5 Artis Korea yang cuma Lulusan SMA tapi Sukses Besar

Senin, 14 November 2022 - 16:08 WIB
loading...
5 Artis Korea yang cuma Lulusan SMA tapi Sukses Besar
IU alias Lee Ji-eun termasuk artis sukses yang ternyata hanya lulusan SMA. Foto/EDAM Entertainment
A A A
JAKARTA - Tingkat pendidikan di Korea Selatan sangat berpengaruh pada status sosial seseorang. Namun ada juga bintang drama dan idol K-pop sukses yang hanya lulusan SMA.

Di Korea Selatan, pendidikan bisa dibilang adalah yang utama. Mereka yang lulusan perguruan tinggi lebih dipandang, apalagi jika orang tersebut lulusan universitas di Seoul. Mendapat pekerjaan akan jauh lebih mudah.

Berbagai drama Korea pun sudah menggambarkan sisi gelap sistem pendidikan di Korea yang sangat ketat dan kadang hanya melihat manusia sebagai objek saja. Di tengah kondisi seperti itu, ternyata masih ada juga segelintir artis Korea top yang berani untuk memutuskan tidak berkuliah.

Berikut ini lima artis Korea , dari bintang drama Korea hingga idol K-pop yang sejauh ini hanya lulusan SMA.

1. IU

5 Artis Korea yang cuma Lulusan SMA tapi Sukses Besar

Foto: EDAM Entertainment

Kalau ada penyanyi dan penulis lirik perempuan yang begitu sangat dicintai oleh warga Korea Selatan, maka IU lah orangnya. Penggemarnya bukan cuma warga biasa, tapi juga sederet idol populer seperti Jungkook BTS, Wonwoo SEVENTEEN, hingga Suho EXO. IU juga jadi satu-satunya penyanyi perempuan yang sanggup menggelar konser di Jamsil Stadium, stadion terbesar di negara tersebut.

Namun sebelum kesuksesan itu, IU adalah anak yang lahir dari keluarga miskin yang terjerat banyak utang. Pada saat duduk di bangku SMP, ia yang bernama asli Lee Ji-eun lantas mencoba menjadi penyanyi dengan mengikuti puluhan audisi di berbagai perusahaan, tapi selalu ditolak.

Namun pada 2007, ia berhasil menandatangani kontrak dengan LOEN Entertainment. Dari sini, kariernya menanjak, membuat sekolahnya pun terbengkalai. Nilai-nilainya merosot drastis, kecuali untuk mata pelajaran literatur Korea.

Setelah lulus dari Dongduk Girls' High School, IU memutuskan untuk tidak melanjutkan ke bangku kuliah. Ia memilih fokus pada kariernya sebagai penyanyi dan aktris drama dan film.

2. Suzy

5 Artis Korea yang cuma Lulusan SMA tapi Sukses Besar

Foto: Management SOOP

Siapa pula yang tak kenal Bae Suzy. Aktris cantik ini mengawali kariernya sebagai idol dari grup Miss A. Namun karena popularitasnya melejit melampaui member lainnya, Suzy akhirnya fokus pada kegiatan solonya, terutama berakting dalam drama Korea.

Karena itu pula, Suzy yang kelahiran tahun 1994 memutuskan untuk tidak berkuliah karena dengan kesibukan dan kariernya yang sedang menanjak, ia merasa dirinya tak akan sanggup menjalani proses perkualiahan. Sejauh ini, Suzy hanya lulusan dari School of Performing Arts Seoul pada 2013.

Baca Juga: Drama Korea tentang Kisah Cinta Cowok Miskin dengan Cewek Miskin

3. BoA

5 Artis Korea yang cuma Lulusan SMA tapi Sukses Besar

Foto: SM Entertainment

BoA adalah penyanyi senior dari SM Entertainment. Ia adalah salah satu pelopor idol K-pop yang melebarkan sayapnya ke luar Korea, terutama ke Jepang, dan sukses besar. Ia juga berhasil menembus pasar China dan Asia Tenggara.

BoA mengawali karier bernyanyinya sejak usia 13 tahun. Jadi tak heran, ia memilih untuk fokus pada kariernya sebagai artis dibanding melanjutkan kuliah setelah lulus SMA. Kini dalam usia 36 tahun, penyanyi bernama asli Kwon Bo-ah ini tetap aktif bernyanyi, salah satunya tergabung dalam supergrup Got the Beat.

4. Jeon Jeong-Seo

5 Artis Korea yang cuma Lulusan SMA tapi Sukses Besar

Foto:Andmarq

Berbeda dengan keempat seniornya, Jeon Jeong-seo sudah pernah menjajal bangku kuliah selama setahun di Sejong University Jurusan Film dan Teater. Namun ia memilih keluar karena menurut keterangan di situs web Korean Film Council, ia merasa tidak tertarik dengan metode perkuliahan di universitas tersebut.

Jeong-seo lantas memilih untuk mengambil kelas khusus (privat) untuk mempertajam kemampuan aktingnya. Terbukti, aktingnya memang kerap dipuji dan ia termasuk aktris muda yang tengah bersinar.

Meski belum setenar tiga nama di atas, Jeong-seo mendapat perhatian berkat perannya dalam film misteri thriller The Call bersama Park Shin-hye. Berkat film ini, ia mendapat penghargaan aktris film terbaik dalam Baeksang Arts Awards 2021 dan Director's Cut Awards 2022.

Ia juga bermain sebagai Tokyo dalam Money Heist Korea. Sebelumnya, aktris berusia 27 tahun ini juga bermain dalam film Mona Lisa and the Blood Moon. Ia juga bermain dalam film Burning, yang dimainkannya bersama aktor ternama Yoo Ah-in.

Jeon Jeong-seo lahir di Seoul, tapi dibesarkan di Kanada. Ia bersekolah di Maple Country, tapi kembali ke Korea untuk menuntaskan masa SMA-nya di sekolah prestisius Anyang Arts High School.

Baca Juga: 6 Drama Korea Sageuk dengan Karakter Gender Bender yang Seru Dinikmati

5. Jang Wonyoung IVE

5 Artis Korea yang cuma Lulusan SMA tapi Sukses Besar

Foto: Starship Entertainment

Wonyoung jadi artis Korea terbaru yang memutuskan tidak mengambil ujian masuk perguruan tinggi pada tahun ini, yang biasa disebut CSAT. Idol berusia 18 tahun itu memutuskan ingin fokus dulu dalam industri hiburan. Padahal, ia disebut punya nilai bagus dalam bahasa dan matematika.

Popularitas Wonyoung setelah bersama IVE memang sangat melejit. Sebelumnya, ia juga sudah populer lewat grup IZ*ONE yang sudah dibubarkan.

Ia nyaris selalu muncul dalam pembicaraan di forum-forum daring di Korea. Ia juga sudah menjadi bintang iklan untuk beberapa produk, juga menjadi MC dalam program Music Bank.
(ita)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1269 seconds (0.1#10.140)