10 Aktris Drama Korea Paling Dibenci pada 2013-2022, Ada Song Hye-Kyo

10 Aktris Drama Korea Paling Dibenci pada 2013-2022, Ada Song Hye-Kyo
Song Hye-kyo jadi salah satu aktris yang mendapat kritikan dan dibenci pada tahun 2014 karena kasus pajak. Foto/Instagram @kyo1122
JAKARTA - Menjadi selebritas, termasuk aktris di Korea Selatan, memang penuh tuntutan. Sekali saja mereka melakukan kesalahan, maka publik negara tersebut akan mencaci mereka.

Dimulai dari pemberitaan di media massa atau forum komunitas daring, kebencian terhadap seorang seleb biasanya akan langsung menyebar ke kalangan publik yang lebih luas. Ini membuat sang seleb, dalam hal ini para aktris, umumnya akan kehilangan banyak proyek, atau setidaknya harus menghilang sejenak dari depan publik hingga kontroversi mereka mereda. Bahkan ada juga yang sampai kini tidak aktif lagi dalam dunia hiburan.

Berikut ini 10 aktris yang paling dibenci publik Korea Selatan karena kesalahan atau kontroversi yang mereka buat, sejak 2013 hingga 2022, dengan daftar yang mengutip dari Miss-K-Drama.

1. Park Shi-Yeon, Lee Seung-Yeon, Jang Mi-Inae, dan Hyun Young - 2013

10 Aktris Drama Korea Paling Dibenci pada 2013-2022, Ada Song Hye-Kyo

Foto: Soompi

Pada Maret 2013, keempat aktris tersebut dituduh mengonsumsi propofol, obat bius yang umumnya dipakai selama masa operasi, dan hanya boleh dilakukan oleh dokter di rumah sakit. Park Shi-yeon disebut memakai obat tersebut sebanyak 185 kali, Lee Seung-yeon sebanyak 111 kali, Jang Mi-in 95 kali, dan Hyun Young 42 kali.

Keempat aktris tersebut menolak tuduhan itu dengan alasan mereka tidak tahu bahwa obat tersebut dilarang dan hanya menjalankan resep dari dokter. Meski begitu, pada akhirnya mereka dihukum 8 bulan penjara dengan masa percobaan 2 tahun, dan denda yang berbeda-beda, berkisar USD3700 (Rp56 juta) hingga USD5500 (Rp83 juta). Dengan vonis hukuman masa percobaan, artinya mereka tidak harus sampai masuk sel penjara.

Seperti diketahui, memakai narkoba termasuk aib besar di Korea Selatan. Karena itulah, berita ini membuat keempat aktris tersebut jadi bahan berita yang menarik perhatian masyarakat, dan hal ini membuat keempatnya mendapatkan citra negatif.

Buat kamu yang belum tahu, Park Shi-yeon (kini 43 tahun) adalah aktris yang pernah bermain dalam drama Korea My Girl dan Hyena. Setelah kasus narkoba tersebut, ia hanya absen setahun dan kembali muncul dalam drama The Greatest Marriage pada 2014.

Lee Seung-yeon (54 tahun) juga hanya absen setahun setelah kasus itu. Ia bermain dalam drama School Detectives yang tayang pada 2014-2015. Adapun Jang Mi-inae (38 tahun) dan Hyun Young (46 tahun) tak lagi aktif di dunia hiburan setelah skandal tersebut. Hyun Jung hanya muncul sebagai cameo dalam drama The Producers (2015) dan dalam variety King of Mask Singer episode 275–276 pada 2020.

2. Song Hye-Kyo - 2014

10 Aktris Drama Korea Paling Dibenci pada 2013-2022, Ada Song Hye-Kyo

Foto:United Artists Agency Jet Tone Films

Pada Agustus 2014, Song Hye-kyo dituduh telah melakukan tax evasion selama tiga tahun, yaitu pada 2009-2011. Tax evasion adalah tindakan mengurangi jumlah pajak terutang atau sama sekali tidak membayar pajak melalui cara-cara ilegal.

Song Hye-kyo disebut telah menghilangkan pajak penghasilan yang seharusnya dibayarkan itu sebanyak 2,56 miliar won (Rp27,1 miliar). Rinciannya adalah 780 juta won (Rp8,2 miliar) pada 2009, 818 juta won (Rp8,6 miliar) pada 2010, dan 954 juta won (Rp10,1 miliar) pada 2011.

Kontroversi ini makin menjadi-jadi karena pada 2009, bintang Descendants of the Sun ini pernah mendapat penghargaan Wajib Pajak Teladan dari kantor pajak distriknya di Samseong-dong, Seoul. Penghargaan ini membuatnya dibebaskan dari penyelidikan pajak selama dua tahun.

Aib ini membuat Song Hyo-kyo diserang publik. Ia pun beralasan bahwa dirinya tidak mengetahui hal tersebut karena akuntannya yang mengurusnya. Meski begitu, Hye-kyo langsung membayar lunas seluruh utang pajak yang belum dibayarkan itu.

3. Yoon Eun-Hye - 2015

10 Aktris Drama Korea Paling Dibenci pada 2013-2022, Ada Song Hye-Kyo

Foto: Soompi

Yoon Eun-hye pernah bergabung dalam grup K-pop Baby Fox, dan bermain dalam drama Princess Hours. Pada September 2015, ia dituduh melakukan plagiat oleh desainer Yoon Choon-ho untuk rancangan dari timnya dalam variety show China FashionGoddess episode 4.

Yoon Eun-hye lalu memberikan penjelasan panjang tentang para desainer yang menginspirasinya dalam pembuatan baju berwarna putih dengan sayap di bagian tangan tersebut. Ia lalu menuduh Choon-ho hanya menumpang promosi untuk koleksi fashion-nya saja.

Bukannya mendapat dukungan publik, penjelasan Eun-hye malah membuatnya diserang masyarakat. Publik mengkritik aksi Yoon Eun-hye mengikuti program acara di China, dan menuduh ia memang melakukan plagiat karena desain yang sangat mirip. Akibat kontroversi ini, Yoon Eun-hye sampai menghilang dari hadapan publik hingga tiga tahun lamanya.

4. Kim Min-Hee - 2016

10 Aktris Drama Korea Paling Dibenci pada 2013-2022, Ada Song Hye-Kyo

Foto:Vianney Le Caer/Invision/AP

Jika ada pasangan seleb yang paling dibenci di Korea Selatan, tak salah rasanya jika menyebut nama aktris Kim Min-hee dan sutradara Hong Sang-hoo. Pada 2016, publik digemparkan pernyataan keduanya yang mengakui gosip perselingkuhan mereka yang beredar sejak 2015. Saat itu, Hoo Sang-hoo sudah menikah dengan satu anak perempuan remaja.

Perselingkuhan ini makin membuat publik berang karena perbedaan usia yang sangat jauh antara keduanya. Kala itu, Sang-hoo berusia 55 tahun, sementara Sang-hoo 33 tahun.

Perselingkuhan ini bahkan sampai membuat agensinya saat itu, Management SOOP, memutuskan tidak memperpanjang kontraknya dengan Kim Min-hee. Sejak saat itu hingga kini, Min-hee bahkan hanya bisa membintangi film-film yang disutradarai oleh Hoo Sang-hoo. Adapun untuk drama televisi, ia sudah absen sejak 2008.

Baca Juga: Film dan Serial Terbaru Netflix Oktober 2022, dari Korea, Jepang, hingga Barat

5. Yoon Son-Ha - 2017

10 Aktris Drama Korea Paling Dibenci pada 2013-2022, Ada Song Hye-Kyo

Foto: Koreaboo

Pada Juni 2017, bintang drama The Heirs dan Six Flying Dragons ini menjadi pemberitaan gara-gara anaknya terlibat kasus perisakan di sekolah. Anak lelakinya yang masih SD disebut memukul murid lainnya memakai tongkat baseball dengan tubuhnya yang ditutupi selimut.

Bukannya meminta maaf, Yoon Son-ha malah membela anaknya dengan mengatakan bahwa murid tersebut tidak dipukul dengan tongkat baseball, melainkan dengan tongkat plastik yang ditutupi styrofoam. Ia berdalih hal tersebut tidak membahayakan dan mereka hanya bercanda.

Gara-gara tanggapannya itu, Yoon Son-ha langsung mendapat kritikan tajam dari publik. Bahkan sebagian masyarakat meminta agar Son-ha ditarik dari perannya dalam drama Hit the Top yang saat itu masih berlangsung. Meski permintaan itu tidak dipenuhi KBS, tapi sejak itu Yoon Son-ha tak lagi terlihat membintangi serial atau film apa pun.

6. Go Hyun-Jung - 2018

10 Aktris Drama Korea Paling Dibenci pada 2013-2022, Ada Song Hye-Kyo

Foto: Soompi

Pada Februari 2018, Go Hyun-jung diberitakan keluar dari proyek drama hukum Return karena terlibat konflik dengan sutradara Joo Dong-min. Ia tak hanya mengeluarkan kata-kata kasar, tapi juga menendang sang sutradara.

Pihak agensi Go Hyun-jung lalu membela diri bahwa sang aktris tidak menendang, melainkan hanya melakukan kekerasan verbal. Karena kasus ini, peran Hyun-jung dalam Return digantikan oleh Park Jin-hee sejak episode 16 hingga 34 (episode akhir).

Meski berperilaku buruk, tapi Go Hyun-jung bisa langsung kembali bermain drama, yaitu My Lawyer, Mr. Jo 2: Crime and Punishment pada 2019 dan Reflection of You pada 2021.

7. Go Jun-Hee - 2019

10 Aktris Drama Korea Paling Dibenci pada 2013-2022, Ada Song Hye-Kyo

Foto: YG Entertainment

Nama Go Jun-hee terseret kasus Burning Sun yang melibatkan Seungri BIGBANG dan sejumlah idol lainnya. Sejumlah orang menuduhnya terlibat aktif dalam skandal itu, tapi Go Jun-hee membantah dengan tegas hal tersebut.

Namun tuduhan dan kebencian yang makin menjadi-jadi membuatnya akhirnya membawa tujuh orang yang menuduhnya ke hadapan hukum untuk kasus penyebaran berita bohong.

Aktris yang membintangi drama She was Pretty itu mengaku sangat tertekan secara psikologis karena tuduhan tak berdasar tersebut. Hingga kini, ia pun tak pernah lagi membintangi drama. Terakhir, pada 2019 ia muncul sebagai pemeran dalam Possessed.

8. Ahn So-Hyun - 2020

10 Aktris Drama Korea Paling Dibenci pada 2013-2022, Ada Song Hye-Kyo

Foto: Soompi

Kasus yang dialami Ahn So-hyun sebenarnya tak terlalu parah, tapi karena melibatkan seri populer School, yaitu School 2020 (belakangan menjadi School 2021), akhirnya pemberitaannya saat itu cukup ramai.

Ahn So-hyun mundur dari drama tersebut dengan alasan ketidakcocokan dengan tim produksi. Namun belakangan beredar rumor bahwa ayah sang aktris meminta banyak hal yang tak masuk akal pada tim itu. Gara-gara rumor ini, Ahn So-hyun malah terkena kritikan tajam dari netizen.

9. Seo Ye-Ji - 2021

10 Aktris Drama Korea Paling Dibenci pada 2013-2022, Ada Song Hye-Kyo

Foto: Gold Medalist

Tentu publik Korea dan internasional belum lupa dengan kasus hubungan manipulatif antara Seo Ye-ji dengan aktor Kim Jung-hyun. Sang aktris dituduh terlalu cemburuan dan mengekang Kim Jung-hyun hingga sang aktor bersikap tidak profesional saat membintangi dan dalam masa promosi drama Time, terutama pada lawan mainnya, Seohyun SNSD.

Gara-gara itu, semua borok Ye-ji pun dibongkar, meski ada yang tidak terkonfirmasi. Mulai dari pemalsuan pendidikan, operasi plastik, hingga orang tuanya yang dianggap tidak sopan oleh tetangga.

Semua kontroversi ini membuat Ye-ji harus kehilangan banyak kontrak kerja. Ia terpaksa hiatus selama sekitar setahun. Tahun ini, ia comeback lewat drama Eve. Meski rating drama ini relatif rendah, tapi publik tampaknya sudah mulai melupakan aib sang aktris.

Baca Juga: 5 Drama Korea yang Dikira Bakal Flop tapi Malah Sukses Besar

10. Kim Sae-Ron - 2022

10 Aktris Drama Korea Paling Dibenci pada 2013-2022, Ada Song Hye-Kyo

Foto:Instagram @ron_sae

Pada Mei lalu, nama Kim Sae-ron menjadi pembicaraan publik karena kasus mengemudi dalam keadaan mabuk. Bintang drama Korea yang telah berkarier selama 12 tahun itu terbukti menabrak gardu listrik, membuat sejumlah gedung mengalami mati listrik, termasuk rambu lalu lintas di sekitar lokasi kejadian.

Gara-gara kasus ini, Kim Sae-ron terpaksa keluar dari proyek drama Netflix berjudul Hunting Dogs yang saat itu sedang dalam proses syuting. Hingga kini, Kim Sae-ron masih dalam masa hiatus.


(ita)
Share: