Perbedaan Drakor, Dracin, Dorama, dan TW-Drama, Penonton Drama Asia Mesti Tahu!

Rabu, 13 September 2023 - 12:00 WIB
Hold My Hand at Twilight. Foto: TBS

Penggambaran karakter tokoh dan teknik penceritaan dari drama Jepang memiliki keunikan dibanding drama lainnya. Dorama biasanya mengambil dua jalur penceritaan, yaitu antara menampilkan karakter yang benar-benar terlihat seperti keseharian orang pada umumnya, atau kisah fantasi dengan karakter yang punya kekuatan khusus.

Dorama cenderung memiliki musim yang lebih pendek sehingga plot ceritanya juga sederhana dibanding drakor dan dracin. Adapun genrenya biasanya adalah thriller, slice of life, atau cerita yang diadaptasi dari manga.

Dorama umumnya memiliki jumlah episode 10-12 buah dengan penayangan satu episode per minggu. Adapun pola produksinya dilakukan dengan live shoot.



4. Taiwan Drama (TW-Drama)



Just You. Foto: SET TV

Drama Taiwan memiliki banyak kemiripan dengan drama Korea, yaitu sering membawakan genre romantis. Bedanya drama Taiwan lebih banyak fokus mengangkat hubungan keluarga atau persahabatan dibanding hubungan percintaan. Drama Taiwan juga umumnya lebih memiliki karakter yang ceria.

Jenis produksi yang diterapkan drama Taiwan sama dengan drama Asia pada umumnya yaitu live shoot. Dalam setiap drama Taiwan biasanya memiliki jumlah 13 - 25 episode dengan jadwal tayang 2 episode per minggu. Rata-rata durasi dalam setiap episodenya adalah 90 menit.

MG/Theresa Grace Nadia
(ita)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Video Rekomendasi
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. SINDOnews.com tidak terlibat dalam materi konten ini.
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More