4 Bintang Drama Korea yang Dulu Aktingnya Dihina Penonton, Kini Dipuja

Rabu, 12 Oktober 2022 - 07:30 WIB
loading...
4 Bintang Drama Korea yang Dulu Aktingnya Dihina Penonton, Kini Dipuja
Akting Lee Je-hoon ternyata pernah juga mendapat kritikan dari penonton padahal ia sebelumnya sudah pernah menerima penghargaan. Foto/SBS
A A A
JAKARTA - Tak semua pemain drama Korea bisa langsung mendapat simpati dari penonton. Sebagian dari mereka harus bermain dalam banyak serial dan menerima kritikan pedas terlebih dahulu sebelum akhirnya aktingnya diakui para pencinta drama Korea.

Beban paling berat umumnya diterima oleh para idol K-pop yang terjun ke dunia akting. Para idol pasti akan mendapatkan cibiran dan dipandang sebelah mata karena dianggap bisa ikut berperan dalam drama tersebut karena semata-mata berkat popularitas mereka.

Untungnya, deretan bintang ini pada akhirnya berhasil membuktikan bahwa mereka belajar dari kritikan-kritikan yang ada. Kini, mereka sudah mendapat pengakuan sebagai bintang drama yang memang bisa berakting.

Berikut ini aktor dan aktris drama Korea yang aktingnya dulu dihina penonton, tapi kini dipuji dan diakui kepiawaiannya dalam berakting.

1. IU

4 Bintang Drama Korea yang Dulu Aktingnya Dihina Penonton, Kini Dipuja

Foto: tvN

Idol dan aktris bernama asli Lee Ji-eun ini mengawali debut aktingnya dalam drama sukses Dream High. Dalam drama ini, akting IU memang tidak dikritik, tapi ia juga tidak dipuji. Setelah itu, ia terus bermain dalam beberapa drama Korea, tapi lagi-lagi tak ada yang menganggap aktingnya layak dipuji.

Penilaian pencinta drama Korea jadi cenderung negatif saat IU bermain dalam Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo. Meski drama ini cukup populer, tapi ratingnya dianggap tak impresif padahal tayang di televisi nasional.

IU pun jadi sasaran komentar negatif penonton di forum-forum daring di Korea, yang menilai akting buruknya menjadi salah satu penyebab rendahnya rating drama tersebut. Hinaan terhadap IU bahkan sampai pada penilaian terhadap fisiknya, dengan menyebut aktris tersebut "jelek" dan "pesek".

Karena itulah saat IU kembali ke layar kaca lewat My Mister, ia kembali dipandang negatif. Namun tujuh tahun setelah debut aktingnya, akhirnya publik melihat kemampuan akting IU dalam drama tersebut. Pujian pun mulai datang, dan setelah itu respons masyarakat terhadap aktingnya mayoritas baik.

IU terakhir kali bermain dalam film Broker, yang melakukan pemutaran perdana internasionalnya di Cannes Film Festival 2022. Berkat perannya di sini, IU juga mendapat piala aktris pendatang baru terbaik dalam Chunsa Film Art Awards di Korea Selatan.

2. Lee Ji-Hoon

4 Bintang Drama Korea yang Dulu Aktingnya Dihina Penonton, Kini Dipuja

Foto: SBS

Siapa sangka, Lee Ji-hoon yang sudah mengoleksi banyak penghargaan sebagai aktor terbaik, termasuk dari Blue Dragon Film Awards, ternyata aktingnya pernah dikritik keras. Sebenarnya, sejak kemunculannya dalam layar lebar lalu terjun ke layar kaca, Ji-hoon sudah dipuji banyak penonton film. Ia bahkan sudah memenangkan piala sejak tahun 2011 lewat film Bleak Nights.

Namun saat bermain dalam drama Korea Signal yang sangat populer itu, aktingnya justru banyak dikritik. Ekspresi wajahnya dalam drama ini dinilai penonton terlalu berlebihan alias lebay. Mereka menganggap, ekspresi itu lebih cocok dipakai dalam drama teater, bukan di televisi.

Saking derasnya kritikan, bahkan agensinya saat itu sampai harus membuat pernyataan bahwa akting Lee Ji-hoon tersebut sudah sesuai dengan diskusi antara dirinya dan tim produksi.

Untungnya, setelah itu publik mengapresiasi kembali akting Ji-hoon, seperti dalam drama Taxi Driver dan Move to Heaven. Sayangnya, peran-perannya itu tak sampai membuatnya masuk sebagai nomine Baeksang Arts Awards. Lucunya, saat itu giliran publik yang mempertanyakan mengapa dengan aktingnya yang baik, ia tak bisa masuk sebagai nomine.

Baca Juga: 10 Drama Korea 2021-2022 yang Diprediksi Bakal Berstatus Legendaris

3. D.O. EXO

4 Bintang Drama Korea yang Dulu Aktingnya Dihina Penonton, Kini Dipuja

Foto: tvN

Sama seperti IU, D.O EXO awalnya juga dipandang sebelah mata hanya karena ia adalah idol K-pop. Saat pria bernama asli Doh Kyung-soo itu mendapat peran pendukung dalam drama legendaris It's Okay That's Love, publik langsung mencibirnya meski belum melihat aktingnya.

Pada episode awal, kritikan masih terdengar. Namun seiring cerita berjalan, penonton mulai menilai bahwa D.O. memang bisa berakting. Dalam debutnya ini, ia bahkan langsung masuk sebagai nomine aktor pendatang baru televisi terbaik dari Baeksang Arts Awards.

Ia makin membungkam para pembencinya saat dirinya kembali berakting brilian dalam Hello Monster dan 100 Days My Prince. Sebelumnya pada 2017 atau dua tahun setelah mendapat nomine dari Baeksang, ia dinobatkan sebagai aktor pendatang baru terbaik oleh Blue Dragon Film Awards untuk perannya dalam film My Annoying Brother.

Saat ini, akting D.O. EXO bisa dinikmati lewat drama on going Bad Prosecutor yang tayang di KBS2 dan Viu.

Baca Juga: 7 Drama Korea yang Bagus dan Tidak Membosankan dari Awal Sampai Akhir

4. Park Hyung-Sik

4 Bintang Drama Korea yang Dulu Aktingnya Dihina Penonton, Kini Dipuja

Foto: tvN

Masih dari deretan idol K-pop, kali ini adalah Park Hyung-sik dari grup ZE:A. Hyung-sik pernah ikut bermain dalam drama legendaris The Heirs. Namun sayangnya, aktingnya saat itu dikritik keras karena dianggap kaku dan tidak menarik.

Namun setelah itu, Park Hyung-sik tampaknya belajar lebih giat dengan mencoba berbagai peran dari berbagai genre. Mulai dari sageuk, komedi, hingga thriller. Hasilnya, pujian mulai muncul saat ia membintangi drama komedi romantis Strong Girl Bong-soon. Lalu Happiness juga membuatnya meraih pujian yang sama.

Sebagai bukti perkembangan aktingnya, ia masuk sebagai nomine aktris pendatang baru terbaik untuk perannya dalam drama komedi keluarga What's With This Family dari Baeksang Arts Awards. Ia juga masuk nomine untuk aktor terbaik Blue Dragon Film Awards untuk peran dalam film Juror 8.
(ita)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1827 seconds (0.1#10.140)