sungguh bersyukur atas keberadaan Jay B sebagai pemimpin mereka. Dia lebih memikirkan grup ketimbang dirinya sendiri. Ketika masih bersama sebagai grup, Jay B selalu meredam kecemasan dan tekanan yang dirasakan para personel GOT7 selama hari-hari sulit mereka.

4. Bang Chan — Stray Kids



Christopher Bang atau yang lebih dikenal sebagai Bang Chan ini dikenal sebagai seorang pemimpin yang mendorong. Menjadi trainee dalam waktu lama dan debut lebih lambat ketimbang rekan seangkatannya, Bang Chan telah menjalani jalanan terjal dan berliku di awal kehidupannya. Tapi, dia tidak membiarkan hal tersebut mengecilkan hatinya. Sebagai pemimpin Stray Kids, Bang Chan mengarahkan dan memotivasi anggota grupnya. Dia tidak pernah kehilangan kesempatan untuk mengekspresikan rasa bersyukurnya karena mencintai dan mengagumi Stray Kids. Sebagai seorang leader, Bang Chang mengurusi semua urusan grupnya, apakah itu penulisan, mengomposisi, mengaransemen atau merekam lagu. Dia secara rutin berhubungan dengan STAY. Dia membarui kabar kepada para penggemar mengenai jadwal, acara dan bahkan mengungkapkan apresiasinya. Bang Chan bahkan siap mengorbankan diri demi kesejahteraan Stray Kids. Dia bahkan menjadi sak tinju dan mengatasi semua komentar negatif terhadap dirinya sehingga tidak ada anggota lain yang sakit hati. Sebagai jiwa yang lemah lembut, Bang Chan tidak segan menunjukkan jiwa kepemimpinannya ketika diperlukan.

3. Solar — Mamamoo



Kim Yong Sun alias Solar dikenal dengan kepribadiannya yang ceria tapi dengan penampilan tegas. Solar, leader Mamamoo, menunjukkan kepemimpinan yang luar biasa. Dia adalah salah satu leader girl group inspiratif yang mendobrak semua prasangka, stereotipe dan kritik untuk bangkit dan melindungi grupnya. Apakah itu pertanyaan menyakitkan dari media, stereotipe standar Korea atau ketakutan menjadi leader untuk kali pertama, Solar telah menyelesaikan semuanya. Dia pun dengan bangga memimpin Mamamoo melewati semua komentar yang kontroversi, mengganggu dan penuh kebencian menuju masa depan yang sukses dan cerah. Solar tidak pernah segan mendobrak citranya demi Mamamoo. Sebagai leader, dia akan menjadi sosok yang ceria, lucu, pembuat mood, empatik, dan peduli. Bahkan untuk MooMoo, Solar telah membangun sebuah platform untuk menciptakan kesadaran atas berbagai masalah seperti merawat lingkungan di National Polar Bear Day. Sampai sekarang, Mamamoo dikritik atas berbagai alasan, mau itu penampilan mereka, gaya berbusana, atau sikap mereka. Solar selalu mengatasi tiap penghalang itu dengan tenang. Di saat yang sama, dia melindungi anggota grupnya.

2. Suho — EXO



Kim Jun Myeon alias Suho dikenal sebagai leader EXO yang berhati lembut dan sopan, tapi mendemonstrasikan kepemimpinan yang luar biasa. Dia meperlihatkan keseimbangan sempurna antara sikap tegas dan lembut. Dari hari-harinya sebagai trainee sampai sekarang, Suho telah mengawasi anggota EXO seperti seorang kakak. Tapi, di saat yang sama, sebaggai seorang leader, Suho memandu grupnya, selalu mendorong mereka untuk berpartisipasi dalam public speaking dan pidato. Suho tidak pernah gagal mengekspresikan perasaan bersyukurnya untuk anggota EXO, penggemar dan bahkan rekan sesama artisnya. Dalam berbagai show dan upacara penghargaan, Suho dengan sempurna mewakili EXO. Tidak ada yang bisa membantah kecuali jatuh hati pada sosoknya yang sopan dan lembut. Sebagai pemimpin EXO, dia selalu siaga melindungi anggota grupnya. Ada sejumlah insiden yang membuktikan kalau Suho adalah pemimpin terbaik yang pernah dipunyai EXO. Suho tahu bagaimana cara menjadi seorang pemimpin. Dia harus kuat tidak hanya untuk EXO, tapi juga untuk dirinya sendiri.



1. RM — BTS



Otakukart memberikan posisi puncak daftar leader idol group K-Pop terbaik untuk RM dari BTS. Bernama asli Kim Nam Joon, RM dinilai telah menjadi leader terbaik yang selalu diinginkan grup mana pun. Penilaian ini tidak hanya datang dari persepektif anggota BTS, tapi juga dari ARMY dan publik. Sebagai seorang pemimpin, RM punya kontribusi besar. Dia selalu memimpin dan mendukung anggota grup untuk mengungkapkan pikiran mereka. Sebagai juru bicara hebat BTS, RM selalu menyampaikan pesan yang positif dan mendorong. Dia tidak pernah tidak menyebutkan nama anggota grupnya di dalam pidatonya, yang menunjukkan betapa baiknya kepemimpinannya. RM juga dikenal atas intelektualitas dan kesukaannya pada seni dan lingkungan. Sebagai rapper, penulis lagu dan produser rekaman, RM berkontribusi pada kesukesan BTS. Bahkan, selama hari-hari mereka sebagai trainee, RM tetap menjaga kebersamaan semua orang dan tidak pernah terpikat oleh skema pembubaran grup. Itulah ketika dia membuktikan kekuatan dan kasih sayangnya kepada anggota grupnya. Hampir setiap ARMY pun tahu kalau RM mengubah semua komentar negatif dan penuh kebencian menjadi pesan yang positif dan mendorong bagi anggota BTS. Dia menyimpan semua negativitas itu untuk dirinya sendiri. Melalui masa-masa sulit, RM adalah salah satu alasan kesuksesan dan kekompakan BTS.
(alv)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Video Rekomendasi
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. SINDOnews.com tidak terlibat dalam materi konten ini.
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More