Deretan Makhluk Halus dari Mitologi Korea yang Menginspirasi Kisah Drama

Jum'at, 10 Juli 2020 - 12:13 WIB
loading...
A A A
Dikutip dari Soompi, gumiho adalah bagian dari cerita rakyat Korea yang ada sejak periode tiga kerajaan. Mahkluk ini adalah seekor rubah berumur 1.000 tahun yang punya kemampuan untuk berubah menjadi apa pun.

Kebanyakan dari mereka biasanya cenderung akan memilih untuk menjadi perempuan cantik. Melalui paras cantiknya inilah mereka menggoda laki-laki supaya bisa mendapatkan hatinya untuk disantap. Kisahnya ini cukup mirip dengan apa yang kita kenal dengan sebutan siluman.

4. CHEONYEO GWISHIN (HANTU PERAWAN)

Deretan Makhluk Halus dari Mitologi Korea yang Menginspirasi Kisah Drama

Foto: tvN

Meski terdengar menakutkan, mitos Korea tentang mahkluk supernatural yang satu ini justru berhasil menginspirasi dan hadir secara ringan dan kocak dalam drama berjudul "Oh My Ghost". Selain itu, hantu perawan juga pernah muncul di beberapa scene "Hi Bye Mama".

Nah, jadi di Korea, gweshin atau hantu dikenal dalam beberapa kategori. Salah satunya yang paling terkenal ialah hantu perawan atau cheonyeo gwishin.

Alasan mereka jadi arwah penasaran disebut karena mereka meninggal sebelum sempat memenuhi tugas-tugas mereka dalam ajaran konfusian untuk mengurus suami.

Silmi Safriyantini
Kontributor GenSINDO
UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Instagram: @silmisafr
(it)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1851 seconds (0.1#10.140)