Mnet Kena Kontroversi Lagi, 'Girls Planet 999' Dituding Mendompleng TWICE

Senin, 09 Agustus 2021 - 11:00 WIB
Ajang pencarian bakat Girls Planet 999 yang ditayangkan Mnet kembali menuai kontroversi meski baru tayang satu episode. Foto/Mnet
SEOUL - Program pencarian bakat "Girls Planet 999" yang ditayangkan Mnet lagi-lagi menuai kontroversi, padahal acara ini baru tayang satu episode.

Pada episode perdana yang tayang pada 6 Agustus lalu, acara ini dikritik penonton karena terus-menerus membandingkan penampilan fisik para kontestan dengan dua member TWICE , yaitu Tzuyu dan Momo.

Mengutip Kbizoom , Tzuyu dibandingkan dengan kontestan bernama Choi Hye-ri, sementara Momo dengan Dolly Zhang. Padahal, penonton menganggap Dolly Zhang tidak mirip sama sekali dengan Momo. Sementara Hye-ri hanya mirip sedikit dengan Tzuyu.



(Kiri ke kanan) Dolly Zhang dan Momo TWICE. Foto/Mnet via Kbizoom





(Kiri ke kanan) Choi Hye-ri dan Tzuyu TWICE. Foto: Mnet via Kbizoom



Gara-gara hal ini, penonton pun menuduh Mnet mencoba mendongkrak popularitas para kontestan dengan mendompleng kepopuleran TWICE yang makin meningkat tahun ini. Seperti diberitakan sebelumnya, TWICE sukses besar dengan minialbum mereka "Taste of Love" yang dirilis 11 Juni lalu.

Baca Juga: 6 Kontroversi yang Pernah Menimpa Ajang Musik MAMA

Album ini membuat TWICE duduk di peringkat pertama Billboard Top Album Sales. Sementara data dari perusahaan konsultan musik dunia Reel's Corporation, TWICE duduk di posisi ketiga grup K-pop terlaris dan terpopuler di Amerika Serikat untuk tahun ini, setelah BTS dan BLACKPINK.

Sebelum kontroversi ini, "Girls Planet 999" juga diserang penonton karena berusaha mendongkrak kepopuleran acara ini dengan menampilkan teaser yang memperlihatkan Yujin CLC terlihat kesakitan dengan luka memar di kakinya. Sementara peserta bernama Fu Yaning digambarkan terlihat membenci Yujin.



Foto: Cube Entertainment

Penonton pun langsung mengira bahwa keduanya menjadi korban evil editing (penyuntingan jahat). Istilah ini dipakai untuk kondisi dalam reality show saat peserta digambarkan seolah-olah jahat atau tidak simpatik di mata penonton. Cara ini umumnya dipakai untuk menaikkan rating acara tersebut.

Baca Juga: 6 Kata dan Istilah Unik yang Lahir dari Pencinta Drama Korea

Mnet sudah kerap kali dikritik karena penyelenggaraan acara kompetisi yang dianggap tidak profesional atau tidak adil, dari mulai Mnet Asian Music Awards (MAMA) hingga yang terakhir, Kingdom.

Program "Girls Planet 999" dibuat dengan tujuan melahirkan girl group baru beranggotakan sembilan orang, yang terdiri dari para trainee dan idol dari Korea Selatan, Jepang, dan China.

Acara dibuka dengan mengumpulkan 99 kontestan, yang dibagi ke dalam tiga grup, yaitu K-Group, C-Group, dan J-Group.
(ita)
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. SINDOnews.com tidak terlibat dalam materi konten ini.
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More