9 Rekor K-Pop yang Sulit Terpecahkan, BTS Paling Banyak

9 Rekor K-Pop yang Sulit Terpecahkan, BTS Paling Banyak
BTS memegang banyak rekor dalam industri K-pop, termasuk juga dalam tangga lagu Billboard. Foto/BigHit Music
JAKARTA - Pesatnya perkembangan industri K-pop membuat rekor-rekor dalam dunia musik Korea terus bermunculan, dan banyak pula yang sulit terpecahkan.

Rekor-rekor tersebut ada yang dibuat dalam program-program musik Korea, di tangga lagu, maupun dalam hal penjualan album. Berikut ini daftarnya, mengutip dari berbagai sumber.

1. Rating Acara Musik dengan Penampilan SNSD

9 Rekor K-Pop yang Sulit Terpecahkan, BTS Paling Banyak

Foto: SM Entertainment

Penampilan SNSD/Girls' Generation pada 2009, yaitu saat membawakan lagu terbaru mereka berjudul Genie, sukses memecahkan rekor rating acara musik saat itu.

Saat tampil dalam Show! Music Core yang disiarkan MBC, grup K-pop yang saat itu baru berusia dua tahun ini sukses mencatat rating penonton hingga 17,2%. Padahal saat itu, rating acara musik rata-rata hanya 2%. Hingga kini, rekor rating yang sangat tinggi itu belum terpecahkan.

2. Lagu BTS "Spring Day" Tak Pernah Keluar dari MelOn Top 100 Sejak Dirilis

9 Rekor K-Pop yang Sulit Terpecahkan, BTS Paling Banyak

Foto: MelOn Chart

Lagu BTS berjudul Spring Daydirilis pada 2017 lalu. Lagu yang merupakan bagian dari album You Never Walk Aloneini tetap awet bertengger di tangga lagu paling bergengsi di Korea, yaitu MelOn Top 100. Ini artinya lagu tersebut sudah ada dalam chart selama lima tahun,

3. Album BTS Map of the Soul:7 Terlaris Sepanjang Sejarah K-Pop


9 Rekor K-Pop yang Sulit Terpecahkan, BTS Paling Banyak

Foto: BigHit Music

Selain meraih banyak penghargaan seperti Album of the Yearpada2020 Genie Music Awards, 2020 Mnet Asian Music Awards, 2020 Melon Music Awards, hingga 46th People's Choice Awards, Map of the Soul:7 juga menjadi album terlaris sepanjang sejarah K-pop dengan penjualan mencapai 4,91 juta.

Pencapaian tersebut hanya butuh waktu dua tahun sejak perilisannya pada 21 Februari 2020. Sebelumnya, album ini juga memecahkan rekor pada hari pertama dan minggu pertama penjualannya. Hari pertama terjual 2,65 juta kopi dan minggu pertama terjual 3,38 juta kopi.

Bahkan, album BTS lainnya yakni Map of the Soul: Persona juga menjadi album terlaris kedua sepanjang sejarah K-pop. Dengan jumlah penjualan sejauh ini mencapai sekitar 4,57 juta kopi.

4. 30 Lagu IU Duduk di Posisi 1 Circle (Gaon) Chart

9 Rekor K-Pop yang Sulit Terpecahkan, BTS Paling Banyak

Foto:Instagram @dlwlrma

Julukan "ratu tangga lagu Korea" bagi IU alias Lee Ji-eun memang sangat layak disematkan untuknya. Ini karena 30 lagu milik IU sukses duduk di posisi pertama Circle Digital Chart. Circle Digital Chart merupakan bagan rekaman dari Korea Selatan yang memberikan peringkat 200 lagu terpopuler secara periodik.

Tak cuma itu, 21 lagu milik IU juga mendapatkan Perfect All Kill (PAK), terbanyak dalam sejarah lagu K-pop. PAK adalah istilah saat sebuah lagu duduk di posisi pertama di semua tangga lagu di Korea dalam waktu bersamaan.

Baca Juga: 10 Istilah K-Pop yang Dulu Beken tapi Sekarang Jarang Dipakai

5. 32 Kemenangan Diraih BTS lewat "Dynamite"
halaman ke-1
Share: