3 Momen Fans K-Pop Kelahi Sampai Adu Fisik, Terbaru di KCON 2022

3 Momen Fans K-Pop Kelahi Sampai Adu Fisik, Terbaru di KCON 2022
Perkelahian fisik antar-fandom K-pop paling legendaris terjadi saat generasi pertama pada tahun 1990-an. Foto/cuplikan drama Reply 1997, tvN
JAKARTA - Fans atau penggemar K-pop dikenal sebagai komunitas yang sangat antusias, apalagi kalau sudah menyangkut idol atau grup idolanya.

Antusiasme ini tentunya menghasilkan dua sisi, baik positif maupun negatif. Sisi positifnya, para idol bisa memberikan semangat kepada para penggemarnya lewat musik, lirik, dan interaksi di media sosial agar fans bisa menjalani hidup dengan lebih baik. Selain itu, para penggemar K-pop juga menghidupkan industri musik karena mereka rela mengeluarkan uang untuk membeli album, merchandise, hingga tiket konser.

Namun sisi negatifnya, mereka bisa membela idola atau grupnya dengan membabi buta. Lain waktu, keinginan yang besar untuk bertemu sang idol juga bisa sampai merugikan orang lain.

Nah, berikut ini tiga peristiwa yang membuat para penggemar K-pop sampai beradu fisik demi hal-hal tersebut di atas.

1. Fans Sechs Kies vs Fans H.O.T

3 Momen Fans K-Pop Kelahi Sampai Adu Fisik, Terbaru di KCON 2022

Adegan drama Reply 1997. Foto: tvN

Fanwar dari para penggemar generasi ketiga dan keempat sebenarnya belum ada apa-apanya dibanding perang paling legendaris sekaligus paling mengerikan yang terjadi saat generasi pertama K-pop. Fanwar hingga perkelahian fisik terjadi antara penggemar Sechs Kies (Dear Sechs Kies Friend) dan penggemar H.O.T (White Angels).

Peristiwanya terjadi saat acara Golden Disc Awards 1998, yang menjadi puncak perseteruan kedua fandom setelah sebelumnya mereka juga bentrok fisik dalam beberapa kesempatan. Beberapa penggemar yang ingat bahkan mengatakan bahwa saat itu polisi dipanggil untuk membubarkan beberapa perkelahian fisik. Peristiwa itu juga diliput oleh stasiun televisi nasional.

Saking legendarisnya perkelahian tersebut, peristiwa itu direka ulang dalam drama Korea Reply 1997. Selain di lapangan, fanwar pun berlangsung di internet, sesuatu yang saat itu belum lazim dilakukan.

Tindakan kekerasan tersebut saat itu juga didukung oleh idol mereka. Mengutip Koreaboo, Jaeduk Sechs Kies saat itu mengaku seorang penggemar menghampirinya dan mengatakan, "Oppa, aku melawan tiga penggemar H.O.T dan aku menang". Jaeduk lalu mengatakan pada penggemarnya itu bahwa ia telah melakukan hal yang bagus dan ia bangga padanya.

2. Perkelahian Antar-fansite Cosmic Girls

3 Momen Fans K-Pop Kelahi Sampai Adu Fisik, Terbaru di KCON 2022

Foto: via Asian Junkie

Tak cuma antar-fandom, pengelola fansite pun bisa berkelahi juga saat di lapangan. Ini terjadi pada 2016, saat dua perempuan yang memotret kegiatan Cosmic Girls/WJSN untuk fansite mereka bertubrukan.

Baca Juga: Cara Mengecek Unique Listener dan Total Streaming di Melon/Circle Chart dan Genie

Saat itu, keduanya terlihat agak emosi dan mulai berkelahi. Keduanya baru berhenti saat para member WJSN melihat perkelahian tersebut.

3. Perkelahian Penonton KCON 2022

3 Momen Fans K-Pop Kelahi Sampai Adu Fisik, Terbaru di KCON 2022

Foto: Twitter @MissKaylaW

KCON adalah festival musik K-pop yang bermula di Amerika Serikat. Tahun ini, KCON 2022 berlangsung di Los Angeles pada 19-21 Agustus. Para penampil utamanya antara lain Stray Kids, ATEEZ, NCT Dream, ITZY, dan ENHYPEN.

KCON 2022 menjadi yang pertama kali digelar secara langsung pascapandemi. Jadi tak heran, sejak sebelum acara dimulai, para penonton sangat antusias sampai mengantre sejak malam hari demi mendapatkan tempat terbaik.

Baca Juga: 8 Drama Korea 2020-2022 Rating Tertinggi di Mydramalist, Nomor 1 Tak Ada Saingan

Namun ternyata, tidak rapinya penyelenggaraan membuat antrean yang sudah dibuat sejak malam itu tidak berlaku buat petugas. Ini membuat sebagian kecil penonton berkelahi sampai adu fisik demi memperebutkan tempat terdepan dalam antrean.

Perkelahian itu begitu sengit sampai-sampai petugas harus menggunakan alat kejut listrik yang diarahkan ke udara agar perkelahian berhenti. Terbukti, cara tersebut ampuh meredakan keributan dan antrean pun mulai bisa dikendalikan.


(ita)
Share: