Setelah Kim Garam, Bos NewJeans Min Hee-Jin Dikritik Keras karena Perilakunya

Kamis, 28 Juli 2022 - 18:08 WIB
loading...
Setelah Kim Garam, Bos NewJeans Min Hee-Jin Dikritik Keras karena Perilakunya
NewJeans dan Min Hee-jin kini tengah diterpa beberapa kontroversi di Korea Selatan. Foto/ADOR
A A A
SEOUL - HYBE tampaknya tak pernah mulus saat merilis girl group baru. Setelah kasus GLAM dan Kim Garam LE SSERAFIM, kini giliran NewJeans dan Min Hee-jin yang mendapat kritikan.

NewJeans memang baru akan debut secara resmi pada 1 Agustus mendatang. Namun girl group tersebut sekaligus CEO mereka, Min Hee-jin, sudah mendapat serangan bertubi-tubi.

Seperti diketahui, Min Hee-jin adalah CEO ADOR, sub-label HYBE yang berdiri independen. Hee-jin juga adalah Chief Brand Officer (CBO) HYBE. Adapun NewJeans adalah girl grup pertama yang dirilis ADOR.

Secara keseluruhan, tiga lagu yang sudah dirilis NewJeans mendapat sambutan positif dari pencinta K-pop . Namun bukan berarti grup dengan lima member ini bebas dari komentar negatif. Tuduhan plagiat sempat mampir lewat adegan-adegan di video musik serta doodle yang disebut mirip dengan logo grup WJSN/Cosmis Girls.

Tak cuma itu, NewJeans juga dikritik karena memiliki member di bawah umur, yaitu Hyein. Penyanyi bernama lengkap Lee Hyein itu lahir pada 21 April 2008, yang artinya umurnya masih 14 tahun.

Setelah Kim Garam, Bos NewJeans Min Hee-Jin Dikritik Keras karena Perilakunya

Foto: ADOR

Sebenarnya, Hyein bukan idolK-pop pertama yang debut dalam usia 14 tahun, usia termuda dari idol K-pop yang pernah tampil. Sebelumnya, sederet idoljuga debut pada usia yang sama, termasuk idol dari generasi kedua K-pop.

Beberapa idol yang debut pada usia 14 tahun, di antaranya Wonyoung IVE (saat debut bersama IZ*ONE), Leeseo IVE, Jisung NCT, Taemin SHINee, serta Dahyun Rocket. Adapun Yujin IVE, Niki ENHYPEN, Jung hwan TREASURE, serta Jungkook BTS debut pada usia 15 tahun.

Baca Juga: 5 Tuduhan Plagiat Paling Konyol dalam K-Pop, Terbaru NewJeans

Tuduhan terhadap Min Hee-Jin

Tuduhan yang lebih serius ditujukan pada Min Hee-jin. Seorang netizen lewat unggahan di forum daring menuduh kreator di balik kesuksesan girl group f(x), Girls' Generation/SNSD, dan Red Velvet itu melakukan glorifikasi terhadap gangguan pedofilia atau kelainan seksual yang menjadikan anak-anak sebagai objek.

"Bukti" atas tuduhan tersebut adalah sederet unggahan foto Min Hee-jin di akun Instagram pribadinya. Foto-foto itu memperlihatkan bahwa Hee-jin punya "koleksi" foto-foto perempuan muda yang kelihatan di bawah umur dengan pose seksi. Foto-foto itu termasuk foto supermodel era 1990-an Brooke Shield yang sudah menjadi bintang saat ia masih di bawah umur.

Setelah Kim Garam, Bos NewJeans Min Hee-Jin Dikritik Keras karena Perilakunya

Foto: Instagram @min.hee.jin

Brooke Shield pernah mengundang kontroversi saat dalam usia 15 tahun, ia diminta mengucapkan kalimat yang berkonotasi seksual dalam iklan jins Calvin Klein. Saat itu, sang model mengaku tidak mengerti arti dari kalimat itu.

Selain itu, netizen juga menunjuk kaus yang dipakai salah satu member NewJeans, bertuliskan "Pimp is Yours". Pimp adalah bahasa gaul untuk muncikari pria.

Setelah Kim Garam, Bos NewJeans Min Hee-Jin Dikritik Keras karena Perilakunya

Foto: ADOR

Tak hanya itu, ada pula yang mengungkit bahwa sejak masih bergabung dalam SM Entertainment, Min Hee-jin sebenarnya sudah beberapa kali disorot karena konsep fotonya yang tampak menonjolkan kepolosan yang seksi dari para idol di bawah umur.

Misalnya saja Taemin SHINee yang diminta tidak latihan keras agar dadanya tampak seperti bocah lelaki. Key SHINee juga disebut pernah diminta melakukan pose menyemprotkan air dari senapan air ke mulutnya. Konsep tersebut dikatakan berkonotasi seksual.

Meski begitu, ada juga yang membela Min Hee-jin. Netizen mengatakan bahwa foto-foto yang diunggahnya di Instagram hanya sebagai referensi konsep foto saja. Sebagai lulusan Jurusan Desain Visual Seoul Women's University serta pekerjaannya sebagai CBO, tentu ia membutuhkan banyak referensi dari mana pun.

Setelah Kim Garam, Bos NewJeans Min Hee-Jin Dikritik Keras karena Perilakunya

Foto: HYBE
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3120 seconds (0.1#10.140)