#SpotifyCorrupt Trending di Twitter setelah #spotifywrapped, Ini Penyebabnya

#SpotifyCorrupt Trending di Twitter setelah #spotifywrapped, Ini Penyebabnya
Spotify dipertanyakan kredibilitasnya oleh para penggemar BTS setelah melakukan perubahan mendadak terhadap daftar Spotify Wrapped 2022. Foto/Spotify
JAKARTA - Tagar #SpotifyCorrupt jadi trending topicdi Twitter pada pagi ini (2/12) setelah sehari sebelumnya Spotify merilis agenda tahunan #spotifywrapped.

Tagar tersebut diramaikan oleh ARMY, fandom dari grup BTS , yang mempertanyakan perubahan mendadak dari cara penghitungan platform streaming musik terbesar tersebut terhadap lagu-lagu BTS dan lagu solo member BTS. Saat berita ini ditulis, #SpotifyCorrupt ada di urutan ke-14 trending topic dunia, juga trending di Indonesia.

#SpotifyCorrupt Trending di Twitter setelah #spotifywrapped, Ini Penyebabnya

Foto: Screenshot trending topic Twitter

Awalnya, Spotify dalam agenda tahunan #spotifywrapped merilis beberapa peringkat tahunan, di antaranya Most-Streamed Artist Globally, Top 10 K-Pop Artists, Top Groups of 2022, dan Top Tracks of 2022. Dalam beberapa kategori, BTS dan member BTS masuk dalam daftar.

Baca Juga: 6 Tren dalam Industri K-Pop yang Dipelopori oleh BTS

Misalnya saja dalam daftar Top 10 K-Pop Artist 2022, BTS ada di peringkat 1, dan Jung-kook ada di peringkat 9. Sementara dalam daftar Most-Streamed K-Pop Soloist Globally 2022, Jung-kook ada di peringkat pertama.

Namun dalam hitungan beberapa jam saja, data tersebut berubah. Dalam daftar Top 10 K-Pop Artist, nama Jung-kook menghilang. Sementara dalam daftar Most-Streamed K-Pop Soloist Globally 2022, posisinya tidak lagi di posisi puncak.

#SpotifyCorrupt Trending di Twitter setelah #spotifywrapped, Ini Penyebabnya

Foto: BigHit Music

Belakangan, diketahui bahwa jumlah stream Jung-kook yang diperoleh dari lagu Left and Right yang dinyanyikannya bersama Charlie Puth tahun ini dibuang dari data penghitungan daftar tersebut. Padahal, lagu itu telah didengarkan sebanyak lebih dari 400 juta kali pada 2022.

Tak hanya Left and Right, lagu-lagu yang menaruh BTS sebagai penyanyi duet (featuring artist) pada 2022 juga dihilangkan dari kredit BTS. Lagu-lagu itu adalahMy Universe yang dinyanyikan bersama Coldplay, Girl of My Dreams (Juice Wrld), That That (PSY), Bad Decisions (Benny Blanco), Sexy Nukim (Balming Tiger/RM), dan Rush Hour (Crush/j-hope). Totalnya, ada 1,6 miliar stream yang dicabut dari BTS.

#SpotifyCorrupt Trending di Twitter setelah #spotifywrapped, Ini Penyebabnya


Meski penghilangan tersebut tidak mempengaruhi posisi BTS sebagai Most-Streamed Artist Globally 2022 di urutan ke-5, tapi ARMY tetap mempertanyakan perubahan penghitungan tersebut yang dilakukan secara mendadak.

Mereka juga mempertanyakan mengapa aturan penghilangan jumlah stream untuk lagu kolaborasi hanya berlaku untuk BTS dan member BTS (proyek lagu solo), tapi tidak untuk artis lainnya.

Atas argumennya itu, ARMY menunjukkan bukti data jumlah total streamsolois K-pop. Data itu memperlihatkan jumlah totalstreamseorang penyanyi sebagai artis utama dibandingkan dengan jumlah stream penyanyi yang sama sebagai artis utama ditambah sebagai penyanyi featuring.

#SpotifyCorrupt Trending di Twitter setelah #spotifywrapped, Ini Penyebabnya

Foto: via Twitter @rkivevcat

Dari data itu jika memakai aturan yang pertama, terlihat seharusnya j-hope yang ada di posisi pertama daftar Most-Streamed K-Pop Soloist Globally 2022. Sementara itu, dalam daftar terbarunya, Spotify menempatkan Lisa di posisi pertama.

Baca Juga: 10 Drama Korea Terbaik 2022 menurut Polling KingChoice, Nomor 1 Justru yang Dianggap Terburuk

Sebelumnya, ARMY juga mempertanyakan YouTube dan Billboard yang tidak menghitung jumlah view dari video musik resmi Dreamers yang dinyanyikan Jung-kook, yang dirilis di kanal YouTube resmi FIFA. Hal ini mempengaruhi posisi Jung-kook untuk peringkat video di YouTube dan di Billboard Hot 100. YouTube malah memasukkan view dari video lirik Dreamers.

Hingga berita ini ditulis, Spotify, YouTube, dan Billboard belum memberikan pernyataannya.

UPDATE:

Spotify lewat akun resmi Twitter @spotifyKpop memberikan pernyataan terkait isu tersebut. Berikut pernyataan resmi mereka.

"Setiap tahunnya, kami berusaha memberikan gambaran yang akurat tentang konsumsi di seluruh dunia. Mengacu pada daftar Top K-Pop Artists of 2022, beberapa tag genre memberikan hasil yang berbeda pada daftar top 10, dan ini tidak digabungkan dengan benar. Kesalahan ini telah diperbaiki. Kami bergabung bersama penggemar untuk merayakan banyak pencapaian yang dilakukan BTS dan menyesali kesalahan ini".

Atas kesalahan tersebut, Spotify kini telah menempatkan Jung-kook kembali di posisi pertama Most-Streamed K-Pop Soloist Globally 2022.


(ita)
Share: