5 Standar Kecantikan Ekstrem Idol K-Pop, Nomor 3 Paling Gila

Selasa, 20 September 2022 - 18:40 WIB
loading...
5 Standar Kecantikan Ekstrem Idol K-Pop, Nomor 3 Paling Gila
Wonyoung IVE jadi salah satu idol perempuan terkini yang disebut sangat memenuhi standar kecantikan Korea. Foto: Theqoo
A A A
JAKARTA - Menjadi idol K-pop sangat sulit, apalagi bagi para idol perempuan. Selain harus menjaga norma sosial di tengah masyarakat yang relatif masih konservatif, standar kecantikan yang ditetapkan untuk mereka juga ekstrem.

Standar ekstrem tersebut cenderung menyiksa, mulai dari diet ekstrem, operasi plastik, sampai memakai bantalan pinggul untuk menjaga proposional tubuh. Mengutip Sportskeeda, berikut lima standar kecantikan ekstrem yang harus dipenuhipara idol perempuan dalam industri K-pop .

1. Paha Kurus

5 Standar Kecantikan Ekstrem Idol K-Pop, Nomor 3 Paling Gila

Foto: Instagram @for_everyoung10

Paha yang kurus akan memunculkan celah atau ruang pada paha bagian dalam. Bahkan, paha yang kurus menjadi standar kecantikan paling menonjol bagi seorang idol perempuan.

Mereka biasanya melakukan latihan olahraga dan bahkan operasi sedot lemak untuk mendapatkan bentuk paha kurus.
Dalam video YouTube berjudul Comment Defendersyang dirilis kanal YouTube AYO, seorang direktur fasilitas perawatan kosmetik terkenal di Klinik Gangnam Moon bernamaPark Moon-soo membenarkan dirinya melaksanakan operasi sedot lemak pada sejumlah idol K-pop.

2. Bentuk Bibir Merah Hati

5 Standar Kecantikan Ekstrem Idol K-Pop, Nomor 3 Paling Gila

Foto:Instagram @_imyour_joy

Standar kecantikan berikutnya adalah bibir merah berbentuk hati. Bukan cuma itu, seorang idolperempuan juga harus mempunyai garis bibir yang menghadap ke atas ketika tersenyum. Menurut agensi, bentuk bibir ini sangat disukai oleh mayoritas penggemar.

Usaha yang dibutuhkan para idolperempuan untuk memenuhi standar ini juga tidak mudah. Mereka harus melalui beberapa perawatan dan bahkan tindakan operasi. Idolyang diduga melakukan operasi plastik untuk mempercantik bibir adalah Joy Red Velvet, Yuju eks GFRIEND, hingga YooA Oh My Girl.

3. Lekuk Tubuh X dan S

5 Standar Kecantikan Ekstrem Idol K-Pop, Nomor 3 Paling Gila

Foto:Instagram @_happiness_o

Memiliki tipe tubuh seperti huruf X dan S adalah idaman bagi para idol K-pop perempuan. Tidak jarang demi mendapatkan tubuh langsing, para idol harus rela kehilangan kesehatan mereka.

Salah satu cara yang umum dilakukan para idoluntuk mendapatkan hal itu adalah dengan melakukan pola diet ekstrem. Contohnya mantan member Gugudan Mina yang berhenti makan dan hanya minum dua botol air mineral setiap hari.

Bahkan, bagi idol perempuan yang kesulitan mendapatkan tubuh ideal sampai harus memakai bantalan pinggul. Alat ini berfungsi untuk menjaga proporsi tubuh mereka tetap langsing.

Meski begitu, cara ini ditentang oleh sejumlah penggemar. Kasus ini dialami oleh Yuna ITZY belum lama ini. Ia dikritik oleh netizen di forum daring Korea karena diduga memakai bantalan pinggul.

Baca Juga: 6 Tren dalam Industri K-Pop yang Dipelopori oleh BTS

4. Hidung Mancung Kecil

5 Standar Kecantikan Ekstrem Idol K-Pop, Nomor 3 Paling Gila

Foto:Instagram @nayeonyny

Jika diperhatikan, kebanyakan idolperempuan memilik bentuk hidung mancung berukuran kecil. Ternyata, hidung mancung kecil termasuk dalam standar kecantikan para idol K-pop perempuan.

Biasanya, para idol diharuskan melakukan operasi, seperti rhinoplasty yang umum dilakukan. Rhinoplasty adalah tindakan pembedahan untuk memperbaiki atau mengubah bentuk hidung. Di Indonesia, biaya yang diperlukan untuk operasi ini sekitar Rp9-Rp21 juta.

Sayangnya, sekalipun sudah mengikuti standar kecantikan yang ada, beberapa idolperempuan seperti Winter aespa tetap menuai respons negatif dari para penggemar musik K-pop.

Baca Juga: 4 Drama Korea yang Bernasib Buruk, dari Insiden Tragis sampai Kontroversi

5. Kulit Putih Transparan

5 Standar Kecantikan Ekstrem Idol K-Pop, Nomor 3 Paling Gila

Foto: Instagram @sooyaaa__

Mayoritas orang Korea memang berkulit putih, tapi banyak pula yang berkulit cokelat. Meski begitu, yang kulitnya sudah putih pun masih diminta untuk memiliki kulit yang seperti transparan atau kaca.

Beberapa cara yang umum dilakukan adalah perawatan laser, operasi plastik, dan perawatan ekstrem lainnya. Namun ada juga efek samping yang bisa dialami, seperti berjerawat dan mengalami masalah kulit lainnya.

Fazjri Abdillah
Kontributor GenSINDO
Politeknik Negeri Jakarta
Instagram: @rana.warta
(ita)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2232 seconds (0.1#10.140)