Latar Keluarga dan Pendidikan Bos 4 Agensi Terbesar K-Pop, Ada yang cuma Lulusan SMK

Jum'at, 12 Agustus 2022 - 17:34 WIB
loading...
Latar Keluarga dan Pendidikan Bos 4 Agensi Terbesar K-Pop, Ada yang cuma Lulusan SMK
Lee Soo-man, Yang Hyun-suk, Park Jin-young, dan Bang Si-hyuk adalah para pendiri agensi Big 4 di Korea. Foto/berbagai sumber
A A A
JAKARTA - Mayoritas grup-grup populer K-pop berasal dari empat perusahaan, yaitu SM Entertainment, YG Entertainment, JYP Entertainment, dan BigHit Entertainment atau HYBE.

Masing-masing dari perusahaan tersebut didirikan oleh empat sosok yang sebelum mendirikan agensi atau label rekaman tersebut, sudah dikenal aktif dalam industri musik Korea. Mereka yaitu Lee Soo-man (SM), Yang Hyun-suk (YG), Park Jin-young (JYP), dan Bang Si-hyuk (HYBE).

Berikut ini latar belakang keluarga serta pendidikan dari para pendiri empat agensi terbesar K-pop alias Big 4 tersebut.

1. Lee Soo- Man (SM Entertainment)

Latar Keluarga dan Pendidikan Bos 4 Agensi Terbesar K-Pop, Ada yang cuma Lulusan SMK

Foto: Yonhap

Lee Soo-man lahir di Seoul, 18 Juni 1952 (70 tahun). Ibunya adalah musisi dan ayahnya adalah seorang profesor. Ia adalah anak pintar di sekolah, tak heran Soo-man berhasil masuk sebagai mahasiswa Jurusan Teknik di kampus paling bergengsi di Korea, Seoul National University (SNU).

Sambil kuliah, ia sudah nge-band bersama teman-temannya dengan mengusung nama April and May. Ia juga sempat aktif dengan band lain. Di kampus, ia juga dikenal sebagai anak baik-baik dengan catatan akademik yang memuaskan.

Setelah lulus, Lee Soo-man melanjutkan pendidikan master Jurusan Teknik Komputer di California State University, Amerika Serikat, pada tahun 1980-an. Di sana, ia sangat terpukau dengan budaya musik Amerika yang dibawa MTV, dan Sepulangnya dari negara tersebut, ia pun membangun SM Entertainment pada 1995.

Lee Soo-man memiliki dua orang anak. Sementara istrinya, Kim Eun-jin, wafat karena kanker pada 30 September 2014.

2. Yang Hyun-Suk (YG Entertainment)

Latar Keluarga dan Pendidikan Bos 4 Agensi Terbesar K-Pop, Ada yang cuma Lulusan SMK

Foto: Dispatch

Yang Hyun-suk lahir di Seoul, 9 Januari 1970 (52 tahun), tapi versi lain menyebutnya lahir pada 2 Desember 1969. Pekerjaan orang tuanya tidak diketahui, tapi Hyun-suk disebut sebagai anak nakal yang punya rasa keingintahuan yang tinggi.

Hyun-suk tak pernah mencicipi bangku kuliah. Ia hanya bersekolah sampai tingkat SMK, lebih tepatnya di Kwang Myung Engineering High School. Sebagai remaja, Hyun-suk sangat gandrung dengan musik hip-hop dan rap.

Pada 1991, ia bergabung bersama Seo Taiji, dan membuat Seo Taiji & Boys bersama satu rekan lainnya, Lee Juno. Grup ini sering disebut sebagai cikal bakal lahirnya musik K-pop yang menggabungkan musik Korea dengan musik modern, dalam hal ini rap dan hip-hop.

Setelah Seo Taiji & Boys bubar pada 1996, Yang Hyun-suk pun mendirikan YG Entertainment pada tahun yang sama. Namun setelah 23 tahun memimpin agensi tersebut, Yang Hyun-suk mengundurkan diri pada Juni 2019 karena saham perusahaan yang anjlok hingga nyaris 30% akibat kasus kriminal yang menimpa Seungri BIGBANG. Meski begitu, ia disebut masih menjadi pemegang saham terbesar YG Entertainment, yaitu sekitar 16%.

Pada 2010, ia menikah dengan Lee Eun-ju, mantan member girl group Swi. T yang juga di bawah asuhannya, dan lebih muda 12 tahun. Dari pernikahan itu, kini mereka memiliki dua anak.

Baca Juga: Jumlah Penonton 4 Konser Dunia BLACKPINK, Catat Rekor Girl Group K-Pop

3. Park Jin-Young (JYP Entertainment)

Latar Keluarga dan Pendidikan Bos 4 Agensi Terbesar K-Pop, Ada yang cuma Lulusan SMK

Foto: via Allkpop

Park Jin-young juga lahir di Seoul pada 13 Desember 1971 (50 tahun). Ayahnya adalah seorang wartawan yang menjadi koresponden di Amerika Serikat. Pada usia sembilan tahun, ia pindah bersama ibunya ke New York, mengikuti sang ayah.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1915 seconds (0.1#10.140)