Makna Lagu dan Video The Astronaut, Jin BTS jadi Alien Tampan yang Pilih Tinggal di Bumi

Makna Lagu dan Video The Astronaut, Jin BTS jadi Alien Tampan yang Pilih Tinggal di Bumi
Lagu The Astronaut yang dinyanyikan Jin BTS menggambarkan seorang alien astronaut yang memilih tinggal di Bumi. Foto/YouTube HYBE Labels
JAKARTA - Jin BTS resmi merilis lagu solonya yang berjudul The Astronaut, lengkap dengan video musiknya yang dilepas di YouTube pada Jumat (28/10) pukul 11.00 WIB.

Lagu The Astronaut ditulis liriknya oleh para personel Coldplay, Jin, Kygo, serta komposer nomine Piala Oscar Johann Johannsson. Adapun lagunya juga mengambil sampel dari lagu Kangaru yang masuk dalam album OST film tentang alien yang datang ke Bumi, Arrival (2016).

Dalam videonya kepada media, Jin mengatakan bahwa lagu tersebut ia ciptakan sebagai ucapan syukur dan terima kasih kepada ARMY yang telah membawanya ke titik kesuksesan bersama BTS .

"Ini tentang aku yang mengawang-awang di angkasa tanpa arah dan ARMY yang menuntun jalan hidupku," ungkap Jin dalam video tersebut.

Hal ini sejalan dengan lirik lagu The Astronaut, pada verse dua saat Jin menyanyikan dalam bahasa Korea, "To travel throughout the universe/Just as the Milky Way shines upon the darkest roads/You were shinin' towards me/The only light found in the darkness/On my path to you"

("Melakukan perjalanan di alam semesta/Seperti Galaksi Bima Sakti yang bersinar di tengah kegelapan/Engkau menyinari diriku/Satu-satunya cahaya yang kutemukan di tengah kegelapan/Jalanku menuju dirimu").

Makna Lagu dan Video The Astronaut, Jin BTS jadi Alien Tampan yang Pilih Tinggal di Bumi

Foto: YouTube HYBE Labels

Adapun dalam video musiknya, Jin digambarkan sebagai alien astronaut dari planet lain yang terdampar di Bumi karena pesawat luar angkasanya yang rusak terbakar. Ia lantas terpaksa hidup di Bumi, di rumah yang nyaman, juga menjalin persahabatan dengan seorang bocah perempuan.

Saat akhirnya pesawatnya bisa berfungsi, Jin 'dipanggil' untuk kembali ke planet asalnya. Namun kasih sayangnya terhadap sang bocah perempuan membuatnya memutuskan untuk tetap tinggal di Bumi. Sementara pesawat luar angkasa itu pun akhirnya pergi menjauh.

Visual dalam video musiknya ini selaras dengan chorus dalam The Astronaut. Di sini, Jin berulang kali mengatakan, "When I'm with you/There is no one else/I get heaven to myself/When I'm with you/There is no one else/I feel this way I never felt" ("Saat bersamamu/Tak ada yang lain lagi/Aku merasakan surgaku/Saat bersamamu/Tak ada yang lain lagi/Aku merasakan hal yang tak pernah kurasakan sebelumnya").

Baca Juga: Film Disney dan Marvel Favorit BTS, Ada yang Bikin Jung-Kook dan RM Nangis

Seperti diketahui lagu The Astronaut dirilis oleh Jin sebagai hadiah terakhir untuk ARMY sebelum ia melakukan wajib militer (wamil) pada akhir 2022. Sebagian penggemar lantas berteori bahwa gadis kecil yang ada dalam video adalah representasi dari ARMY.

Dalam video musiknya, sang astronaut yang diperankan Jin terlihat melindungi sang gadis kecil dengan memberikannya helm saat naik sepeda. Ia juga mengajari sang bocah naik sepeda hingga akhirnya sang gadis bisa melakukannya sendiri.

Ini lantas dianggap sebagai Jin yang selama ini selalu memberikan rasa nyaman kepada ARMY lewat lagu-lagunya bersama BTS. Sepanjang nyaris 10 tahun, hidup ARMY terbantu dengan lagu-lagu mereka, sekaligus membuat para penggemar mampu menjalani hidup dengan berbagai tantangan yang sulit.

Makna Lagu dan Video The Astronaut, Jin BTS jadi Alien Tampan yang Pilih Tinggal di Bumi

Foto: BigHit Music

Lewat lagu-lagu BTS, ARMY pun tumbuh sebagai individu yang kuat dan mandiri, persis seperti gadis kecil yang akhirnya bisa naik sepeda sendiri. Saat nantinya Jin pergi untuk wamil, ARMY diharapkan sudah mampu menjalani hidupnya secara mandiri, tanpa BTS sementara waktu.

Selain itu, penggemar juga menemukan bahwa saat adegan Jin menumpang mobil pick up, lehernya terlihat diberi rentetan huruf braille, yang bertuliskan "ARMY". Adapun saat adegan akhir, Jin mengisi kotak TTS-nya dengan tulisan "family" (keluarga).

Secara keseluruhan, video musik The Astronaut sangatlah memanjakan mata. Selain visual dan warna yang sesuai mood lagunya, Jin tampil beda dengan rambut gondrongnya yang dibuat sangat ikal.

Baca Juga: 5 Aktor Drama Korea Beken yang Belum Pernah Dapat Penghargaan Besar, Ada Namkoong Min

Di sini, ia bak bintang film teen romance yang selalu sanggup merebut hati karakter utama perempuan dan para penontonnya. Sementara vokalis Coldplay Chris Martin sempat muncul sekilas sebagai anchor di televisi yang memberitakan tentang fenomena UFO.

Selain di YouTube, The Astronaut juga sudah bisa didengarkan di berbagai platform streaming musik.





(ita)
Share: