10 Leader Idol Group K-Pop Terbaik 2021, Bias Kamu Masuk?

Minggu, 26 September 2021 - 16:58 WIB
Banyak idol group K-Pop yang mereguk kesuksesan tidak hanya karena promosi agensinya. Keberadaan seorang leader yang mumpuni pun punya andil yang cukup besar. (Foto: Kombo)
Para pemimpin atau leader idol group K-Pop telah menjadi topik panas sejak kemunculan Hallyu Wave. Kesukesan dan pertumbuhan grup-grup ini bergantung pada bagaimana para leader ini menginstruksi dan mengatur grupnya. Masing-masing leader ini punya tantangan berbeda saat memimpin grupnya.

Terkadang, tugasnya jadi lebih sulit kalau grupnya punya banyuak anggota. Tapi, memimpin grup dengan anggota yang lebih sedikit pun juga menantang ketika para anggotanya punya kepribadian berbeda. Leader sejati yang memimpin dan memahami mereka adalah yang dibutuhkan semua grup K-Pop. Meski begitu, tiap grup K-Pop punya seorang leader yang sudah sempurna bagi mereka.

Baru-baru ini, Otakukart membuat daftar para leader idol group K-Pop 2021 versi mereka. Daftar ini memang tidak memasukkan semua pemimpin idol group K-Pop, tapi berisi para leader yang memang dianggap layak mendapatkan pengakuan atas upaya mereka. Jadi, kalau leader grup idola kamu nggak masuk, nggak perlu baper ya! Siapa saja mereka? Nah, berikut ulasannya!



10. Onew — SHINee





Leader SHINee bernama asli Lee Jin Ki ini adalah sosok penyayang dan lembut. Di bawah kepemimpinan Onew, SHINee tumbuh sebagai idol group tanpa kontroversi atau rumor tak sedap. Di SHINee, Onew dianggap sebagai hyung-nya personel lain, sehingga mereka pun nyaman untuk terbuka saat membahas masalah mereka kepada Onew. Dia mendemonstrasikan kepemimpinan di mana dia membiarkan personel lain memberikan masukan dan opini, bukan sekadar menyuruh mereka ini itu. Dia tidak pernah menganggap dirinya superior, tapi sejajar dengan personel lainnya. SHINee sudah menjalani masa yang sangat buruk ketika mereka kehilangan salah satu anggota mereka beberapa tahun lalu. Bangkit dari masa berkabung dan memotivasi serta memimpin personel lain, Onew melakukannya dengan sangat baik. Dia juga melewati waktu yang buruk, tapi tidak pernah membiarkannya membayangi pertumbuhan SHINee. Onew juga dikenal menyayangi dan peduli pada penggemar mereka, Shawols, dan selalu menghargai cinta dan dukungan mereka untuk SHINee.

9. Jinjin — ASTRO



Park Jin Woo alias Jinjin adalah sosok yang kalem dan leader yang baik untuk ASTRO. Sejumlah orang mungkin tidak setuju dengan dia menjadi leader idol group ini. Tapi, dia memang layak. Jinjin adalah salah satu leader yang membiarkan anggotanya menyelesaikan masalah mereka sendiri. Ini mungkin terlihat positif, tapi, dia paham kalau sebagai seorang individu itu juga sepenting menjadi bagian dari tim. Meski dia membiarkan personel ASTRO menyelesaikan masalahnya sendiri, dia tetap mendampingi dan memandu mereka kalau diminta. Itulah salah satu kualitas terbaik yang dipunyai seorang pemimpin sejati. Dia mungkin terlihat dekat, tapi dia adalah tipe yang lebih pada menganalisis situasi dan kemudian bertindak sesuai kondisi. Para penggemar mereka, AHORA, mengapresiasi kepemimpinan Jinjin yang selalu mempedulikan masing-masing anggotanya dan secara diam-diam mengarahkan mereka. Jinjin adalah tipe pemimpin diam yang mendorong dan mendukung grupnya dari samping dan membiarkan anggotanya bersinar di depan para penggemar.

8. Leeteuk — Super Junior



Siapa yang bisa melupakan sosok ini? Park Jung Soo alias Leetuk menjadi pemimpin Super Junior dengan 13 anggota di saat usianya masih muda. Tapi, dia menerima tantangan itu dan masih terus berjalan hingga nyaris selama 15 tahun terakhir. Leetuk adalah pemimpin grup dengan banyak anggota yang punya kepribadian berbeda-beda. Dia telah melewati banyak masa sulit selama mengatur grup ini. Tapi, dia tidak pernah sekalipun kehilangan senyuman ketika bekerja untuk Super Junior. Leetuk dikenal baik dan lembut, tapi leader yang tegas. Dia adalah kombinasi sempurna seorang pemimpin. Selama masa sulit Super Junior, Leeteuk berdiri seperti pilar yang kuat, mendukung tiap anggota dan membawa grup itu ke arah kesukesan. Tiap ELF pasti tahu kalau Leeteuk adalah salah satu alasan mengapa Super Junior bisa berjalan begitu jauh. Bahkan, di antara jadwalnya yang sibuk, Leeteuk akan menasihati dan mengawasi semua personelnya sepanjang waktu.

7. S.Coups — Seventeen



Leader Seventeen, Choi Seungcheol alias S.Coups, dikenal karena selalu mendorong anggota grupnya dan sosok leader yang kalem meskipun nakal. Mengatur grup beranggotakan 13 orang dengan kepribadian berbeda-beda tentu bukanlah pekerjaan yang mudah. Tapi, S.Coups melakukan pekerjaan yang baik dalam menangani anak-anak buahnya ini. Tak jarang, dia dianggap sebagai sosok ayah di Seventeen. Selama berbagai show, acara dan fan meeting, S.Coups senantiasa mendorng para anggotanya untuk berinisiatif dan berbicara, untuk lebih ekspresif. Dia tidak pernah memotong pidato anggotanya. Dia juga dengan tenang mendengarkan kekhawatiran dan masalah mereka. Personel lainnya memujinya atas dukungannya untuk grup itu kapan pun mereka membutuhkan mereka. Banyak CARAT yang mengapresiasi kepempimpinan S.Coups. Dia memandu Seventeen dan membiarkan tiap personelnya bersinar di panggung. Hal yang sama juga terjadi kepada para penggemar. S.Coups mengapresiasi CARAT, yang mencintai dan mengagumi Seventeen.

6. Jihyo — TWICE



Jihyo atau yang bernama asli Park Ji Soo dianggap lebih seperti pemimpin afiliasi. Meskipun menjadi trainee dalam waktu yang sangat lama dan menjalani banyak kesulitan, leader TWICE ini selalu lembut dan manis saat memimpin grupnya. Fakta menariknya adalah para personel TWICE sendirilah yang memilih Jihyo sebagai leader mereka. Mereka semua memuji Jihyo karena menjadi leader yang handal dan terpercaya yang memang mereka butuhkan. Seperti seekor mama beruang yang manis, Jihyo mengarahkan dan mengawasi anggota grupnya. Dia mengurusi semua rutinitas anggotanya, membantu mereka kapan pun dibutuhkan. Sebagai leader dan vokalis utama, Jihyo telah menulis banyak lagu yang membawa kesuksesan dan pertumbuhan TWICE. Dia juga berbicara atas nama anggota, dengan bangga merepresentasikan grupnya. Cintanya untuk ONCE juga tidak kurang. Jihyo senang tetap terhubung dengan ONCE. Dia membiarkan mereka tahu kalau dia dan personel TWICE selalu bersyukur atas cinta dan dukungan mereka.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. SINDOnews.com tidak terlibat dalam materi konten ini.
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More