Kakao Dituduh Lakukan Kampanye Negatif pada Grup K-Pop Non-Kakao

Sabtu, 05 November 2022 - 13:02 WIB
loading...
Kakao Dituduh Lakukan Kampanye Negatif pada Grup K-Pop Non-Kakao
Kakao Entertainment dituduh melakukan kampanye negatif terhadap grup-grup K-pop non-Kakao. Foto/KED Global
A A A
SEOUL - Kakao Entertainment, perusahaan konglomerasi Korea yang membawahi banyak perusahaan hiburan, dituduh melakukan kampanye negatif di akun Facebook-nya.

Dalam berita yang diterbitkan surat kabar Chosun pada Sabtu (5/11), para follower akun Facebook Idol Lab menuduh Kakao Entertainment dengan sengaja memberitakan hal-hal negatif tentang grup K-pop yang berada di luar naungan perusahaan Kakao Entertainment (Kakao Ent.)

Mereka menyebut bahwa grup-grup yang berafiliasi dengan Kakao Ent. seperti dari IST Entertainment dan Starship Entertainment diberitakan secara positif. Sedangkan grup di luar Kakao Ent. seperti Le SSERAFIM dan NewJeans (HYBE) serta ITZY dan NMIXX (JYP Entertainment) mendapatkan pemberitaan negatif.

Mengutip Daum, pemberitaan negatif tersebut misalnya tentang kontroversi seputar perubahan gaya LE SSERAFIM dan kostum dari lagu terbaru NMIXX. Namun berita-berita ini juga dituduh clickbait, karena jika dibaca secara keseluruhan, sebenarnya tak ada penjelasan tentang kontroversi tersebut.

Kakao Dituduh Lakukan Kampanye Negatif pada Grup K-Pop Non-Kakao

LE SSERAFIM. Foto: Source Music/HYBE

Idol Lab adalah akun Facebook yang berada di bawah naungan Kakao Ent. yang mengunggah berita-berita seputar K-pop. Akun ini memiliki 1,32 juta pengikut.

Idol Lab awalnya dikelola secara pribadi, tapi sekitar 2-3 tahun lalu diambil alih Kakao Ent. sebagai bagian dari konten pemasaran. Akun ini juga disebutkan dikelola oleh tim pemasaran musik di bawah Kakao Ent.

Baca Juga: Nominasi Melon Music Awards (MMA) 2022 dan Cara Tentukan Pemenangnya

Atas tuduhan para follower, Kakao Ent. berkilah bahwa mereka menyewa jasa agensi secara outsourcing untuk memproduksi konten-konten yang diunggah. Mereka juga menegaskan tidak ada kampanye negatif yang dimaksudkan untuk dibuat viral.

Tuduhan kampanye negatif yang dilakukan Idol Lab adalah lanjutan dari pelanggaran hak cipta yang dilakukan akun tersebut terhadap konten-konten yang mereka unggah, yang diberitakan pada Oktober lalu. Idol Lab memakai konten tangkapan layar (screenshot) dari stasiun televisi dan platform streaming, termasuk foto-foto, tanpa mencantumkan sumber aslinya, atau tanpa izin.

Kakao Dituduh Lakukan Kampanye Negatif pada Grup K-Pop Non-Kakao

Foto: kakaoentasia.com

Atas kasus ini, Kakao Ent. sudah meminta maaf dan juga memakai alasan bahwa mereka menyewa agensi untuk membuat konten-konten di Idol Lab. Adapun konten-konten yang menyalahi aturan sudah diturunkan.

Baca Juga: 11 Drama Korea Thriller Terbaru Rating Tertinggi di MyDramaList

Kakao Entertainment adalah pemain besar dalam industri hiburan di Korea Selatan. Mereka memberikan layanan terkait pengembangan situs web (web development), manajemen artis, serta produksi dan distribusi produk.

Adapun produk yang dihasilkan mulai dari musik, film dan serial, webtoon, web novel, dan produk lainnya terkait hiburan. Selain Starship Entertainment (IVE, Monsta X) serta IST Entertainment (The Boyz, Apink, Weekly), Kakao Ent juga membawahi perusahaan manajemen artis besar, antara lain EDAM Entertainment, BH Entertainment, Management SOOP, dan VAST Entertainment & Media.
(ita)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1607 seconds (0.1#10.140)