7 Drama Korea Sageuk yang Diangkat dari Sejarah Asli

7 Drama Korea Sageuk yang Diangkat dari Sejarah Asli
Drama Korea sageuk yang diangkat dari kisah sejarah asli salah satunya adalah Jewel in The Palace. Foto/MBC
JAKARTA - Drama Korea sageuk yang diangkat dari sejarah asli cukup banyak dibuat, baik dari masa Dinasti Joseon dan Goryeo maupun dari zaman Tiga Kerajaan (Three Kingdom).

Genre sageuk atau drama kerajaan jadi salah satu yang paling disukai penonton Korea maupun internasional. Di Korea, rating drama genre ini nyaris selalu menembus angka dua digit, bahkan termasuk yang paling tinggi dalam sejarah drama Korea.

Ceritanya yang penuh konflik, terutama terkait perebutan takhta kerajaan, jadi salah satu yang membuat genre ini terasa adiktif buat penonton. Berikut ini adalah tujuh drama Korea sageuk yang diangkat dari sejarah asli.


1. The Empress Ki (2013)

7 Drama Korea Sageuk yang Diangkat dari Sejarah Asli

Foto: MBC

Empress Ki adalah sosok nyata yang hidup pada era Dinasti Goryeo. Ia adalah seorang perempuan yang aslinya berasal dari keluarga aristokrat, tapi sayangnya ia melakukan pernikahan paksa dengan penguasa masa Dinasti Yuan di China.

Namun seiring waktu berjalan, Ki bisa menaikkan status sosialnya ke posisi atas, bahkan sampai menguasai takhta Dinasti Yuan. Namun sebagian warga Korea menilainya sebagai pengkhianat karena ia menyerang Korea saat jadi penguasa Dinasti Yuan.

Drama MBC ini tayang di Vidio, Viu, dan Vidio. Bintangnya ada Ha Ji-won, Joo Jin-mo, Ji Chang-wook, dan Baek Jin-hee.

2. Queen Seondeok (2009)

7 Drama Korea Sageuk yang Diangkat dari Sejarah Asli

Foto: MBC

Ratu Seondeok juga adalah tokoh nyata yang jadi penguasa Silla, bagian dari era Tiga Kerajaan, yang hidup pada periode 632-647. Ia adalah penguasa perempuan kedua dalam sejarah Asia Timur, dan yang pertama dalam sejarah Korea.

Drama sageuk dengan rating tinggi ini menceritakan perjuangan Ratu Seondeok (Lee Yo-won) dalam merebut takhtanya. Ia harus bersaing dengan Lady Mishil (Go Hyung-jung) untuk meraihnya bahkan sampai pada suatu titik mesti menyamar menjadi seorang pria. Drama MBC ini bisa ditonton di Viu.

3. Queen for Seven Days (2017)

7 Drama Korea Sageuk yang Diangkat dari Sejarah Asli

Foto: KBS2

Drama Korea sageuk lainnya yang diadaptasi dari sejarah asli adalah serial yang dibintangi Park Min-young. Ia berperan sebagai Ratu Dangyeong, yang dalam sejarah era Dinasti Joseon dikenal sebagai ratu yang hanya menjabat selama tujuh hari.

Queen for Seven Days bercerita tentang Raja Lee Yeok (Yeon Woo-jin) yang menikah dengan gadis cantik anak politikus bernama Shin Chae-kyung. Sayangnya, jabatan sebagai Ratu Dangyeong bagi Chae-kyung hanya bertahan selama tujuh hari karena ia disingkirkan oleh saingan politiknya.

Tak cuma itu, ia bahkan sampai diasingkan, dan tak bisa lagi bertemu suaminya itu. Drama KBS2 ini juga tayang di Viu.

4. Jewel in the Palace/Dae Jang Geum (2003-2004)

7 Drama Korea Sageuk yang Diangkat dari Sejarah Asli

Foto: MBC

Jewel in the Palace jadi salah satu drama Korea dengan rating tertinggi sepanjang masa, yaitu mencapai 57,8% pada episode finalnya. Tak hanya sukses secara komersial, drama ini juga mendapat penghargaan skenario terbaik untuk Kim Young-hyun dalam MBC Awards 2003 dan Baeksang Arts Awards 2004 untuk Lee Byung-hoon sebagai sutradara televisi terbaik.
halaman ke-1
Share: