6 Hal yang Harus Dipertimbangkan sebelum Putuskan Menikah Muda

Sabtu, 11 September 2021 - 12:01 WIB
Menikah muda bukanlah hal yang dianjurkan oleh para ahli mengingat kematangan mental dan fisik yang belum terbentuk sempurna. Foto/Brook Cagle, Unsplash
JAKARTA - Menikah adalah gerbang menuju fase baru dalam kehidupan seseorang, tidak untuk sementara, tapi untuk seumur hidup. Banyak hal yang harus dipersiapkan oleh kedua belah pihak sebelum akhirnya memutuskan untuk menikah, apalagi dalam usia muda.

Dosen Psikologi Universitas Pendidikan Indonesia M. Ariez Musthofa memberikan beberapa hal yang harus dipertimbangkan dengan sangat matang sebelum memutuskan untuk menikah muda .

1. MENTAL



Foto:Amanda Sixsmith/Unsplash



Dibutuhkan kesadaran bahwa menikah merupakan perjalanan panjang seumur hidup, yang membutuhkan persiapan dan kesiapan serta edukasi mengenai kehidupan berkeluarga.

2. FISIK



Foto:Aedrian/Unsplash

Menikah dalam usia muda perlu mempertimbangkan kemampuan fungsi fisik calon pengantin. Ini karena mereka masih dalam masa pertumbuhan, maka akan rentan terdampak risiko-risiko yang tidak diinginkan, oleh karena itu penting membuat perencanaan seperti program memiliki anak. Penting pula untuk melakukan tes kesehatan sebelum menikah bagi kedua pihak.

Baca Juga: Kisah Nikah Dini paling Menggemparkan Dunia

3. FINANSIAL





Foto:Michael Longmire/Unsplash

Masing-masing pasangan dituntut melek finansial karena setelah menikah sebagian besar kebutuhan ditanggung berdua saja. Meski kemampuan finansial penting, masing-masing pasangan harus tetap memahami bahwa menikah harus bisa mencapai kesejahteraan psikologi, karena tanpa pondasi itu kemapanan finansial tidak menjamin kebahagiaan dalam kehidupan rumah tangga.

4. AGAMA ATAU SPIRITUAL



Foto: Zac Durant/Unsplash
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. SINDOnews.com tidak terlibat dalam materi konten ini.
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More