Trik Bikin Catatan Simpel dan Efektif dengan Teknik Pencatatan Cornell

Trik Bikin Catatan Simpel dan Efektif dengan Teknik Pencatatan Cornell
Bikin catatan yang simpel tapi efektif bisa didapat dengan teknik Pencatatan Cornell. Foto/Freepik
JAKARTA - Mendengarkan penjelasan guru atau dosen terkadang gak terasa cukup untuk memahami materi yang sedang dipelajari.

Yang ada, materi yang diterima itu cuma masuk kuping kanan, keluar lagi lewat kuping kiri. Maka dari itu, membuat catatan penting dan kita butuhkan banget, apalagi kalau sedang belajar hal baru.

Membuat catatan saat belajar juga bisa meningkatkan kemampuan fokus dan bikin kita lebih mudah memahami materi pembelajaran. Gak cuma itu, hasil dari catatan pribadi itu juga bisa berguna untuk persiapan ujian.

Tapi, kadang kita suka bikin catatan yang malah bikin pusing karena berantakan atau gak tersusun rapi. Kadang saking banyaknya hal yang dicatat, kita malah kesulitan sendiri mencari inti dari catatan yang sebelumnya udah ditulis.



Nah, untuk kamu yang punya masalah kayak gini, mungkin kamu harus mulai kenalan dengan teknik Pencatatan Cornell, nih.

Trik Bikin Catatan Simpel dan Efektif dengan Teknik Pencatatan Cornell

Foto: Medium

Dikutip dari Education Corner, teknik Pencatatan Cornell pertama kali ditemukan oleh seorang profesor di Cornell University bernama Walter Pauk sejak tahun 1950-an.

Teknik mencatat yang satu ini memang dirancang untuk menghemat waktu dan membuat siswa bisa memaksimalkan efektivitas catatannya, khususnya untuk persiapan ujian.

Terus, gimana, sih, cara membuat catatan a la metode Cornell?
halaman ke-1
Share: