6 Kontroversi yang Pernah Menimpa Ajang Musik MAMA

Rabu, 09 Desember 2020 - 15:00 WIB
loading...
6 Kontroversi yang Pernah Menimpa Ajang Musik MAMA
Ajang Mnet Asian Music Awards sudah berlangsung sejak lama, tapi tetap sering menuai kontroversi. Foto/Mnet
A A A
SEOUL - Mnet Asian Music Awards (MAMA) sudah diselenggarakan sejak 1999, tapi penyelenggaraannya dalam beberapa tahun terakhir selalu menimbulkan kontroversi.

MAMA adalah program penghargaan musik yang digelar tahunan oleh salah satu perusahaan hiburan Korea Selatan terbesar, CJ E&M.

Stasiun televisi berbayar Mnet dipilih untuk menayangkan program yang punya ambisi untuk menjadi Grammy-nya Korea ini. Sejak 2010, MAMA juga beberapa kali digelar di luar Korea.

Meski termasuk perhelatan akbar berusia tua, tetap saja Mnet sebagai penyelenggara acara sering menerima protes dari para fandom idol K-pop, agensi, termasuk dari grup idol.

Nah, berikut ini beberapa kontroversi yang menimpa MAMA dalam beberapa tahun terakhir.

1. KEANEHAN SISTEM VOTING

6 Kontroversi yang Pernah Menimpa Ajang Musik MAMA

Foto: Mnet

Banyak penonton yang mempertanyakan seolah-olah nilai voting tidak berpengaruh sama sekali pada pemilihan pemenang. Misalnya saat MAMA 2017 kala Pristin dipilih menjadi pendatang baru perempuan terbaik, padahal mengutip Allkpop, suara Chungha unggul dengan 26,6 suara dibanding Pristin yang cuma 19,8 suara. Dari komponen lainnya, Chungha juga lebih unggul.

Seventeen saat itu juga berhasil meraih piala untuk penampilan dance pria terbaik, padahal BTS dan EXO punya jumlah voting mencapai 30 juta lebih, sementara suara untuk Seventeen cuma 2,2 juta.

Selain itu, mengutip kbizoom.com, kurasi keabsahan suara voting juga bermasalah, karena meski pemilih sudah menunjukkan bahwa akun mereka asli dan bukan hasil rekayasa, tapi suara mereka tetap tidak dihitung alias dihapus.

Penghapusan suara yang masuk ini berakibat sangat fatal buat artis yang dipilih, karena peringkatnya bisa melorot drastis.

2. TUDINGAN BAGI-BAGI PIALA

6 Kontroversi yang Pernah Menimpa Ajang Musik MAMA

Foto: Mnet

Banyaknya penyanyi dan grup yang ada memunculkan tuduhan bahwa MAMA mencoba membagi rata hadiahnya kepada sebanyak mungkin nomine. Misalnya pada MAMA 2015, saat penyanyi pria terbaik jatuh kepada Park Jin-young, padahal nilai voting dan pencapaiannya masih kalah dari Jung Yong-hwa dan Kyuhyun.

Bahkan setahun sebelumnya, G-Dragon (GD) sudah menyindir MAMA langsung saat "King of K-pop" itu tampil di atas panggung MAMA 2014.

"It’s been a year, MAMA. Because you set such a large table/awards (sang), You hand it out generously so your children don’t fight.” ("Sudah setahun berlalu, MAMA. Karena kamu punya banyak piala, kamu membagi-bagikan secara merata supaya mereka tidak berkelahi.")

Bukan cuma itu saja, GD bahkan mengunggah lirik tersebut ke akun Instagram-nya, yang membuat banyak orang makin yakin bahwa MAMA tak objektif dalam menentukan pemenang.

Pada MAMA 2014, banyak yang marah saat Sistar meraih predikat grup perempuan terbaik, padahal ada SNSD dan 2NE1 yang saat itu baru comeback.



3. TIDAK PROFESIONAL DALAM MENANGANI ARTIS PENAMPIL
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1653 seconds (0.1#10.140)