Drama Korea Populer yang Dicinta sekaligus Dibenci

Jum'at, 15 Juli 2022 - 10:10 WIB
loading...
Drama Korea Populer yang Dicinta sekaligus Dibenci
Goblin termasuk drama Korea yang dicintai sekaligus dibenci dan banyak dikritik. Foto/tvN
A A A
JAKARTA - Segelintir drama Korea memiliki status yang unik. Drama-drama tersebut sangat populer karena punya banyak penonton, tapi juga dicaci oleh sebagian penonton lainnya.

Para penonton yang membenci atau tidak menyukai drama tersebut beralasan bahwa serialnya overrated. Mereka menilai jalan ceritanya membosankan, aktingnya kaku, atau ada juga yang merasa jalan ceritanya mengandung stereotip negatif terhadap perempuan.

Nah, berikut ini empat drama Korea populer yang dicinta, tapi juga dibenci oleh para penontonnya.

1. The Heirs (2013)


Drama Korea Populer yang Dicinta sekaligus Dibenci

Foto: SBS

Setiap kali ada perbincangan di forum-forum daring seperti Reddit dan Quora tentang drama overrated atau drama yang paling dibenci, The Heirs sering kali disebut. Alasannya mulai dari ceritanya yang klise hingga akting Park Shin-hye dan Lee Min-ho yang kaku. Bahkan ada yang menyebut para pemain terlihat seperti zombi karena akting mereka yang buruk.

The Heirs termasuk drama Korea komedi romantis yang legendaris. Rating rata-rata nasionalnya sampai 16,7%. Sementara para pemainnya mendapatkan banyak penghargaan dalam 21st SBS Drama Awards, termasuk Top Excellence Award in a Drama Special untuk Lee Min-ho dan Park Shin-hye sebagai aktor dan aktris.

2. Boys Over Flowers (2009)

Drama Korea Populer yang Dicinta sekaligus Dibenci

Foto: KBS

Sama seperti The Heirs, drama remaja ini juga banyak dihina para penonton drama Korea dengan alasan yang kurang lebih sama. Hujatan terutama diberikan untuk karakter utama pria dan perempuan yang diperankan oleh Lee Min-ho dan Koo Hye-sun.

Karakter yang dibawakan Lee Min-ho dianggap terlalu menyebalkan, sementara karakter yang diperankan Koo Hye-sun dianggap terlalu bodoh sampai ia lebih memilih Lee Min-ho dibanding karakter pria lainnya yang lebih baik. Intinya, romantisasi cowok bad boy dalam drama ini dianggap berlebihan.

Baca Juga: 6 Love Language Junho dalam Drama Extraordinary Attorney Woo

Sementara faktanya, Boys Over Flowers jadi salah satu drama legendaris dengan rating tinggi mencapai 25,7% untuk rata-rata nasionalnya. Lee Min-ho bahkan mendapatkan piala Best New Actor dalam Baeksang Arts Awards 2009.

3. Goblin (2017)

Drama Korea Populer yang Dicinta sekaligus Dibenci

Foto: tvN

Goblin alias Guardian: The Lonely and Great God meraih banyak piala dalam berbagai penghargaan, di antaranya Best Drama dalam Korea Drama Awards 2017 dan Best Actor untuk Gong Yoo dalam Baeksang Arts Awards 2017. Penulis skenarionya, yaitu Kim Eun-sook bahkan mendapatkan Grand Prize (Daesang) dalam ajang yang sama.

Rating Goblin pun tergolong tinggi. Rata-rata nasionalnya mencapai 12,8%. Sementara rating tertingginya hingga 18,6%.

Meski begitu, drama ini dikritik oleh para feminis yang beranggapan bahwa hubungan antara dua pemeran utamanya tidaklah pantas karena usia prianya yang jauh lebih tua dibanding sang pria. Selain itu, ceritanya juga dinilai stereotip ala Cinderella dengan seorang perempuan yang berharap diselamatkan oleh seorang pria.

Baca Juga: 6 Drama Korea Romantis yang Bikin Gagal Move On

4. Descendants of the Sun (2016)

Drama Korea Populer yang Dicinta sekaligus Dibenci

Foto: KBS2

Drama ini sangat berpengaruh dan populer, termasuk melahirkan sebutan Song Song Couple untuk dua pemain utamanya, Song Joong-ki dan Song Hye-kyo. Rating dramanya juga luar biasa, tertinggi mencapai 35,3%, sementara rata-rata nasionalnya adalah 26,3%.

Meski begitu, banyak penontonnya menganggap kisahnya sangat membosankan dan klise, termasuk adegan romantisnya. Singkat kata, drama ini juga dinilai overrated dan dipuji berlebihan oleh penonton dan para kritikus.
(ita)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1989 seconds (0.1#10.140)