Selain Jinni NMIXX, Ini 7 Idol K-Pop yang Keluar dari Grup sebelum Setahun Debut

Selain Jinni NMIXX, Ini 7 Idol K-Pop yang Keluar dari Grup sebelum Setahun Debut
Jinni NMIXX dan sejumlah idol K-pop lain keluar dari grupnya meski belum setahun debut. Foto/JYP Entertainment
JAKARTA - Berita Jinni NMIXX yang keluar dari grup meski baru sembilan bulan debut membuat pencinta musik K-pop kaget. Pasalnya, pengumuman mundurnya Jinni ini dianggap mendadak.

Lewat pernyataan resmi JYP Entertainment pada Jumat (9/12), Jinni resmi keluar dari NMIXX dengan alasan pribadi yang tidak diungkapkan secara detail. Sebelumnya, tidak ada berita apa pun tentang Jinni yang mengindikasikan bahwa ia punya masalah, apalagi skandal.

Mundurnya idol K-pop berusia 18 tahun ini dirasa sangat menyedihkan buat NSWER, nama fandom NMIXX. Pasalnya, sebelum debut pada 22 Februari 2022, Jinni telah menjadi trainee di JYP Entertainment selama enam tahun.

Jinni sudah menjadi trainee sejak usianya 12 tahun. Ia tak hanya jago menyanyi dan nge-rap, tapi juga menari.

Meski berita keluarnya Jinni dari NMIXX mengejutkan, tapi ini bukan pertama kalinya seorang idol K-pop keluar dari grup sebelum usia grup tersebut mencapai satu tahun. Bahkan, jumlahnya lebih banyak dari yang bisa dibayangkan.

Berikut ini delapan idol K-pop yang keluar dari grupnya meski baru saja debut, dengan alasannya.

1. HyunA Wonder Girls

Selain Jinni NMIXX, Ini 7 Idol K-Pop yang Keluar dari Grup sebelum Setahun Debut

Foto: JYP Entertainment

Sebelum menjadi solois seperti sekarang, mantan kekasih Dawn ini pernah bergabung dalam dua grup, yaitu Wonder Girls dan 4Minute. Sejarah HyunA dalam dua grup ini semuanya berakhir 'tragis'.

Awalnya, HyunA debut bersama Wonder Girls pada Februari 2007 di bawah JYP Entertainment. Namun baru lima bulan debut, HyunA memutuskan keluar secara resmi.

Alasan HyunA memutuskan mundur dari Wonder Girls adalah karena ia mengidap penyakit gastritis kronis, yaitu peradangan di dinding lambung yang terjadi dalam waktu lama dan tidak diobati. Akibat penyakit ini, HyunA tak bisa melakukan promosinya dengan baik.

Dua tahun kemudian atau pada 2009, HyunA debut bersama 4Minute di bawah Cube Entertainment. Namun pada 2018, ia dipecat karena berpacaran dengan Dawn yang juga satu agensi dengannya.

Setelah itu, HyunA memutuskan menjadi solois hingga kini di bawah payung agensi milik PSY, P Nation. Meski begitu, beredar kabar bahwa HyunA akan pindah ke agensi milik Jay Park, MORE VISION. Agensi tersebut membenarkan pertemuan mereka dengan HyunA, tapi belum ada keputusan resmi dari kedua pihak.

2. Kim Garam LE SSERAFIM

Selain Jinni NMIXX, Ini 7 Idol K-Pop yang Keluar dari Grup sebelum Setahun Debut

Foto: Source Music

Berita K-pop terheboh pada tahun 2022 bisa jadi adalah tentang tuduhan aksi perisakan yang dilakukan Kim Garam dari LE SSER AFIM. Bahkan sebelum grupnya debut, Garam sudah mendapat tuduhan bermacam-macam terkait reputasinya di sekolah.

Tuduhan tersebut sudah muncul saat Garam diperkenalkan ke publik oleh Source Music, label di bawah perusahaan HYBE, pada awal April 2022. Meski reputasinya dipermasalahkan, Garam tetap bisa debut bersama LE SSERAFIM pada 2 Mei 2022.

Namun gencarnya berita perisakan yang dituduhkan kepada Garam membuat Source Music akhirnya memutuskan agar Garam hiatus. Namun pada 10 Juli 2022 atau hanya dua bulan setelah debut, Garam akhirnya resmi diputus kontraknya sebagai anggota LE SSERAFIM dan artis Source Music.

Setelah itu, Garam sempat membela diri, tapi lantas menghilang. Namun belum lama ini, beredar sebuah foto Garam, yang membuat spekulasi bahwa dirinya akan kembali ke dunia hiburan menjadi merebak.

3. Somin April
halaman ke-1
Share: