4 Artis Korea yang Jadi Korban KDRT, Terbaru Yulhee LABOUM

Sabtu, 26 Oktober 2024 - 08:02 WIB
Yulhee mantan member LABOUM mengalami pelecehan dari musisi Choi Min-hwan FT Island saat keduanya masih berstatus suami istri. Foto/Instagram @yul._.hee
JAKARTA - Kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) adalah masalah serius yang dapat menimpa siapa saja, tanpa memandang status sosial atau popularitas, termasuk yang melibatkan para artis atau selebritas Korea .

Korea Selatan jadi salah satu negara yang kerap dianggap masih memegang kuat nilai patriarki. Novel laris Kim Ji-young, Born 1982 karya Cho Nam-joo yang diadaptasi menjadi film dinilai cukup akurat dalam menggambarkan kondisi patriarki tersebut dalam keseharian masyarakat Korea Selatan.

Perempuan masih dianggap warga negara kelas dua, hingga bahkan banyak kasus pelecehan dan kekerasan seksual tidak berujung pada penindakan hukum yang tegas dan kuat pada pelaku pria. Ini tak terkecuali terjadi para selebritas atau artis dari Korea Selatan. Berikut ini ulasannya.





Artis Korea yang Pernah Menjadi Korban KDRT



1. Yulhee (Mantan Member Girl Group LABOUM)





Foto: via Allkpop

Yulhee baru-baru ini mengungkapkan bahwa ia kerap mendapatkan pelecehan dari suaminya kala itu, Choi Min-hwan, yang merupakan drummer band FT Island. Keduanya menikah pada 2018, tapi bercerai pada Desember 2023.

Dalam kanal YouTube-nya, Yulhee mengunggah video berdurasi 37 menit pada 24 Oktober 2024 yang berisi klaimnya atas perilaku buruk Min-hwan. Ia bahkan menyertakan bukti percakapan Min-hwan yang pergi diam-diam ke tempat hiburan malam yang memiliki layanan perempuan.

Menurut Yulhee, Minhwan melakukan kekerasan emosional dan finansial, bahkan sebelum dirinya mengetahui bahwa pria itu sering pergi ke tempat yang menyediakan layanan perempuan. Salah satu bentuk kekerasan emosional dan pelecehan yang dilakukan Min-hwan adalah dengan menyelipkan uang ke dada Yulhee.

Setelah bercerai, Yulhee mengungkapkan bahwa ia menderita depresi dan sempat merasa tidak lagi memiliki harga diri. Kasus ini menimbulkan banyak simpati pada Yulhee, sementara Minhwan menghadapi kecaman dari masyarakat.

Kasus ini berbuntut pada rencana polisi untuk memeriksa Min-hwan atas tuduhan pelanggaran Undang-Undang 21 tentang Antiprostitusi di Korea Selatan. Hukuman atas pelanggaran UU ini bisa mencapai 1 tahun penjara serta denda 3 juta won.

2. Lee Min-young (Aktris)





Foto: Naver

Lee Min-young adalah aktris kelahiran 6 Februari 1976 yang sering menjadi pemeran pendukung dalam berbagai drama Korea, di antaranyaPerfect Marriage Revenge dan The Law Cafe. Ia menjadi korban KDRT secara tragis usai melakukan pernikahan.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More