5 Idol K-Pop yang Kapok Lakukan Diet Ketat, Ada yang Cuma Minum Setiap Hari

Rabu, 07 September 2022 - 15:14 WIB
loading...
5 Idol K-Pop yang Kapok Lakukan Diet Ketat, Ada yang Cuma Minum Setiap Hari
IU termasuk idol K-pop yang pernah melakukan diet ketat dan kapok melakukannya. Foto/Marc Piasecki, FilmMagic
A A A
JAKARTA - Di balik tubuh ideal para idol K-pop, ternyata tidak sedikit yang menjalankan program diet mengerikan bahkan mengancam kesehatan mereka.

Ketatnya persaingan dalam industri K-pop mendorong para idol untuk berusaha keras, bukan hanya dalam membawakan lagu yang direspons baik oleh publik, tapi juga memberikan penampilan terbaik dengan bentuk tubuh seideal mungkin.

Karena itulah, banyak idol yang rela melakukan diet ekstrem demi menjaga berat badan mereka. Saking ketatnya, tak jarang para idol sampai pingsan atau jatuh karena asupan makanan yang sedikit, sementara mereka harus menjalani jadwal latihan yang padat.

Berikut ini lima idol K-pop yang pernah menjalankan program diet ekstrem lantas kapok dan tak mau mengulanginya lagi.

1. IU

5 Idol K-Pop yang Kapok Lakukan Diet Ketat, Ada yang Cuma Minum Setiap Hari

Foto: Instagram @dlwlrma

Penyanyi solo sekaligus aktris ternama bernama asli Lee Ji-eun ini pernah menerapkan pola diet MyProAna untuk menurunkan berat badannya. Pola diet ini biasanya dilakukan oleh orang-orang yang memiliki gangguan makan, yaitu anoreksia.

Saat menjalankan dietnya, IU cuma makan apel untuk sarapannya, dua ubi jalar saat makan siang, dan protein shake buat makan malam. Dalam waktu empat hari, dirinya sudah kehilangan 4 kg dari berat badannya.

Meski begitu di tengah prosesnya, IU memutuskan berhenti karena konsekuensi yang parah dari program diet ini. Berdasarkan beberapa sumber, diet ini bisa menyebabkan pusing hingga kelemahan pada sistem tubuh.

Sebelumnya, mengutip Channel Korea, IU sempat diejek dengan julukan "babi" saat penampilan pertamanya di atas panggung. Selain itu, sebelum debutnya menjadi penyanyi, IU juga disebut "gemuk" oleh netizen Korea karena berat badannya yang melebihi standar idol K-Pop perempuan.

Kini dirinya sudah kembali ke pola makan sehat, dan menyarankan seluruh orang termasuk penggemarnya untuk tidak melakukan diet yang pernah ia lakukan sebelumnya. Meski begitu, sudah banyak orang yang telanjur menjalankan program diet tersebut karena berbagai video yang dibuat oleh para youtuber.

2. Xiumin EXO

5 Idol K-Pop yang Kapok Lakukan Diet Ketat, Ada yang Cuma Minum Setiap Hari

Foto:Instagram @e_xiu_o

Ternyata, di balik kesuksesan lagu Growl(2013) milik EXO, saat promosi lagu tersebut, Xiumin menjalani diet kopi ekstrem. Dirinya cuma makan satu kali sehari dan minum kopi dalam jumlah banyak. Hal itu ia lakukan setiap harinya. Akibatnya, ia mencapai berat badan terendahnya yaitu 53 kg.

Namun setelah itu, Xiumin kapok dan memutuskan untuk tidak lagi menerapkan pola diet tersebut dan menyarankan penggemar agar tidak melakukan hal serupa.

Baca Juga: 10 Idol K-Pop Perempuan Paling Dicari di Naver pada Agustus 2022, Juaranya dari Gen 4

3. SoYou (Mantan Member SISTAR)

5 Idol K-Pop yang Kapok Lakukan Diet Ketat, Ada yang Cuma Minum Setiap Hari

Foto:Instagram @soooo_you

Mantan member grup SISTAR ini memulai debut solonya pada 2017 lalu dan terkenal dengan tubuh ramping idealnya. Meski begitu, dirinya harus menjalani diet ketat untuk mendapatkan proporsi tubuh impiannya itu.

Diet yang SoYou lakukan adalah makan satu kali sehari dengan menu empat putih telur puyuh dan satu gelas susu. Alhasil, dirinya menurunkan berat badannya hingga 8 kg dalam kurun waktu satu bulan.

Meski terbilang berhasil, kebanyakan ahli gizi berpendapat bahwa pola diet yang dilakukan SoYou membuatnya kekurangan gizi.

4. Mina (Mantan Member Gugudan)

5 Idol K-Pop yang Kapok Lakukan Diet Ketat, Ada yang Cuma Minum Setiap Hari

Foto: Instagram @_happiness_o

Mina pernah berhenti makan dan hanya minum dua botol air mineral setiap harinya. Akibat dari diet ekstrem itu, Mina berhasil mencapai berat badan terendahnya yaitu 41,7kg, turun lebih dari 13 kg.

Hal itu Mina lakukan karena ia tidak percaya diri setelah melihat penampilannya saat membawakan lagu Apink berjudul I Don't Know dalam program kompetisi Produce 101. Saat itu, ia mengenakan rok pendek dan sleeveless tops atau atasan tanpa lengan.

Namun setelah itu, Mina menghentikan diet ini dan meminta agar siapa pun tidak pernah mencoba diet buruk tersebut.

Baca Juga: 7 Drama Korea Adaptasi Webtoon Rating Tertinggi di IMDb, Nomor 1 Milik Song Kang

5. T.O.P BIGBANG

5 Idol K-Pop yang Kapok Lakukan Diet Ketat, Ada yang Cuma Minum Setiap Hari

Foto:Instagram @choi_seung_hyun_tttop

Saat audisi pertama dengan YG Entertaiment, T.O.P ditolak karena berat badannya tidak sesuai kriteria seorang idol pria. Ia akhirnya terpaksa menerapkan pola diet ekstrem sehingga berhasil menurunkan berat badan hingga 20 kg dalam rentang waktu hanya 40 hari. Hasilnya, ia berhasil debut bersama BIGBANG.

Saat itu, T.O.P menjalankan program diet dengan memakan kacang merah tanpa pemanis sembari melakukan olahraga angkat beban.

Fazjri Abdillah
Kontributor GenSINDO
Politeknik Negeri Jakarta
Instagram: @rana.warta
(ita)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0633 seconds (0.1#10.140)