CERMIN: Gojek, Uber, dan Anak-Anak Muda Pengubah Dunia

Rabu, 19 April 2023 - 14:00 WIB
Sepanjang delapan episode, tak ada satu pun momen yang bisa membuat saya menyukai Travis dan bersedih ketika akhirnya Uber direnggut darinya.

Namun Super Pumped: The Battle of Ubermasih bisa kita nikmati sebagai tontonan asyik melihat bagaimana sebuah visi diperjuangkan, bagaimana sebuah inovasi akan berbenturan dengan regulasi, dan bagaimana akhirnya seseorang bisa maju dan juga hancur bersamanya.



Foto: HBO Go

Setiap hari adalah pertarungan dan tak ada cara lain untuk melawan selain untuk menang. Mungkin kita susah bersimpati dengan Travis tapi kita bisa memujikan kegigihannya memperjuangkan mimpinya.

Berapa banyak dari kita yang bermimpi melakukan sesuatu untuk orang banyak? Sebagian dari kita mungkin sudah tak punya kemewahan itu. Hidup hanya diisi dengan bekerja untuk membayar segala macam tagihan, mengurus rumah tangga dan anak-anak.

Tak ada kemewahan untuk bermimpi untuk mengubah masa depan. Untungnya Amerika punya Travis Kalanick dan Indonesia punya Nadiem Makarim.



Setelahnya diam-diam kita bermimpi mendapatkan ide untuk mengubah dunia. Tapi bisakah atau maukah kita memompa diri kita melewati batas yang biasanya kita tempuh?

Diam-diam saya mengingat lagi sebuah kalimat dari Jeff Bezos yang lama tertinggal di kepala saya. “You are going to be misunderstood. And that's okay. People not comprehending your vision is a sign that nobody has gone where you're going. It's also a sign of insanity..."

SUPER PUMPED: THE BATTLE OF UBER

Produser: Brian Koppelman, David Levien

Sutradara: John Dahl, Zetna Fuentes, Daniel Gray Longino, Allen Coulter

Penulis Skenario: Brian Koppelman, David Levien, Sarah Acosta, Safia M Dirie, Emily Hornsby, Beth Schachter, Stephen Schiff

Pemain: Joseph Gordon-Levitt, Kyle Chandler, Annie Chang

Ichwan Persada

Sutradara/produser/penulis skenario, pernah menjadi dosen di Universitas Padjajaran dan SAE Institute, bisa dikontak via Instagram @ichwanpersada
(ita)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Video Rekomendasi
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. SINDOnews.com tidak terlibat dalam materi konten ini.
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More