Jin BTS Wamil pada 13 Desember, Ini Pesannya untuk ARMY

Jin BTS Wamil pada 13 Desember, Ini Pesannya untuk ARMY
JIn BTS dikabarkan akan wamil pada 13 Desember mendatang dan ditempatkan di wilayah perbatasan. Foto/BigHit Music
JAKARTA - Beberapa media Korea melaporkan bahwa Jin BTS akan mulai masuk proses wajib militernya pada 13 Desember 2022.

Mengutip Yonhap, penyanyi bernama asli Kim Seok-jin itu akan memulai pelatihannya pada 13 Desember selama lima minggu. Ia akan ditempatkan di area frontline, yang merupakan wilayah perbatasan antara Korea Selatan dan Korea Utara.

Setelah menyelesaikan masa pelatihannya itu, Jin kembali akan ditugaskan di wilayah perbatasan. Jika mengikuti aturan waktu wamil tersingkat yang mencapai 18 bulan, artinya Jin akan menyelesaikan tugasnya kira-kira pada 13 Juni 2024.

Frontline disebut-sebut warga lokal sebagai wilayah paling berat bagi mereka yang menjalani wamil, apalagipada musim dingin seperti yang akan dijalani Jin. Pasalnya, daerah itu sangat dingin dan penuh tumpukan salju. Tentara yang bertugas harus selalu menyapu salju yang terus menumpuk di sana.

Baca Juga: 10 Lagu BTS yang Memotivasi, Bantu Jadi Moodbooster Kamu!

Meski begitu, ada kelebihan lainnya, antara lain mereka yang bertugas bisa selalu mandi air hangat. Ada pula yang menyebutkan bahwa bertugas di sana akan minim aksi perisakan dari sesama petugas.

Sementara itu, beredarnya berita tentang proses wajib militernya membuat Jin menulis pesan di aplikasi Weverse. Dalam bahasa Korea yang bisa diterjemahkan langsung ke dalam bahasa Inggris lewat aplikasi tersebut, Jin mengatakan bahwa ia tidak mau berita itu muncul.

Jin BTS Wamil pada 13 Desember, Ini Pesannya untuk ARMY

Foto: Weverse BTS

"Ada artikel yang aku tidak inginkan. ARMY kalian tidak bisa datang ke training center. Ada banyak orang di sekitarku yang akan datang, jadi ini akan berbahaya karena penuh kerumunan. ARMY aku sayang kalian".

Jin dan seluruh anggota BTS mendapatkan kesempatan menunda tugas wamil mereka hingga menyentuh usia 30 tahun. Ini karena mereka mendapatkan rekomendasi dari Kementerian Budaya, Olahraga, dan Pariwisata atas jasa grup tersebut mengenalkan Korea Selatan ke pasar global.

Jin sempat mengajukan penundaan wamil hingga akhir 2022, tapi lantas ia membatalkan pengajuan itu pada Oktober lalu. Jin adalah member tertua BTS, yang akan berulang tahun ke-30 pada 4 Desember mendatang.

Polemik apakah BTS wajib melakukan wamil sudah berlangsung sejak 2018 saat politikus dan pemerintah mengundang beberapa agensi grup K-pop untuk membahas tugas alternatif bagi grup musik yang mengharumkan nama Korea di kancah internasional.

Meski begitu, label BTS yaitu BigHit Music tak pernah mengikuti pertemuan tersebut. Begitu juga HYBE selaku perusahaan induk BigHit Music. Hingga kini, Kementerian Pertahanan Nasional Korea Selatan pun tetap bersikukuh agar BTS menjalankan tugas wamilnya.

Jin BTS Wamil pada 13 Desember, Ini Pesannya untuk ARMY

Foto: Getty Images/Axelle/Bauer-Griffin/FilmMagic

Sejauh ini, program alternatif atau pembebasan wamil hanya diperuntukkan bagi kasus khusus, misalnya fisik yang tidak memenuhi standar atau individu adalah satu-satunya anak lelaki di keluarga dan harus menanggung biaya hidup keluarga. Selain itu, atlet yang memenangkan medali dalam turnamen internasional serta musisi klasik yang berprestasi juga diberikan program alternatif untuk mengganti tugas wamil mereka.

Wacana penghapusan wamil bagi grup K-pop muncul setelah BTS menjadi grup K-pop pertama yang memenangkan kategori Top Social Artist dari Billboard Music Awards, salah satu dari tiga penghargaan musik bergengsi di Amerika Serikat selain American Music Awards (AMA) dan Grammy Awards.

Baca Juga: Daftar Daesang yang Dimiliki BTS Selama 9 Tahun Berkarier

Setelah itu, pada 2018, BTS menjadi warga Korea termuda yang meraih penghargaan tertinggi dari Presiden Korea Selatan, yaitu Order of Cultural Merit. Penghargaan ini diberikan Presiden atas prestasi dan pengabdian individu dalam bidang budaya dan seni.

Sementara itu, pada Oktober lalu, BTS menggelar konser gratis di Busan demi mendukung promosi kota itu menjadi tuan rumah World Expo 2030. Adapun Jin pada bulan yang sama juga merilis single solonya berjudul The Astronaut yang diciptakan bersama Coldplay. Liriknya menggambarkan ucapan terima kasihnya kepada ARMY yang selalu mendukungnya hingga saat ini.


(ita)
Share: