10 Menu Masakan cuma Bermodal Magic Com ala Anak Kos

Senin, 06 Juli 2020 - 16:00 WIB
loading...
10 Menu Masakan cuma Bermodal Magic Com ala Anak Kos
Banyak menu makanan yang bisa dibuat cuma dengan alat magic com aja, simpel gak pake ribet. Foto/Freepik
A A A
JAKARTA - Menu-menu berikut ini bisa menginspirasi kamu, terutama anak kos-an, untuk mencoba beraneka ragam menu masakan, cuma dengan bermodalkan magic com!

Masa pandemi membuat beberapa anak kos-an kesulitan untuk pulang ke rumah dan membuat mereka mau gak mau harus bertahan di kamar kos.

Gak jarang, hal itu membuat sebagian orang rindu dengan masakan rumahan. Bahkan merasa bosan dengan menu makanan yang biasa dijajakan di sekitar kos-an.

Dengan peralatan masak seadanya dan bahan-bahan seadanya, terutama bermodalkan magic com, menu-menu berikut ini bisa dicoba sebagai obat kangen masakan rumah.

Beberapa menu ini juga dibagikan oleh Chef Tiarbah melalui akun @masakdarurat di Twitter dan Instagram. Langsung cek, yuk!

1. NASI LIWET

10 Menu Masakan cuma Bermodal Magic Com ala Anak Kos

Foto: Susi Faniati/Yummy App

Siapa yang gak suka dengan masakan khas Sunda satu ini? Nasi berbumbu yang nikmat ini biasanya dilengkapi dengan ikan teri, makin enak kalau ditambah sambal terasi.

Mulai memasaknya seperti memasak nasi biasa, lalu tumis bawang merah, bawang putih, cabai hijau, cabai merah, daun salam, dan serai sebagai bumbunya. Setelah itu tuang tumisan ke dalam magic com yang sudah terisi beras dan jangan lupa teri gorengnya. Tunggu hingga matang dan nasi liwet magic com siap disajikan.


2. SUP SAYURAN

10 Menu Masakan cuma Bermodal Magic Com ala Anak Kos

Foto: Twitter @masakdarurat

Sup sayuran juga jadi salah satu masakan rumahan favorit dari berbagai kalangan. Ternyata, proses memasak sup satu ini juga bisa pakai magic com.

Potong-potong sayuran dalam sup seperti biasa. Lalu masukkan minyak goreng ke dalam magic com dan potongan bawang putih, lalu tumis hingga wangi aromanya. Setelah itu rebus sayuran dan beberapa bumbu ke dalam magic com sampai beberapa menit. Gampang, kan?

3. KOLAK UBI

10 Menu Masakan cuma Bermodal Magic Com ala Anak Kos

Foto: Cookpad

Dikutip dari akun Twitter @masakdarurat, cara memasaknya dimulai dari kukus ubi dengan magic com dan gunakan alat penyaring magic com sebagai penyangga ubinya. Hancurkan ubi yang sudah dikukus dan campur dengan tepung tapioka untuk dibentuk menjadi bola-bola kecil. Setelah jadi, kukus kembali bola-bola ubi tersebut dan masukkan beberapa bumbu ke dalam magic com. Tunggu lima menit dan kolak ubi siap disajikan!

4. RENDANG

10 Menu Masakan cuma Bermodal Magic Com ala Anak Kos

Foto: Instagram @masakdarurat

Yap, rendang yang kata orang masaknya ribet ternyata bisa juga, lho, diibikin dengan modal magic com.

Caranya, panaskan minyak goreng dengan magic com, lalu masukkan juga beberapa bumbu yang sudah dihaluskan dan panaskan kembali. Masukkan lagi daun salam, sereh, lengkuas, kayu manis, bunga lawang, kapulaga, dan cengkeh hingga harum, seperti memasak rendang biasa.

Lalu panaskan air dan masukkan daging sapi serta penyedap ke dalam magic com. Jangan lupa periksa sesekali dalam proses memasak dagingnya, ya!

5. IKAN KEMBUNG PEPES

10 Menu Masakan cuma Bermodal Magic Com ala Anak Kos

Foto: Henny Junita Simamora/Cookpad

Pencinta ikan pepes juga bisa menikmati menu ini dengan bermodalkan magic com.

Cara memasaknya, cuci bersih ikan dan baluri garam serta jeruk nipis seperti biasa. Kemudian, baluri ikan dengan bumbu yang sudah dihaluskan dan lengkuas tumbuk. Bersihkan daun pisang dan masukkan ikan yang sudah tercampur dengan bumbu tersebut, lalu kukus di magic com.

Jangan lupa dibolak-balik ketika mengukusnya. Terakhir, panggang lagi dengan magic com selama lima belas menit.

6. TUMIS BUNCIS SOSIS

10 Menu Masakan cuma Bermodal Magic Com ala Anak Kos

Foto: Dapur Wiwik/Cookpad

Tumisan sehat ala rumahan bisa kamu nikmati juga di kos-an, lho!

Seperti memasak tumisan buncis pada umumnya, cuci bersih dan potong-potong buncis dan sosis. Panaskan minyak dengan magic com, kemudian tumis bawang dan cabai hingga harum. Masukkan sosis dan buncis, lalu tuang air hingga sedikit mendidih. Tambahkan juga penyedap saat akhir dan tunggu sampai matang.

7. POPCORN

10 Menu Masakan cuma Bermodal Magic Com ala Anak Kos

Foto: Instagram @masakdarurat

Sebagai teman pengusir bosan saat menonton film, kamu bisa coba bikin popcorn dengan magic com.

Caranya simpel, kamu cukup tuang minyak dan jagung popcorn ke dalam magic com, kemudian tunggu 30 menit sampai matang. Kalau popcorn masih lompat keluar, tutup kembali dan tunggu beberapa saat.

8. KUE ES KRIM

10 Menu Masakan cuma Bermodal Magic Com ala Anak Kos

Foto: Instagram @tiarbah

Camilan lain sebagai teman kamu menyaksikan serial kesayangan adalah kue es krim. Cara membuatnya juga gampang.

Kamu bisa beli satu kotak es krim, kemudian aduk rata. Campurkan tepung terigu dan soda kue, lalu aduk kembali. Sebelum dimasukkan ke dalam magic com, jangan lupa baluri panci teflon magic com dengan minyak dan ratakan lagi dengan tepung terigu. Adonan siap dimasukkan ke dalam magic com.

9. PIE SUSU

10 Menu Masakan cuma Bermodal Magic Com ala Anak Kos

Foto: Twitter @adesevensaputri

Pie susu yang sempat viral di jagat media sosial ini juga ternyata bisa dimasak pakai magic com juga.

Proses memasaknya seperti biasa, buat adonan dan fla-nya terlebih dahulu, lalu jangan lupa beri margarin secukupnya pada panci teflon magic com. Kamu juga bisa pakai garpu untuk menekan-nekan adonan.

Setelah selesai, masukkan adonan fla ke dalam magic com, lalu pakai alat penyaring supaya hasilnya maksimal. Tutup magic com dan tunggu sampai matang.

10. SPAGETI

10 Menu Masakan cuma Bermodal Magic Com ala Anak Kos

Foto: Freepik

Anak kos juga bisa menyantap makanan ini cuma dengan bermodal magic com. Berikut resep yang dilansir dari Cookpad.

Siapkan segala bahan tambahannya seperti, bawang, cabai, dan sosis. Kemudian masak spageti pakai magic com dengan tutup terbuka, jangan lupa masukkan garam dan sedikit minyak. Kalau spageti terasa sudah lentur, masukkan semua ke dalam magic com dan tiriskan.

Siapkan bahan untuk ditumis dan tambahkan telur juga. Spageti siap dimasukkan kembali setelah bahan tambahan matang.

Gimana? Kamu tertarik nyoba gak, nih?

Rahma Indina Harbani
Kontributor GenSINDO
Institut Pertanian Bogor
Instagram: @rahmaharbani
(it)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0920 seconds (0.1#10.140)