Yuk, Kenali Ciri Toxic Relationship dan Penyelesaiannya

Rabu, 16 Oktober 2019 - 20:08 WIB
Yuk, Kenali Ciri Toxic Relationship dan Penyelesaiannya
Yuk, Kenali Ciri Toxic Relationship dan Penyelesaiannya
A A A
Toxic Relationship atau hubungan yang tidak sehat adalah kondisi ketika salah satu dari pasangan punya kekuatan dan kendali dalam hubungan.

Kondisi di sini dapat dicontohkan seperti, pasangan kamu memanipulasi pikiran, tindakan, dan keinginan kamu supaya sesuai dengan keinginan mereka.

Selain itu, mereka juga membentuk karakter kamu menjadi seseorang yang berbeda agar bisa meladeni keinginan pasanganmu.

Gak semua orang menyadari kalau hubungan yang mereka jalani gak sehat, bahkan “membahayakan”. Padahal kalo diabaikan dan terus lanjut, bisa mengganggu kesejahteraan fisik dan mental secara perlahan-lahan.

Psikolog klinis muda Inez Kristanti menyebut, ada beberapa ciri-ciri hubungan yang tidak sehat. Nah, apa aja, simak berikut ini.

1. MERAGUKAN DIRI SENDIRI

Yuk, Kenali Ciri Toxic Relationship dan Penyelesaiannya

Foto: freepik.com

Kondisi ini terjadi ketika terjadi suatu masalah yang tidak benar malah bisa dikatakan sudah mendekati hal yang buruk, kamu tetap bertahan dan menganggap masalah itu tak sebesar yang kamu kira. Kamu merasa semua masalah yang terjadi di hubungan itu adalah salahmu. Ciri ini juga ditandai dengan kamu gak mau menceritakan keresahanmu kepada orang terdekatmu. Kamu tidak siap mendengar tanggapan negatif tentang hubungan tidak sehat yang sedang kamu jalani.

2. GASLIGHTING

Yuk, Kenali Ciri Toxic Relationship dan Penyelesaiannya

Foto: bustle.com

Foto: themuse.com

Gaslighting adalah bentuk kekerasan mental ketika salah satu dari pasangan memanipulasi atau memutarbalikkan fakta. Contohnya di dalam hubungan, kamu mengatakan ke pasanganmu bahwa dia itu terlalu egois, hanya memikirkan dirinya sendiri.

Orang yang gaslighting biasanya akan kembali menuduh seolah – olah kamu yang egois, kamu yang gak pengertian, dan kamu yang mudah baperan. Tapi, gak semua pelaku gaslighting menyadari perilakunya ini.

3. ISOLASI SOSIAL

Yuk, Kenali Ciri Toxic Relationship dan Penyelesaiannya

Foto: psychalive.org

Isolasi sosial ini bisa terjadi dalam hubungan apapun, baik dalam keluarga, teman, atau pasangan. Ada dalam hubungan yang gak sehat bisa bikin seseorang terisolasi dari lingkungan sosial bahkan dari keluarga sendiri. Ini karena pacar kamu membatasi kamu bergaul dengan teman-teman kamu.

4. KAMU GAK BISA JADI DIRI SENDIRI

Yuk, Kenali Ciri Toxic Relationship dan Penyelesaiannya

Foto: 123rf.com

Kalau pasanganmu berusaha mengubah diri kamu menjadi orang lain, kamu patut mencurigai hal itu. Hal ini tentu berbeda, jika pasanganmu memiliki orientasi untuk maju bersama serta memberikan dukungan dan motivasi untuk berubah ke arah yang lebih baik.

Contohnya, berat badan kamu naik dan dia protes, lalu menyarankan supaya kamu olahraga. Nah, kamu mesti cek, dia ingin berat badan kamu turun karena gak mau punya pacar gemuk atau karena peduli dengan kesehatan kamu. Kalo misalnya kamu sengaja naikin berat badan tapi dia tetap memaksa supaya kamu menurunkan berat badan, kamu juga perlu mempertanyakan motivasi pacarmu itu.

Lalu gimana bisa keluar dari hubungan gak sehat ini?

Pertama, pastinya kamu harus tahu dulu bahwa kamu memang sedang berada dalam hubungan gak sehat. Kedua, cari teman untuk diajak diskusi atau curhat.

Yuk, Kenali Ciri Toxic Relationship dan Penyelesaiannya

Foto: freepix.com

Tapi ingat, jangan curhat ke orang yang juga punya hubungan gak sehat karena dia bisa aja menganggap bahwa yang kamu alami adalah hal yang wajar.

Ketiga, kalo solusi pertama dan kedua dirasa belum cukup, kamu bisa langsung berkonsultasi dengan profesional.

Memang awalnya akan sulit mengubah pola hubungan yang toxic menjadi sebuah hubungan yang sehat. Tapi lebih baik yang mana, membangun rumah baru di medan asing atau tetap tinggal di rumah lama dengan risiko bisa mati setiap saat?

Renna Yavin
Kontributor GenSINDO
Politeknik Negeri Jakarta
Instagram: @rennapins
(her)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1625 seconds (0.1#10.140)